-->

  • Cara Mudah Membuat Rumus Excel Buatan Sendiri

    Custom Function - membuat fungsi custom excelCara Membuat Fungsi Buatan Sendiri - Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang cukup powerful dalam mengolah data, mulai pengolahan data yang sederhana seperti melakukan penjumlahan, pencarian rata-rata, pembacaan tabel, hingga mengolah data yang terbilang cukup kompleks. Semua permasalahan pengolahan data-data tersebut dapat dengan mudah diselesaikan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel, karena di dalamnya sudah disediakan berbagai macam formula yang bisa mengakomodir kebutuhan penggunanya.

    Formula Excel atau disebut juga fungsi excel, adalah sekumpulan perintah-perintah yang mana dalam menggunakannya mengikuti penulisan yang baku sesuai dengan nama fungsi atau formula tersebut.

    Dalam beberapa kasus, penyelesaian pengolahan data yang sederhana bisa dengan mudah diselesaikan dengan menggunakan formula yang sudah disediakan oleh Excel, namun ada beberapa contoh kasus yang tidak bisa diselesaikan ketika pengguna menggunakan rumus sederhana tersebut, meskipun beberapa rumus excel tersebut di kombinasikan antara satu rumus dengan rumus yang lainnya.

    Untungnya Microsoft Excel tidak membatasi penggunanya hanya dengan menggunakan rumus-rumus standard, untuk menyelesaikan pengolahan data yang cukup kompleks kita di beri peluang untuk membuat sendiri rumus atau fungsi yang sesuai dengan kebutuhan permasalahan pengolahan data pengguna. Istilah ini dikenal dengan nama User Defined Function.

    Untuk membuat rumus sendiri, syarat utamanya adalah harus menggunakan bahasa Visual Basic atau yang umum dikenal dengan nama VBA. Disinilah kita bisa berkreasi dalam membuat berbagai macam fungsi excel yang nyeleneh.

    Belajar membuat fungsi sendiri menggunakan skrip VBA memang membutuhkan ketelitian serta pengetahuan yang cukup seputar penggunaan dan pemahamanan bahasa visual basic. Anda bisa memulainya dengan membuat rumus sendiri dari hal yang paling sederhana terlebih dulu, dan untuk belajar membuatnya anda bisa kunjungi link berikut.




    Terimakasih sudah membaca
    Tutorial: Cara Mudah Membuat Rumus Excel Buatan Sendiri
    Label: - Author: excelive

    Masih mau belajar lagi !

    Yuk, klik tautan berikut ini :

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues, such as the following :
    Macro VBA Excel Functions Custom UDF many more...
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger