• Kombinasi Sempurna Rumus Excel Untuk Menyembunyikan Beberapa Karakter di Sebuah Sel

    kelas excel membuat kombinasi beberapa rumus excel Belajar rumus excel pada program Microsoft Excel sangat diperlukan jika anda setiap hari menggunakan program excel. Rumus excel digunakan untuk proses perhitungan data baik itu data berupa nomor, text, tanggal, dan lain sebagainya. Dan dengan mempelajarinya secara seksama, maka anda dapat menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan tepat.

    Kecepatan proses penyelesaian sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan Microsoft Excel tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain spesifikasi komputer atau laptop yang digunakan, jumlah data yang diproses, serta beberapa faktor lainnya termasuk pengguna excel itu sendiri. Sementara ketepatan dalam menampilkan hasil informasi, hanya dipengaruhi oleh satu hal yakni kesesuaian rumus yang digunakan, kira-kira seperti itu.

    Seperti contoh kasus tentang Bagaimana menyembunyikan beberapa karakter di sebuah sel !?.
    Namun sebelumnya, silahkan baca tutorial-tutorial terkait berikut ini
    Trik singkat untuk menghapus spasi antar teks yang tidak terpakai
    Begini cara membuat penomoran otomatis sebuah transaksi diawali dengan angka 000
    Tips membuat Tab Stop seperti pada aplikasi pengolah kata

    Oke, Setidaknya rumus atau fungsi excel yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan soal di atas secara tepat adalah sekitar 4 (empat) buah rumus , dan rumus atau fungsi tersebut antara lain sebagai berikut :
    Fungsi FIND
    Fungsi FIND digunakan untuk melakukan pencarian teks, baik yang berjumlah satu karakter atau beberapa karakter untuk mengetahui posisi relatif dimana letak teks tersebut berada, serta bersifat sensitif. Danjika yang dicari lebih dari 1 karakter teks maka posisi relatif yang dihasilkan adalah posisi karakter pertama teks tersebut.
    Perhatikan contoh berikut:

    Formula ini mencari teks atau huruf e yang berada di sel A1, dan hasilnya adalah posisi huruf tersebut yakni 5. sementara jika pencariannya adalah huruf E (huruf kapital) maka hasilnya adalah #VALUE. Hal ini terjadi karena fungsi ini melakukan pencarian string atau teks secara sensitif

    Fungsi LEN
    Rumus LEN excel adalah salah satu fungsi teks (functional text) yang digunakan untuk menghitung banyaknya karakter pada suatu sel (termasuk spasi). Syntax LEN merupakan salah satu fundamental dalam kecerdasan computer (computation intelligence).
    Perhatikan contoh penggunaan dari rumus ini :

    Fungsi LEFT
    Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu dari suatu teks yang dimulai dari karakter pertama atau karakter paling kiri sampai sejumlah karakter tertentu sesuai dengan yang kita inginkan.
    Sebagai contoh, saya ingin mengambil 3 karakter pertama dari kata "EXCELIVE", maka teks baru yang saya hasilkan adalah kata "EXC".

    Fungsi MID
    Berbeda dengan fungsi left yang mengambil karakter dari karakter pertama suatu teks, maka fungsi MID mengambil sejumlah karakter dari karakter kesekian sampai dengan sejumlah karakter yang diinginkan. Fungsi MID bergerak dari kiri ke kanan sama dengan fungsi LEFT, hanya saja bukan dari karakter pertama.

    Sebagai contoh, jika saya ingin mengambil karakter "ELI" dari kata "EXCELIVE", saya akan mengambilnya dimulai dari karakter keempat sejumlah tiga karakter.
    Perhatikan perbedaan fungsi LEFT dan fungsi MID berikut ini

    Baca artikel terkait lainnya
    Mengapa fungsi VLOOKUP menghasilkan error #VALUE ?
    Solusi handal untuk melakukan pencarian data di lembar kerja
    3 cara mudah untuk mengetahui lokasi alamat sel

    Setelah mengetahui kegunaan dari masing-masing rumus tersebut, sekarang saatnya kita mengkombinasikannya untuk menyembunyikan beberapa karakter yang terdapat di sebuah sel. Namun sebelumnya silahkan perhatikan data beserta hasil kombinasi rumus yang saya miliki berikut ini:
    Menyembunyikan karakter di excel

    dan kombinasi rumus excel yang saya tulis di kolom C adalah seperti ini :
    Rumus Menyembunyikan Password
    =LEFT(MID(A1;FIND("@";A1);LEN(A1));LEN(A1)-FIND("@";A1)-3)&"***"
    Untuk memudahkan dalam membaca rumus di atas, sengaja saya membanginya berdasarkan warna atau setidaknya terdapat 4 (empat) bagian, yang mana akan lebih mudah jika membacanya dari bagian ke-tiga (warna merah) terlebih dahulu, dan berikut ulasannya :
    1. LEN(A1)-FIND("@";A1)-3
      LEN(A1) = 23
      FIND("@";A1) = 14
      23-14-3 = 6
    2. MID(A1;FIND("@";A1);LEN(A1))
      FIND("@";A1) = 14
      LEN(A1) = 23
      MID(A1;14;23) = @123456789
    3. LEFT(MID(A1;FIND("@";A1);LEN(A1));LEN(A1)-FIND("@";A1)-3
      LEFT(@123456789;6) = @12345
    4. &"***"
      Rumus ini terletak di bagian akhir yang berfungsi sebagai pelengkap, yakni untuk mengganti string atau huruf yang hilang dengan simbol ***

    Alternatif lain untuk menghilangkan beberapa karakter dan menggantinya dengan karakter lain, bisa menggunakan rumus excel seperti berikut
    Rumus Excel Alternatif
    =TRIM(LEFT(SUBSTITUTE(MID(A1;FIND(":";A1)+1;LEN(A1));" ";REPT(" ";9));LEN(A1)-FIND(":";A1)-3))&"***"
    Mudah-mudahan kombinasi rumus excel ini dapat membantu anda untuk menyembunyikan dan menggantinya dengan beberapa karakter lain yang terdapat di lembar kerja.
    Jangan lupa kunjungi Kelas Excel kami lain waktu untuk memperoleh informasi pembelajaran Microsoft Excel yang akan selalu kami update guna membantu permasalahan excel anda. See you soon

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues, such as the following :
    Macro VBA Excel Functions Custom UDF many more...
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger