• Membuat Tab Stop rata Kiri-Kanan Seperti Microsoft Word

    rumus tab stop excel Hingga saat ini, saya belum pernah mendengar ada seseorang mengatakan bahwa untuk membuat dokumen lebih mudah jika menggunakan Microsoft Excel. Hal ini cukup beralasan, karena Excel memiliki keterbatasan dalam mengolah kata dalam bentuk dokumen (ya...namanya saja program pengolah angka... hehehe)

    Coba saja anda perhatikan menu standar format paragraf yang dimiliki oleh Microsoft Excel, apakah ada ikon perataan paragraf kiri kanan (Justify)?, belum lagi fitur penomoran otomatis atau Bullets and numbering yang hilang, dan masih banyak lagi fitur-fitur program pengolah kata yang tidak disertakan di dalam Excel. Jadi, jangan berharap anda bisa menghasilkan hasil ketikan yang rapi ketika anda memutuskan untuk membuat dokumen dengan Excel.

    Namun, dari beberapa hal yang dihilangkan tersebut, ternyata kita bisa membuatnya 'secara manual' menggunakan rumus atau formula Excel. Salah satunya adalah fitur Tab Stop yang dimiliki oleh aplikasi pengolah kata, seperti Microsoft Office Word.

    Tab Stop adalah salah satu fitur aplikasi pengolah kata yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur tabulasi agar dokumen mudah di format. Dengan menekan tombol Tab maka kursor akan melompat ke tab stop berikutnya, yang mana jaraknya dapat diatur sesuai selera.
    salah satu contoh penggunaan Tab Stop aplikasi Ms. Word adalah dalam membuat Daftar Isi, seperti berikut ini:
    tab stop Excel

    Hanya dengan menekan sekali tombol Tab di keyboard, maka Ms. Word secara otomatis akan loncat ke pemberhentian berikutnya dengan disertai simbol (.) seperti contoh di atas.

    Apakah bisa Microsoft Excel membuat Tab Stop seperti ini ?!
    Jawabannya bisa, tapi dengan satu syarat, yakni font yang digunakan harus font bertipe Monospace yakni jenis huruf yang ukuran melintang huruf dan karakternya sama lebarnya secara horizontal seperti Courier, FixedDsys, MsGothic atau font-font bertipe Monospace lain yang bisa anda donwload di situs Penyedia Font gratis.

    Pemilihan jenis font ini sangat penting meskipun tidak wajib, hal ini bertujuan untuk membuat paragraf rata kiri-kanan. Ingat bahwa Microsoft Excel tidak menyertakan jenis perataan ini, jadi inilah salah satu triknya. :)

    Namun sebelumnya, silahkan anda baca terlebih dahulu artikel lain berikut:
    Artikel terkait lainnya
    Cara mengumpulkan data antar lembar kerja secara cepat
    Rumus untuk melakukan pencarian yang akurat
    Fungsi dan Rumus Excel untuk menampilkan Abjad Kolom

    Oke, setelah syarat tersebut dipenuhi maka selanjutnya adalah menuliskan fungsi dan rumus sederhana seperti berikut ini.
    Membuat Rumus Tab Stop
    =A1&REPT("*";15-LEN(A1))
    Dengan asumsi terdapat sebuah data di range A1, selanjutnya isi dari data tersebut ditambahkan dengan sebuah simbol asterik (*) sebanyak 15 buah dikurangi dengan panjangnya karakter yang terdapat di sel A1.
    Pengurangan banyaknya karakter atau simbol bintang (*) dengan banyaknya jumlah sel yang terdapat di sel A1 adalah agar panjang keseluruhan dari penggabungan tersebut memiliki jumlah karakter yang sama atau dengan kata lain supaya rata kiri - kanan. Lebih jelasnya, lihat gambar berikut :

    Tab Stop Ms. Excel

    Oke, mudah-mudahan tutorial singkat ini ada guna dan manfaatnya untuk anda, dan untuk artikel pembelajaran rumus excel berikutnya kita akan mencoba untuk menyembunyikan sebagian teks dengan simbol tertentu. Jadi jangan sampai ketinggalan, dan ada baiknya anda bookmark situs ini untuk memudahkan anda mengaksesnya dikemudian hari. Gracias


    Terimakasih sudah membaca
    Tutorial: Membuat Tab Stop rata Kiri-Kanan Seperti Microsoft Word
    Labels: - Author: excelive

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues, such as the following :
    Macro VBA Excel Functions Custom UDF many more...
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger