• Membuat dan Menampilkan Ranking Dari Banyak Kriteria Menggunakan Formula CountIFs

    membuat ranking dengan formula COUNTIFs Pernah saya singgung di materi-materi excel sebelumnya, bahwa mengkombinasikan beberapa formula standard Microsoft Excel dengan tepat, maka akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Seperti mengkombinasikan formula IF dengan Vlookup, atau formula Match dan Formula Index. Semua ini dilakukan hanya untuk mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang diharapkan.

    Hal ini sesuai dengan materi pembelajaran Excel yang akan kita bahas kali ini, yakni tentang bagaimana cara membuat dan menampilkan Ranking dari beberapa kriteria, akan tetapi tidak menggunakan Formula RANK yang sudah disiapkan oleh Ms. Excel.
    Namun sebelum lanjut ke materi pembahasan, silahkan cek link-link berikut :
    Artikel terkait lainnya
    Cara membuat Ranking Unik dari beberapa kelompok
    Menghitung jumlah secara otomatis setiap baris ke-n
    Copy paste data antar sheet secara cepat dengan menggunakan Formula INDIRECT

    Kita lanjutkan kembali tutorial excelnya, dan berikut adalah sekumpulan data yang saya miliki yang akan kita gunakan dalam pembelajaran kali ini untuk membuat ranking berdasarkan kriteria-kriteria tertentu
    Data ranking gaji tertinggi

    Dari data yang sudah saya siapkan di atas, tampak dengan jelas bahwa penerima gaji tertinggi adalah Dini yang berada di divisi Personalia. Sementara penerima gaji terendah adalah Iis yang bekerja di bagian produksi.

    Lantas bagaimana cara mengetahui siapa penerima gaji tertinggi untuk karyawan laki-laki (L) yang bekerja di Divisi Produksi dengan status ok?. Apakah dapat menggunakan Formula RANK seperti halnya ketika kita ingin melihat dan mencari peringkat kelas?!. Jawabannya adalah tidak....
    Berikut penjelasan dan solusinya.

    Soal di atas memiliki 3 (tiga) buah kriteria untuk mencari gaji yang diterima, dan formula RANK tidak memiliki kapasitas seperti ini. Dan kalau kita bicara mengenai formula atau rumus, maka CountIFs adalah salah satu solusi yang tepat untuk menyelesaikan soal ini, hal ini karena CountIFs memiliki parameter untuk menentukan banyak kriteria.

    Lihat perbandingan hasil antar penggunaan rumus berikut:
    Ranking dengan banyak kriteria


    Kalau anda perhatikan tampilan di atas, hasil dari Formula RANK (kolom G) tidak mengalami perubahan apapun meskipun kita sudah melakukan beberapa perubahan data karyawan.
    Sementara itu, perubahan terjadi pada kolom H sampai kolom J yang notabenenya menggunakan Formula COUNTIFs sesuai dengan kriteria-kriteria yang sudah saya tentukan sebelumnya.

    Berikut formula yang dituliskan di beberapa kolom tersebut, saya sertakan juga warna-warna untuk memudahkan alur pembacaan rumusnya:
    Kolom H4
    Kriteria : Produksi
    FORMULA MICROSOFT EXCEL
    =IF(B4="Produksi";COUNTIFS($B$4:$B$12;B4;$E$4:$E$12;">"&E4)+1;"") kriteria 1 (produksi) | Rank

    Kolom I4
    Kriteria : Produksi, ok
    FORMULA MICROSOFT EXCEL
    =IF(AND(B4="Produksi";C4="ok");COUNTIFS($B$4:$B$12;B4;$C$4:$C$12;"ok";$E$4:$E$12;">"&E4)+1;"") kriteria 1 (produksi) | kriteria 2 (ok) | Rank

    Kolom J4
    Kriteria : Produksi, ok, L
    FORMULA MICROSOFT EXCEL
    =IF(AND(B4="Produksi";C4="ok";D4="L");COUNTIFS($B$4:$B$12;B4;$C$4:$C$12;"ok";$D$4:$D$12;"L";$E$4:$E$12;">"&E4)+1;"") kriteria 1 (produksi) | kriteria 2 (ok) | kriteria 3 (L) | Rank

    Bagaimana menurut anda, kira-kira formula mana yang lebih mudah digunakan untuk menampilkan dan menentukan Ranking dari sekumpulan data Excel?.
    Oke, mudah-mudahan materi belajar Excel kali ini ada guna dan manfaatnya untuk Anda. Jangan lupa kunjungi kami lain waktu untuk menemukan tips dan trik Microsoft Excel lainnya. Adios


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues, such as the following :
    Macro VBA Excel Functions Custom UDF many more...
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger