• Cara membalik susunan data excel Menggunakan formula Excel sederhana

    susunan data dalam excel Secara pribadi saya mempunyai prinsip bahwa susunan data dalam lembar kerja memiliki peranan yang sangat penting untuk mempermudah dalam pengolahan data-data tersebut dikemudian hari, sehingga kedepannya kita tidak dipusingkan dengan rumus atau kode Macro VBA apa yang akan digunakan untuk mengumpulkan informasi dari data-data tersebut.

    Pentingnya mengatur susunan data dalam lembar kerja Microsoft Excel agar tampak rapi, haruslah menjadi prioritas utama agar memudahkan dalam mengolahnya, seperti mengelompokkan data angka, data konsumen, mengelompokkan data-data siswa, hingga menyusun urutan data dari yang terkecil atau sebaliknya.

    Nah, Berbicara mengenai urutan data. Kita mengenal 2 (dua) istilah atau model pengurutan yakni urutan dari kecil ke terbesar (Sort A to z) dan urutan besar ke urutan kecil (Sort Z to A). Melakukan perubahan model pengurutan ini pun sangat mudah dilakukan, dimana kita tinggal menyorot data-data yang ingin diurutkan kemudian menekan perintah sort dilanjutkan dengan memilih model pengurutannya.

    Fitur Sort dari Microsoft Excel yang cukup familier ini, bukan hanya membalik urutan data tapi secara otomatis mengurutkan data sesuai dengan model yang dipilih. Dan jika anda ingin membalik susunan saja tanpa harus mengurutkannya secara otomatis, maka gunakan formula ini, namun sebelumnya silahkan cek link-link tutorial excelive berikut:
    Baca artikel terkait lainnya
    Yuk kenalan dengan formula pembulatan angka!
    Panduan lengkap menggunakan kombinasi formula Index dan formula Match
    Trik konversi dari angka ke huruf dengan menggunakan fomula sederhana

    Formula Excel
    =INDEX($A$2:$A$7;7-ROWS($A$2:A2))
    Contoh formula di atas berfungsi untuk membalik susunan data yang ada di range A2:A7 dengan cara membaca data yang terletak paling bawah kemudian meletakkannya di bagian atas. Lihat tampilan berikut untuk lebih jelasnya.
    Membalik susunan data

    catatan:
    Syarat agar rumus di atas menghasilkan urutan secara terbalik adalah, range A2:A7 harus berisi sebuah nilai, jika tidak maka rumus ini akan mengganti sel yang kosong dengan angka 0


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues, such as the following :
    Macro VBA Excel Functions Custom UDF many more...
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger