• Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Lembar Kerja Jika Sel Berisi Nilai Tertentu

    hidden sheet dengan macro vba Lembar kerja Ms.Excel atau biasa disebut juga dengan Worksheet merupakan sebuah wadah di mana kita bisa menyimpan berbagai macam data di dalamnya. Mulai dari data berupa teks, angka, hingga formula yang dapat membantu kita dalam mempercepat pekerjaan.

    Dari setiap lembar kerja (baca:sheet) yang kita miliki dalam dokumen Microsoft Excel, mungkin Anda pernah mengalami situasi, kondisi atau keadaan dimana kita harus menyembunyikan beberapa hal yang kita rasa mengganggu pada lembar kerja kita, dan atau mungkin kita perlu menyembunyikan data-data rahasia yang terdapat dalam satu atau beberapa lembar kerja tersebut, sehingga anda tidak ingin lembar kerja itu terlihat di bilah tab di bagian bawah jendela Excel.

    Bahkan, Anda dapat menyembunyikan seluruh buku kerja, meskipun kami tidak yakin mengapa Anda ingin melakukan itu. Namun, kami akan menunjukkan cara menyembunyikan lembar kerja dan buku kerja dan menampilkannya lagi.
    Baca tutorial terkait lain
    Cara mengisi TextBox dan menulisnya ke dalam lembar kerja Excel
    Panduan mencetak dokumen dengan disertai jumlah banyaknya cetakan
    Daftar kode-kode untuk merubah interior sel dalam lembar kerja Excel

    Apa yang akan saya tunjukkan dalam tutorial ini adalah, bagaimana cara menyembunyikan dan atau menampilkan kembali buku kerja yang kita miliki jika sebuah sel memuat nilai tertentu. Dan berikut panduannya :
    1. Pastikan Aplikasi Microsoft Excel sudah anda aktifkan
    2. Buat atau tambah beberapa lembar kerja dalam dokumen Excel Anda
    3. Sebagai contoh, masukkan nilai atau angka 1 (satu) di lembar kerja ke-2 hingga lembar kerja terakhir yang anda miliki.
      Hal ini nantinya kita gunakan untuk sebagai kunci untuk menyembunyikan dan atau menampilkan kembali lembar kerja yang hilang dari bilah tab di bagian bawah jendela Excel
    4. Tekan tombol pintas Alt+F11 untuk menuju ke jendela Aplikasi Microsoft Visual Basic Editor
    5. Selanjutnya, buat sebuah module baru
      Tambah module baru di excel
      Lanjutkan dengan copy-paste kode berikut ini ke dalam module yang sudah dibuat :
      Sub ABC
      Dim wb As Worksheet
      For Each wb In ActiveWorkbook.Worksheets
          If wb.[a1] = 1 Then
              wb.Visible = xlSheetHidden
          End If
      Next ws
      End Sub
      Penjelasan singkatnya Sebelum menjalankan kode, terlebih dahulu saya mendeklarasikan variabel wb sebagai lembar kerja. Selanjutnya saya menggunakan statement For Each untuk melakukan perintah pengulangan yang mana kriteria pengulangannya adalah "Jika sel A1 di setiap lembar kerja berisi angka 1 - Maka lembar kerja akan disembunyikan"
      Tentunya anda bisa menampilkan kembali lembar kerja yang hilang dengan mengganti perintah xlSheetHidden menjadi xlSheetVisible
    6. Langkah terakhir adalah menguji serangkaian kode ini dengan cara menekan tombol yang terdapat di menubar atau dengan menekan tombol F5 yang terdapat dikeyboard anda

    Hasil akhir dari serangkaian tutorial ini bisa anda lihat dalam tampilan berikut
    menyembunyikan lembar kerja excel


    Selamat...anda sudah berhasil menampilkan dan atau menyembunyikan beberapa lembar kerja dokumen Microsoft Excel Anda berdasarkan nilai yang terdapat disebuah sel menggunakan Macro VBA Excel.
    Jangan lupa, silahkan kunjungi channel youtube kami untuk melihat video tutorial terbaru dari kami. Gracias


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger