• Solusi Untuk Memformat Efek Teks Dari Hasil Formula Excel

    bold effect within formula excelMembuat sebuah teks atau angka menjadi tebal (bold), miring (italic) dan bergaris bawah (underline) pada microsoft excel berfungsi untuk memberikan penekanan pada kata atau kalimat tersebut atau bisa juga untuk memperjelas kata dan kalimat pada tulisan kita. Pada umumnya cara membuat efek seperti ini bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu:
    1. Menggunakan menu home dan memilih sub menu bagian font
    2. Atau anda juga bisa menggunakan tombol shortcut pada keyboard

    Mengaplikasikan efek ini juga terbilang sangat mudah, dimana kita tinggal memilih sel yang ingin diberi efek atau memilih sebagian kata atau kalimat yang terdapat dalam sel tersebut kemudian melakukan salah satu dari dua cara di atas.

    Tapi sayangnya, ketika kita menggunakan Microsoft Excel dan ingin memberikan efek pada sebagian teks atau angka yang terdapat dalam atau hasil dari sebuah Formula Excel, maka hal ini tidak dapat dilakukan. Contoh; kita ingin memberikan efek tebal pada hasil formula =A1&B2 dengan cara memilih atau blok B2 pada rangkaian formula tersebut, maka Secara otomatis menu efek yang terdapat dalam sub menu Font akan dinonaktifkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat perbandingan cara mengaplikasikan teks efek pada tampilan berikut.
    teks effect dalam formula
    Jika anda perhatikan, pada tampilan sebelah kanan adalah sebuah sel yang memuat formula sehingga ketika kita hendak memberikan efek pada sebagian teks maka system akan langsung menonaktifkan pilihan efeknya.

    Kesimpulannya adalah, kita tidak bisa memformat sebagian teks atau angka dengan efek tebal, miring, atau garis bawah pada sel yang memiliki rumus atau formula didalamnya dengan menggunakan cara biasa. Artinya, anda membutuhkan bantuan Macro VBA jika tetap ingin memberikan efek-efek tersebut, dan berikut langkah-langkahnya.

    1. Buka jendela Microsoft Visual Basic Editor dengan cara menekan tombol pintas Alt+F11 pada keyboard Anda
    2. Silahkan buat sebuah module baru melalui menu Insert
    3. Lanjutkan dengan menulis baris kode berikut di dalamnya
      Sub efek()
      With [E1]
         .Formula = "=A1&B1&C1"
         .Value = .Value
         .Characters(Len([A1]) + 1, Len([B1])).Font.Bold = True
      End With
      End Sub
      Penjelasan singkatnya Kode VBA di atas berfungsi untuk merubah hasil formula yang terdapat di sel E1 yang mana isi sel ini didapatkan dari gabungan antara sel A1, B1, dan C1. Dan agar perubahan efek sebagian teks ini berhasil, maka disana saya 'memaksa' agar formula yang tertulis di sel E1 berubah menjadi nilai biasa.
      Baris selanjutnya adalah baris penting yang bertujuan untuk memberikan efek tebal, dengan ketentuan sebagai berikut :
      • Karakter yang ingin saya berikan efek tebal adalah karakter yang terdapat di sel B1, maka dari itu saya menuliskan formula sederhana untuk membaca panjang karakter A1 + 1
      • Kemudian, untuk jumlah karakter yang ingin diberikan efek tebal menggunakan rumus LEN([B1])
      • Kode VBA untuk membuat karakter tebal adalah Font.Bold = True
    Hasil akhir dari serangkaian tutorial ini adalah sebagai berikut:
    memberikan efek font sebagian teks


    Selamat mencoba dan selamat bereksperimen.

    Semoga tutorial singkat tentang cara merubah efek sebagian huruf pada formula excel ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Terimakasih sudah berkunjung di excelive.com dan silahkan bookmark situs ini untuk memudahkan anda ketika akan mengunjunginya lain waktu. Adios


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger