• Panduan Lengkap Menyusun Daftar ListBox Sesuai Abjad Dari Data Acak

    mengurutkan abjad Salah satu Control VB yang dapat menampilkan nilai atau data-data yang ada dalam lembar kerja yang berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam memlihnya adalah ListBox. Ia akan menampilkan apa yang ada di lembar kerja Microsoft Excel sesuai dengan urutan yang semestinya. Akan tetapi dengan memberikan sedikit sentuhan dari standar kode VBA, kita akan mampu menyusun ulang daftar di ListBox secara berurutan tanpa harus merubah urutannya di lembar kerja.

    Sebenarnya cara ini adalah trik akhir yang bisa dilakukan jika anda melakukan 'kesalahan' dalam menyusun data-data dalam lembar kerja yang tidak diurutkan berdasarkan abjad namun tetap memaksa menampilkan secara berurutan ke dalam ListBox. Karena bagaimanapun juga, trik ini akan mempengaruhi kinerja atau kecepatan loading sebuah ListBox. Dengan kata lain, jika ingin mengurutkan daftar ListBox berdasarkan abjad maka ada baiknya mengurutkan data-data yang terdapat di dalam lembar kerja terlebih dahulu sebelum menampilkannya.

    Oke, kita akan mulai dengan menyiapkan data-data dilembar kerja yang disusun secara acak seperti tampilan berikut :
    data sort lembar kerja

    Selanjutnya buka Microsoft Visual Basic Editor dengan cara menekan tombol Alt+F11 dan kita mulai membuat design UserForm yang didalamnya memuat sebuah ListBox untuk menampilkan data-data dan sebuah CommandButton untuk memanggil data dari lembar kerja dan kemudian menyusunnya secata berurutan berdasarkan abjad.
    design userform dan listbox

    Setelah selesai mendesain, kini saatnya menulis serangkaian kode Macro VBA untuk mengurutkan data secara otomatis. Caranya klik ganda CommandButton untuk langsung menuju jendela kode, selanjutnya copy - paste kode berikut ke dalamnya
    Dim i As Long
    Dim j As Long
    Dim xx As Long
    Dim Temp As Variant
    With ListBox1
        xx = Worksheets("Sheet1").Cells(Rows.Count, "A").End(xlUp).Row
        For s = 1 To xx
            .AddItem Cells(s, 1)
        Next s
        
        For i = 0 To .ListCount - 2
            For j = i + 1 To .ListCount - 1
                If .List(i) > .List(j) Then
                    Temp = .List(j)
                    .List(j) = .List(i)
                    .List(i) = Temp
                End If
            Next j
        Next i
    End With

    Untuk mengujinya, silahkan anda tekan tombol F5 di keyboard atau bisa juga anda klik icon yang ada di menubar. Dan hasil akhir akan tampak seperti berikut :
    sort listbox

    Selamat, Anda sudah berhasil mengurutkan daftar ListBox dari data acak yang berasal dari lembar kerja secara otomatis berdasarkan susunan abjad.
    Terimakasih sudah berkunjung, semoga tutorial kali ini memberikan manfaat Thanks for visiting


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger