• Cara membuat penomoran transaksi diawali dengan 000 menggunakan formula TEXT

    nomor transaksi Bila kita perhatikan struk belanja di supermarket ataupun toko, atau nota pembelian, kita akan melihat sebuah nomor transaksi penjualan di dalam struk tersebut. Nomor transaksi tersebut biasa digunakan sebagai nomor bukti transaksi. Pencantuman nomor transaksi, tentu punya tujuan. Nomor itu sangat berguna bagi pemilik ataupun pihak manajemen dalam hal pelacakan transaksi. Umumnya nomor transaksi biasanya diawali angka terkecil dan biasanya pula ditampilkan dalam digit angka ribuan atau bahkan mungkin jutaan. Sebagai contoh nomor transaksi 15 maka akan ditampilkan dengan angka 0015 atau 0000015 tergantung dari kebutuhan.

    Sebenarnya sistem penomoran diatas, tidak ada bedanya dengan penomoran pada umumnya hanya saja dengan cara ini nomor transaksi akan tampil lebih konsisten karena jumlah digit yang digunakan memiliki panjang sama. Dari susunan tabel penyimpanannya juga tidak ada perbedaan, jadi semuanya memang murni tampilanya saja.

    Membuat sistem penomoran model seperti ini menggunakan Microsoft Excel tentu bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dikerjakan, akan tetapi bagi anda yang belum mengetahui bagaimana caranya, serta formula apa yang dibutuhkan untuk membuat tampilan nomor seperti ini, silahkan pilih salah satu dari dua model berikut yang sesuai dengan kebutuhan anda:

    HardCoded
    Yang dimaksud dari Hardcoded di sini adalah, anda menentukan jumlah digit yang ingin ditampilkan dan ditulis dalam formula secara manual. Untuk formulanya bisa dtulis seperti ini
    Formula Excel
    =TEXT(B2;"000000")

    Repeat Number
    Teknik yang ini membutuhkan sejumlah angka yang dijadikan sebagai banyaknya jumlah digit yang ingin ditampilkan, dan tentu saja bisa rubah secara otomatis tanpa harus merubah susuan formula yang sudah ditulis. Dan formulanya adalah sebagai berikut
    Formula Excel
    =TEXT(B2;REPT("0";B1))
    Kedua formula di atas merubah sistem penomoran yang terdapat di sel B2 memiliki jumlah digit sejumlah angka 0 (nol) yang ditulis atau diulangi.

    Format Cells
    Dan tentu saja bagi anda yang tidak ingin ribet dengan menggunakan formula, cara ini bisa dilakukan dengan cukup mudah dengan mengatur format sel, caranya adalah sebagai berikut :
    1. Pilih sel yang anda inginkan, misalnya sel B6
    2. Kemudian klik kanan pada sel tersebut, atau bisa juga anda akses dengan cara menekan tombol Ctrl+1
    3. Pada jendela Format Cells, pilih tab Number dan pilih Category: Custom, selanjutnya silahkan tulis format angka di kotak Type: seperti ini 000000# jika anda ingin menampilkan jumlah digit jutaan.
      format cells
    4. Akhiri dengan tombol OK

    Silahkan lihat dan bandingkan masing-masing trik di atas di hasil akhir dari tutorial ini:
    membuat numerator di excel

    Selamat... anda sudah berhasil mengetahui 3 (tiga) cara membuat penomoran transaksi diawali dengan angka 000 secara otomatis.
    Terimakasih sudah berkunjung, semoga tutorial kali ini bermanfaat untuk anda. Gracias

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger