• Cara Menjumlahkan Range Jika Teks Berisi Kata Tertentu

    calculate with SUMIF Masih seputar tutorial tentang Formula Excel, kali ini kita akan coba mendemonstrasikan bagaimana cara menjumlahkan sebuah rentang hanya untuk teks berisi kata tertentu saja. Dan karena kita bicara tentang operator penjumlahan, maka secara otomatis harus tersedia data berupa angka-angka yang nantinya akan diolah.

    Mungkin yang terlintas dalam benak anda ketika ingin menghitung sekumpulan data berdasarkan kriteria, maka nama formula yang langsung dingat adalah Formula SUMIF. Ya, karena ini merupakan gabungan dari Formula SUM yang berfungsi untuk menjumlah data-data berupa angka, serta formula IF yang bisa digunakan untuk menyelesaikan soal-soal logika. Sehingga gabungan formula ini bisa menjadi cukup powerfull dalam menyelesaikan perhitungan yang membutuhkan sebuah kondisi tertentu tanpa harus menggunakan formula IF standard.

    Sebagai contoh, saya mempunyai data-data seperti gambar berikut:
    Data karyawan gudang
    Secara sederhananya, ketika ingin menjumlahkan keseluruhan nominal dari data karyawan di atas adalah cukup menggunakan formula SUM.
    Namun bagaimana jika anda ingin menghitung berapa total nominal yang harus dikeluarkan untuk para Manager, atau para Kepala bagian?!. Sudah jelas jawabannya bukan menggunakan formula SUM, karena disana kita bisa melihat terdapat kriteria yang jadi patokan dalam menghitung jumlah nominal.

    Dan seperti yang sudah anda bayangkan sebelumnya, formula yang tepat untuk menyelesaikan hitungan di atas adalah dengan menggunakan formula SUMIF. Dan penulisan formula lengkapnya adalah seperti berikut:
    Formula Excel SUMIF
    =SUMIF(A2:A9;"*"&D1&"*";B2:B9)Sebagai contoh, anda bisa menuliskan formula ini di sel D2

    Bagaimana cara kerja formula ini ?
    • Bagian yang berwarna ungu adalah sebuah rentang yang berisi nama-nama departemen
    • Kunci dari formula di atas terletak pada bagian kedua (warna merah), karena pada bagian ini menyimpan informasi kriteria yang akan dilakukan penghitungan.
      Dan untuk contoh ini, saya menggunakan lokasi sel D1 sebagai tempat untuk menuliskan nama-nama divisi yang ingin saya jumlahkan. Sementara dalam formula tersebut, sel D1 diapit oleh tanda bintang. Ini artinya bahwa setiap kata yang saya tuliskan akan mencocokkan atau mencari frasa parsial daripada keseluruhan string atau teks yang ada di sel D1.
      Model penulisan ini lebih umum di kenal dengan nama WILDCARD

      Tutorial lain yang membahas tentang Wildcard silahkan baca disini:
      Mencari data dengan cepat
      Hasil Error HLOOKUP
      Menjumlah data antar sel
      Melakukan pencarian berulang-ulang
    • Bagian terakhir atau bagian yang berwarna magenta adalah sekumpulan data-data yang berisi angka yang akan dijumlahkan jika kriteria yang berada di bagian kedua sesuai

    Agar lebih mudah memahaminya, silahkan lihat hasil akhir berikut :
    memilih listbox dengan enter

    Selamat, anda sudah berhasil menghitung data berdasarkan kata yang terdapat dalam sebuah range. Semoga tutorial yang cukup singkat ini bisa menambah referensi penggunaan rumus SUMIF.
    Jangan lupa bookmark situs ini untuk memudahkan mengunjungi kami lain waktu. Ciao Adios

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger