• Begini Cara Mengisi ComboBox Dari Berbagai Item Melalui TextBox

    entri daftar comboBox Jika dilihat dari judul artikel ini, barangkali anda sudah bisa menebak control-control apa saja yang dibutuhkan agar berhasil menjalankan kode yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Ya, setidaknya ada dua buah control utama yang kita butuhkan yakni ComboBox dan TextBox yang masing-masing diletakkan dalam sebuah UserForm.

    Kenapa harus ComboBox? apakah bisa digunakan pada ListBox?!

    Tentu saja bisa, hanya saja untuk tutorial ini saya akan lebih fokus pada ComboBox karena sebenarnya Control ComboBox merupakan kombinasi dari TextBox dan kontrol ListBox, namun item yang ditampilkan hanya berjumlah satu pada saat diaktifkan dan item lain yang tersedia dimuat dalam daftar drop-down (belum dipilih/diaktifkan).

    Oke, kembali ke materi tutorial cara mengisi ComboBox dari berbagai item, namun sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan tentang Fungsi Array dalam kode Macro VBA. Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karena array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks.

    Contoh menggunakan ARRAY dalam Macro VBA bisa anda temukan disini
    Menggunakan UBound - LBound
    Mengisi ListBox dari Array Data
    Dalam Array Macro VBA Excel juga kita mengenal istilah dimensi atau bahasa yang mudah dipahami adalah urutan dalam Array yang dipisahkan dengan tanda koma. Perhatikan penulisan Array berikut
    Film = Array("Action", "Comedy", "Drama", "Horror")
    Secara berurutan, dari Action sampai dengan Horror semua dinyatakan dalam nama variabel yang sama yakni Film, dan terdiri dari 4 dimensi.

    Coba perhatikan bahasa kode sederhana Macro VBA untuk menampilkan pesan dari kode Array berikut :
    Sub Test
    Film = Array("Action", "Comedy", "Drama", "Horror")
    MsgBox Film(2)
    Dan hasil yang didapatkan dari kode ini adalah jendela pesan seperti berikut :
    Menampilkan informasi dari array
    Kenapa yang muncul urutan ke-3, padahal indeks yang ditulis dalam MsgBox adalah 2 ?
    Hal ini karena urutan indeks dimulai dari angka 0 (nol) dan untuk contoh di atas diakhiri dengan indeks angka 3 (tiga). Inilah yang menyebabkan "Drama" yang muncul dalam jendela kotak pesan dan bukan "Comedy".

    Dengan memahami konsep Array, maka modal dasar sudah anda pegang dan siap mengikuti dan melanjutkan tutorial ini. Namun sebelumnya, siapkan dulu sebuah UserForm disertai dengan ComboBox dan TextBox seperti tampilan berikut :
    Design Fungsi Array VBA
    Setelah berhasil men-design UserForm, selanjutnya silahkan klik dua kali control TextBox1 untuk langsung menuju ke jendela kode dan lanjutkan dengan memasukkan serangkaian baris kode berikut :
    On Error GoTo x
    Dim Film As Variant
    Dim i As Long
    
    Film = Array("Action: Comedy: Drama: Horror:", _
                "Avenger DeadPool Forever-My-Girl Annabelle", _
                "Iron-Man BayWatch Every-Day The-Nun", _
                "Skyscrapper Shaun-The-Dead Midnight-Sun The-Conjuring")
    ComboBox1.Clear
       For i = 0 To UBound(Film)
          ComboBox1.AddItem Split(Film(i))(TextBox1)
       Next i
       
    Exit Sub
    x:
    TextBox1.SetFocus
    MsgBox "Dimensi tidak tersedia, atau nilai yang dimasukkan error"
    
    Secara singkat, penjelasan kode sebagai berikut
    • Kode diawali dengan sebuah Error Trap yang berfungsi jika terdapat terdapat kesalahan maka kode yang akan dieksekusi adalah parameter x
    • selanjutnya adalah menentukan jenis data untuk variabel Film yakni sebagai Variant.Variabel Film ini berisi 4 buah dimensi yang ditandai dengan pembatas koma serta diapit dengan tanda petik dua serta memiliki masing-masing 4 buah item yang dipisahkan dengan spasi. Inilah data-data yang nantinya akan dipanggil berdasarkan nilai yang tertulis di TextBox.
    • Kode berikutnya adalah membersihkan data-data yang ada di ComboBox. Hal ini bertujuan agar nantinya data tidak mengalami percampuran setiap kali ada perubahan di TextBox1
    • Selanjutnya adalah menjalankan perintah looping dengan menggunakan metode UBound yang berfungsi untuk mengambil data-data yang terdapat di variabel Film.
    • Kunci dari tutorial ini terletak pada baris kode yang terdapat di dalam perintah looping, yakni proses menambahkan item di ComboBox tapi menggunakan Teknik Split dari variabel Film sesuai dengan urutan yang ditulis di TextBox1

    Jika anda mengikuti dan tidak melewati langkah-langkah di atas, maka anda akan mendapatkan hasil akhir tutorial seperti tampilan berikut ini:
    memilih listbox dengan enter


    Selamat... anda sudah berhasil mengambil kumpulan data-data yang bervariasi dari sebuah Array untuk ditempatkan ke dalam ComboBox melalui berdasarkan nilai yang dimasukkan dalam sebuah TextBox. Semoga tutorial yang cukup singkat ini dapat memberi wawasan baru.
    Jangan lupa, silahkan share link ini jika apa yang kami tulis bermanfaat untuk anda. Gracias


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger