• Mengenal Formula Array Excel dan Cara Singkat Menggunakannya

    cara mudah menggunakan array formula Array Formula bukanlah jenis dari sebuah formula baru dalam Microsoft Excel, akan tetapi ia adalah sebuah bentuk dari model cara membaca formula-formula yang ktia tulis di lembar kerja. Dengan kata lain, Formula Array tetap menggunakan formula-formula yang ada kemudian dibaca dan diolah sehingga menghasilkan informasi yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

    Secara umum, Array Formula dapat digunakan untuk melakukan beberapa perhitungan pada satu atau beberapa item dalam kumpulan data yang dimiliki tanpa harus membuat satu persatu formula dan menyimpannya di sel yang lain, sehingga secara otomatis hal ini akan berimbas pada kecepatan dalam menyelesaikan sebuah tugas-tugas yang cukup kompleks, seperti :
    1. Menghitung jumlah karakter yang terkandung dalam berbagai sel.
    2. Menjumlah hanya angka yang memenuhi kondisi tertentu, seperti nilai terendah atau tertinggi dalam rentang .
    3. Menjumlahkan setiap nilai ke-n dalam berbagai nilai.
    4. dan, masih banyak lagi tugas-tugas kompleks yang dapat diselesaikan menggunakan Array Formula

    Coba perhatikan kumpulan data yang saya miliki berikut:
    data formula array
    Jika kemudian kita ditugaskan untuk menghitung Total akhir dari hasil perkalian A dan B, maka jika tanpa menggunakan Array Formula pasti kita membutuhkan sebuah formula bantu yang dapat diletakkan di kolom C kemudian kita hitung hasil formula tersebut untuk mendapatkan hasil akhirnya, seperti gambar berikut :
    hasil tanpa formula array

    Contoh sederhana dari penyelesaian kasus di atas sebenarnya dapat dilakukan dengan satu langkah mudah dengan menggunakan 1 baris formula saja, yakni dengan menggunakan Array Formula.
    Sebagai informasi, setiap formula Excel yang sudah ditulis dalam lembar kerja bisa ditulis dan dibaca sebagai Array Formula ketika kita menekan tombol CTRL+SHIFT+ENTER secara bersamaan sebagai proses konfirmasi penulisan sebuah formula, teknik ini disebut juga dengan Teknik CSE
    .

    Kembali ke materi pembelajaran.
    Untuk dapat menyelesaikan soal di atas, dapat menuliskan formula berikut :
    Array Formula
    -Normal
    =SUM(A2:A6*B2:B6)

    -CSE
    {=SUM(A2:A6*B2:B6)}
    Yang membedakan dari dua formula di atas adalah tanda kurung kurawal (warna merah) yang terdapat di kedua sisi formula dan tanda ini muncul secara otomatis, JANGAN menuliskan tanda kurung secara manual, karena hanya akan membuat formula tersimpan sebagai Text dan bukan sebagai Array Formula.

    Hasil akhir cara menggunakan Array Formula
    array formula excel

    Semoga tutorial singkat cara membuat dan mengaplikasi Array Formula terhadap formula Excel ini bermanfaat untuk anda.
    Terimakasih sudah berkunjung ke excelive.com, salah satu situs yang fokus mengupas tuntas tutorial Microsoft Excel. Gracias

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger