• Cara Mudah Mencari Lokasi Baris atau Kolom Dari Beberapa kumpulan Nilai

    search rows and column Sudah jelas bahwa ketika kita bekerja menggunakan Excel, proses memasukkan data-data ke dalam lembar kerja adalah sebuah prosedur awal yang harus kita kerjakan sebagai syarat mutlak agar data tersebut bisa diolah untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan.

    Sementara dalam proses menginput data ke dalam lembar kerja, antara pengguna satu dengan lainnya pasti ada perbedaan untuk memilih lokasi awal dalam menempatkan data-data mereka. Sebagian memilih baris dan kolom ke-1 (Sel A1) untuk memulai pekerjaannya, sebagian lagi memilih sel B2, dan seterusnya, tergantung dari kebutuhan tiap-tiap individu.

    Misalnya, saya memilih kolom B yang dimulai dari baris kedua (sel B2) untuk menuliskan nomor urut, selanjutnya di kolom C saya isikan data-data berupa nama barang, sementara di kolom D saya gunakan untuk menulis harga dari tiap-tiap barang. Sehingga jika dibuat akan tampak seperti tampilan berikut:
    daftar harga barang

    Inilah sekumpulan data sederhana yang selanjutnya dapat kita olah untuk mencari informasi yang kita inginkan; seperti menjumlah total harga barang, menghitung banyaknya item yang dimiliki, melihat nilai harga tertinggi atau terendah dari data-data tersebut, dan lain sebagainya.

    Jika berurusan dengan mengolah data seperti yang saya sebut di atas, saya yakin anda pasti sudah paham dan bisa melakukannya. Akan tetapi, bagaimana jika anda ingin mengetahui posisi baris atau kolom di mana nilai tersebut dituliskan ?!. Ambil contoh, kata "Mouse" yang berada di baris ke-5 dan berada di kolom C, sementara nilai "70.000" berada di sel D6, dan seterusnya. Bagaimana mendapatkan alamat sel, atau baris, atau kolomnya ?!

    Cara mudah yang saya tawarkan kepada anda adalah dengan menggunakan Macro VBA, dan berikut ini panduan lengkapnya.
    1. Aktifkan atau pilih tab Developer jika belum, kemudian pilih ikon View Code. Atau cara cepatnya bisa anda lakukan dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard Alt+F11 untuk membuka jendela Microsoft Visual Basic Editor (VBE)
    2. Setelah anda berhasil membuka aplikasi VBE, selanjutnya adalah klik 2x nama lembar kerja di mana anda meletakkan data-data yang sudah anda buat. Untuk tutorial ini saya memilih Sheet1 pada bagian bagian Microsoft Excel Objects, karena data-data yang saya miliki berada di lembar kerja 1.
      objek vba sheet1
    3. Di jendela sebelah kanan (jendela code), pilih Object Worksheet dan prosedur Change dari kotak dropdown
      memilih objek dan prosedur vba
      Maka secara otomatis anda akan dibuatkan sebuah judul prosedur lengkap dengan elemen penutup seperti gambar berikut

      Tujuan dari prosedur ini adalah untuk menjalankan perintah-perintah (langkah ke-4 dan 5) jika terjadi perubahan pada sel yang dipilih
    4. Langkah selanjutnya, Masukkan baris kode berikut ke dalam prosedur yang sudah dibuat sebelumnya dan letakkan sebelum baris kode End Sub
      If Not Intersect(Target, Range("G2")) Is Nothing Then
      Call CARI
      End If
      Perintah ini hanya dieksekusi jika terjadi perubahan terhadap isi sel G2 saja, dan kemudian menjalankan perintah CARI. Untuk alamat sel, Silahkan anda ganti sesuai dengan kebutuhan anda.
    5. Langkah selanjutnya adalah menuliskan secara manual isi perintah kode CARI seperti berikut dan diletakkan sebelum atau sesudah kode di atas
      Sub CARI()
      On Error GoTo ZZ
      Set A = Range("C2:D8").Find([G2], LookAt:=xlValue)
      If [G2] = vbNullString Then
          [G3] = "--"
          Else
          A.Row
      End If
      Exit Sub
      ZZ:
      [G3] = "Data tidak ada"
      End Sub
      Secara singkat, maksud dari Kode di atas adalah :Menentukan statement jika terjadi error maka akan menjalankan perintah ZZ, kemudian menentukan nilai A yang tujuannya untuk mencari berdasarkan nilai-nilai yang terdapat di range C2:D8 dengan kata kunci pencarian yang diletakkan di sel G2.
      Jika kata kunci yang dimasukkan ditemukan, maka isi sel G1 akan menunjukkan posisi baris sesuai dengan letak kata kunci tersebut.
      Jika kata yang dicari tidak ditemukan, maka perintah ini akan menjalankan baris kode ZZ: yang isinya akan menulis sebuah teks "Data tidak ada" di sel G3. Sementara jika sel G2 kosong, maka isi sel G3 berupa simbol --

      Tampilan lengkap serangkaian kode akan terlihat seperti gambar berikut :
      Hasil akhir penulisan kode

    6. Langkah terakhir adalah tutup jendela Microsoft Visual Basic Editor dengan menekan tombol X yang berada di pojok kanan atas, atau bisa juga menggunakan menu File --> Close and Return to Microsoft Excel
    7. Sekarang saatnya menguji kode yang telah dibuat dengan cara menuliskan kata kunci di sel G2 dan lihat hasilnya di sel G3
      Hasil akhir mencari lokasi baris

    Selamat....Anda sudah berhasil mencari lokasi alamat sel dari beberapa kumpulan nilai yang terdapat di lembar kerja Microsoft Excel dengan menggunakan statement ROW Macro VBA.
    Terimakasih atas kunjungan anda. Gracias

    Tutorial ini memuat Macro VBA, jadi pastikan hasil akhir dari tutorial ini disimpan menggunakan format Excel Macro-Enable Workbook
    .xlsm
    atau Excel Binary Workbook
    .xlsb

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger