• Cara Menggunakan Formula N dan T dalam Rumus Logika IF

    Menggunakan Formula N - Formula T Ms. Excel 2 Formula ini mungkin terdengar agak sedikit asing ditelinga kita, dan bahkan mungkin terbilang agak jarang digunakan. Meskipun demikian, dua formula yang memiliki nama yang sangat singkat ini bisa cukup membantu kita dalam menguji nilai yang terdapat dalam sebuah sel, apakah nilai tersebut berupa teks atau Angka.

    Sesuai dengan namanya, maka saya beranggapan bahwa nama dari kedua formula ini merupakan singkatan dari masing-masing huruf yang dimilikinya, dimana N untuk Number (angka) dan T untuk Text. Sementara untuk syntax penulisan formula, keduanya memiliki kesamaan dan kita tinggal menentukan Value yang dingin diuji saja.

    Formula N
    Formula ini berfungsi untuk mengembalikan nilai yang telah dikonversi menjadi bentuk angka, sehingga nilai yang akan dihasilkan adalah TRUE (1) atau FALSE (0)
    Contoh :
    Formula N
    =N(A1)Jika formula ini ditulis di sel B1 dan nilai yang dimasukkan di sel A1 berupa angka, maka hasil dari formula ini adalah 1. Sementara jika sel A1 berisi sebuah string atau teks atau kosong, maka hasilnya adalah 0

    Formula T
    Sama seperti formula N, namun fungsi dari formula ini adalah mengembalikan nilai yang telah dikonversi menjadi bentuk teks dan hasilnya adalah TRUE (1) dan FALSE (0)
    Contoh :
    Formula T
    =T(A1)Contoh lain menggunakan formula T sudah pernah saya bahas pada tutorial Menghilangkan nilai 0 dari hasil formula VLOOKUP

    Oke, sekarang kita akan mencoba mengkombinasikan 2 formula di atas dengan formula IF untuk menguji apakah nilai yang terdapat dalam sebuah sel berupa angka atau teks, dan mengganti hasil yang ditampilkan bukan berupa nilai 0 dan 1. Contoh berikut, saya gunakan untuk menguji nilai yang terdapat di sel A1
    Formula T/N dan IF
    =IF(A1="";"kosong";IF(N(A1)=A1;"Angka";IF(T(A1)=A1;"text"))))Penulisan formula di atas sering disebut dengan Formula IF bertingkat, hal ini disebabkan karena setidaknya terdapat 3 buah kriteria yang dibutuhkan untuk menguji value yang terdapat di sel A1 yakni; kosong, angka, dan teks.

    Tujuan lain dari penggunaan formula IF juga kita bisa mengganti hasil standard yang didapat dari Formula N dan T (0 dan 1) menjadi nilai lain yang kita inginkan, dalam formula IF ini kita bisa merubahnya atau mengganti nilainya jika kondisinya adalah benar.

    Perhatikan hasil akhir berikut ini :
    Menggunakan Formula N - T excel

    Selesai...
    Semoga artikel singkat ini dapat menambah wawasan baru dalam memahami cara menggunakan Formula N dan Formula T untuk mengetahui jenis nilai yang terdapat dalam sebuah sel.
    Jangan lupa bookmark situs ini untuk memudahkan anda mengunjungi kami lain waktu. Te veo de nuevo



    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger