• Cara Membuat Nomor Seri Secara Berulang-ulang dan Berurutan

    Membuat nomor seri Excel Salah satu keunggulan Microsoft Excel adalah kemudahan dalam membuat penomoran angka secara berurutan atau yang umum dikenal dengan nama nomor seri. Kita hanya tinggal menuliskan angka awal dan dilanjutkan dengan angka setelahnya, kemudian tinggal melakukan operasi drag and drop di ujung bawah sel tersebut, maka akan menghasilkan angka yang berurutan.

    Sangat cepat dan nggak perlu ribet. Inilah fitur yang sangat membantu pengguna dan meminimalisir kesalahan penulisan nomor seri jika dilakukan secara manual.
    Namun fitur ini tidak bisa digunakan untuk menghasilkan penulisan nomor seri yang berulang seperti 11223344 dst, atau 111122223333 dst. Hal ini terjadi bukan berarti ketidaklengkapan fitur yang dimiliki oleh Microsoft Excel, akan tetapi model penulisan ini tidak bersifat umum dan hanya dibutuhkan dalam kondisi tertentu saja.

    Untung saja Microsoft Excel telah menyediakan Formula-formula yang cukup handal untuk memanipulasi model penulisan nomor seri yang tidak umum ini. Dan inilah kombinasi Formula Excel yang bisa anda gunakan untuk membuat penulisan nomor seri agar muncul secara berulang dan berurutan
    Formula Excel ROUNDUP
    =ROUNDUP((ROW()-2)/$B$2;0)
    Tulis formula ini di baris ke-3 di sembarang kolom, ambil contoh sel B3, kemudian silahkan drag and drop ke bawah sebanyak yang diinginkan.

    Secara umum, inti dari formula di atas terletak pada bagian
    (ROW()-2)/$B$2
    Formula ini terlebih dahulu akan membaca lokasi baris sesuai dengan letak dimana kita menuliskannya. Sebagai contoh, jika kita meletakkan di sel C3, maka ia akan menghasilkan angka 3, karena sel C3 berada di baris ke-3.
    Selanjutnya ia akan di kurangi dengan angka 2. Tentu saja angka ini sifatnya tidak mutlak, artinya ia bisa diganti tergantung dimana kita meletakkan rumus ini, sehingga menghasilkan nilai 3 - 2 dan hasilnya adalah 1.

    Proses selanjutnya adalah membagi hasil formula ROW() dengan angka yang ada di sel B2 yang ditulis dengan referensi absolut, hal ini bertujuan agar ketika formula dicopy ke sel manapun, refensi ini tidak akan berubah. Dan sebagai penutup, hasil ini akan dibulatkan dengan menggunakan formula ROUNDUP.
    No Seri berulang

    Semoga tutorial singkat membuat nomor seri secara berulang-ulang dan tersusun secara berurutan ini, memberikan manfaat untuk anda.
    Jangan lupa untuk bookmark situs ini untuk memudahkan anda mengunjungi kami lain waktu. Thanks for visiting

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger