• 3 Cara Memperbaiki Hasil Penulisan Angka Notasi Ilmiah di Microsoft Excel

    notasi ilmiah Mengutip dari situs wikipedia, Notasi ilmiah adalah cara penulisan nomor yang mengakomodasi nilai-nilai terlalu besar atau kecil untuk dengan mudah ditulis dalam notasi desimal standar. Notasi ilmiah memiliki sejumlah sifat yang berguna dan umumnya digunakan dalam kalkulator, dan oleh para ilmuwan, matematikawan, dokter, dan insinyur.

    Memang salah satu kegunaannya adalah untuk menyingkat tulisan yang sangat panjang, sehingga terlihat enak dipandang. Coba bayangkan jika anda harus menuliskan massa bumi yang mencapai angka kurang lebih 6.580.798.520.700.000.000.000 Kg, bisa-bisa buku anda akan dipenuhi dengan angka-angka. Begitu juga dengan Microsoft Excel, akan tetapi ketika kita menuliskan angka-angka yang panjang seperti contoh penulisan massa bumi di atas, maka secara otomatis excel akan menulisnya dengan notasi ilmiah. Dengan kata lain, Angka yang ditulis dalam sebuah sel yang melebihi ukuran atau lebar kolom akan ditulis secara otomatis menggunakan notasi ilmiah.

    Angka-angka di atas jika ditulis menggunakan notasi ilmiah maka akan menghasilkan 6.5808E+21. Cukup singkat dan enak dipandang, karena tidak memakan banyak tempat.

    Namun terkadang, dalam Microsoft Excel kita menginginkan agar angka-angka tersebut ditulis apa adanya bukan dalam bentuk notasi ilmiah. Dan berikut ini 3 cara mengatasinya :

    Menggunakan Format Cells
    Cara ini akan secara otomatis memperlebar ukuran kolom. Namun dalam beberapa kasus tertentu, anda harus memperlebar ukuran kolom secara manual agar bisa menampung angka-angka yang panjang tersebut. Langkah untuk mengkonversi angka notasi ilmiah dengan cara ini adalah.
    1. Pilih sel yang berisi angka notasi ilmiah
    2. Tekan kombinasi tombol CTRL+1 untuk menampilkan jendela Format Cells
    3. Pilih tab Number, pada bagian kategori pilih Custom dan pilih 0 dari pilihan yang ada
    4. akhiri dengan tombol OK

    Menggunakan Formula
    Jika anda menggunakan cara ini, maka anda membutuhkan angka aslinya karena ia dibutuhkan sebagai referensi dalam penulisan formula. Dengan asumsi bahwa angka notasi ilmiah tersebut berada di sel A1 dan anda ingin menampilkan hasil konversi di sel B1, maka berikut formula sederhananya
    Formula Excel
    =TRIM(A1)Catatan :
    Pada Microsoft Excel versi 2007 hanya bisa menampung 20 digit angka, sehingga jika angka yang diinput lebih dari itu maka formula ini akan tetap menghasil nilai notasi ilmiah.

    Menggunakan Tanda Baca
    Cara ini hanya bisa dilakukan sebelum anda menuliskan angka-angka yang panjang tadi, yakni dapat dilakukan dengan menambahkan simbol tanda kutip satu ('). hal ini bertujuan untuk mendefinisikan bahwa angka tersebut adalah teks

    Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan membantu anda memperbaiki tulisan Notasi Ilmiah yang ada di Microsoft Excel.
    Jangan lupa klik tombol subscribe untuk mendapatkan tutorial terbaru dari kami.Danke

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger