• Cara Menghilangkan Angka 0 Dari Hasil Pencarian Formula VLOOKUP

    hasil pencarian Formula VLOOKUP Memang tidak ada aturan yang baku dalam menulis judul sebuah artikel di internet, asalkan ia sesuai dengan isi postingan yang ditulis (terlepas apa nantinya berpengaruh terhadap SEO atau tidak) maka saya pikir sudah lebih dari cukup untuk mewakili isi materi yang sedang dibahas. Karena bagi saya yang cukup awam dengan teknik SEO - selalu mengedepankan konten adalah hal yang penting dari pada bingung menentukan judul artikel yang wah.

    Jika mungkin ada di antara anda yang kurang sepaham dengan tulisan paragraf pembuka di atas maka itu sah-sah saja, karena setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda dan saya tidak terlalu mempermasalahkan hal itu, karena saya yakin dari setiap perbedaan yang ada akan menambah wawasan baru.

    Kembali ke materi utama situs excelive yang khusus membahas tentang Microsoft Excel. Pada kesempatan kali ini, saya coba paparkan salah satu bentuk perbedaan dalam menyelesaikan permasalahan excel, yakni
    Menyembunyikan angka 0 (nol) dari hasil formula Vlookup
    Sebagian dari kita mungkin melakukannya dengan cara mengatur tampilan lembar kerja dengan menonaktikan perintah "Show a zero in cells" agar setiap angka 0 tidak ditampilkan dalam lembar kerja, sementara sebagian yang lain tetap mengaktifkan fitur Excel tersebut.

    Untuk lebih memahami variasi dari penggunakan Fungsi VLOOKUP Microsoft Excel, silahkan anda baca lebih lanjut tutorial berikut
    Cara mengkombinasikan Fungsi Macth, Index, dan VLOOKUP
    Solusi cepat dalam melakukan pencarian data
    Mengumpulkan data antar lembar kerja dengan formula Indirect
    Tutorial untuk mengatur tinggi baris secara otomatis
    Cara memperbaiki hasil formula Vlookup & Hlookup yang error

    Dan kali ini kita akan mencoba membuktikan, apakah Formula VLOOKUP sanggup menyembunyikan angka 0 (nol)?!.
    Sebagai bahan percobaan, berikut saya sudah menyiapkan data-data sederhana sebagai tabel referensi formula VLOOKUP yang saya letakkan di lembar kerja atau Sheet1.
    tabel referensi vlookup

    Secara umum, ketika kita menggunakan Formula VLOOKUP standard, maka hasil yang didapatkan dari nilai Lookup_Value 2 dan 4 akan menghasilkan nilai 0. Berikut ini buktinya.
    Hasil formula Vlookup Standard

    Untuk menghilangkan angka 0 pada hasil formula VLOOKUP, saya akan berikan 2 buah kombinasi kode yang berbeda yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

    VlookUp_T
    saya sebut dengan nama Formula VlookUp_T karena di dalamnya saya kombinasikan dengan Formula T, yakni sebuah formula yang berfungsi untuk mengecek apakah nilai tersebut sebuah teks dan tidak akan menampilkan hasilnya jika ternyata nilai tersebut berupa Teks.
    Formula ini tentu tidak cocok jika data-data yang ingin anda tampilkan berupa angka murni.
    Berikut formulanya
    Formula Excel - VLOOKUP_T
    =IFERROR(T(VLOOKUP(E1;A1:B6;2;0));"")

    VlookUp_Double
    Sesuai dengan namanya, maka formula ini berisi formula VLOOKUP ganda. Dan hasil yang didapatkan tentu saja berbeda dengan VlookUp_T, dimana ia akan tetap menampilkan hasil berupa teks maupun angka murni dan tentu saja nilai 0 akan hilang. Berikut formula lengkapnya
    Formula Excel - VLOOKUP GANDA
    =IF(IFERROR(VLOOKUP(E1;A1:B6;2;0);"")=0;"";
    IFERROR(VLOOKUP(E1;A1:B6;2;0);""))


    Untuk melihat perbedaan dari hasil masing-masing formula VLookUp yang sudah dibuat sesuai dengan tutorial di atas, silahkan lihat tampilan berikut
    Variasi hasil formula VLOOKUP

    Semoga perbedaan dari setiap formula yang sudah saya bahas di atas dapat menambah wawasan yang baru untuk anda, dan semoga tutorial menyembunyikan angka 0 dari hasil formula VLOOKUP kali cukup menyenangkan dan tentunya ada manfaatnya.
    Jangan lupa silahkan bookmark situs ini untuk memudahkan anda ketika ingin mengunjungi kami lain waktu. Thanks for visiting

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger