• Cara Cepat Mengisi TextBox dan Menulis Isinya Ke Dalam Lembar Kerja

    Cara cepat input Data Pada kesempatan ini, saya akan berbagai sebuah trik untuk mempercepat mengisi kotak-kotak TextBox sesuai dengan data-data yang ada dalam lembar kerja dan menuliskannya kembali ke lembar kerja sesuai dengan apa yang tertulis dalam tiap-tiap textBox.

    Syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk menjalankan trik sederhana ini adalah nama dari TextBox harus mengandung angka dan berurutan, akan lebih mudah jika angka ditulis di bagian belakang TextBox, contoh TextBox1 atau kotak1. Syarat lainnya adalah, data-data yang akan diambil dari lembar kerja juga harus diletakkan secara berurutan, contoh, data diletakkan di sel A1 hingga A5, dan seterusnya.

    Untuk masalah peletakan data yang ada di lembar kerja, tidak harus dimulai dari baris pertama, bisa diletakkan di baris mana saja asalkan berurutan, dan untuk contoh ini kita akan mengisinya dari baris pertama. Hal ini juga berlaku jika data yang diambil berdasarkan kolom.

    Untuk mengawali pembelajaran excel kali ini, saya sudah menyiapkan data-data yang ingin ditempatkan ke dalam kotak TextBox yang saya tulis di lembar kerja seperti berikut
    data excel

    Langkah berikutnya adalah mendesain sebuah UserForm yang di dalamnya berisi beberapa TextBox serta beberapa CommandButton untuk menjalankan beberapa perintah yang berbeda, yang kurang lebih tampilannya seperti berikut ini
    cara desain userform excel

    Setelah bahan-bahannya selesai dibuat, kini saatnya kita merancang script kode VBA-nya untuk tiap-tiap CommandButton yang ada.
    Ambil data (baris)
    For a = 1 To 9
    With UserForm1.Controls("TextBox" & a)
        .Value = Cells(a, 1)
        Cells(a, 10) = Controls("TextBox" & a)
    End With
    Next

    Ambil data (kolom)
    For a = 1 To 9
    With UserForm1.Controls("TextBox" & a)
        .Value = Cells(1, a)
        Cells(a, 10) = Controls("TextBox" & a)
    End With
    Next

    Hapus
    For a = 1 To 9
    With UserForm1.Controls("TextBox" & a)
        .Value = ""
        Cells(a, 10).ClearContents
    End With
    Next

    Catatan
    Perbedaan kode antara Ambil data (baris) dengan Ambil data (kolom) terletak pada bagian .Value = Cells... (warna merah) dimana konsep penulisan kode Cells diawali dengan indeks baris kemudian dilanjutkan dengan indeks kolom.
    Ketika kita menuliskan script kode Cells(a,1), maka ini berarti posisi barisnya akan berubah mengikuti nilai a, begitu pula sebaliknya. Lihat pembahasan lain tentang For...Next

    Perhatikan hasil akhir berikut agar semakin memahami tutorial kali ini
    hasil tutorial xcel

    Semoga trik mempercepat mengisi kotak-kotak TextBox yang saya sajikan cukup singkat ini, tidak mengurangi kecintaan anda terhadap Microsoft Excel....hehehe.
    Jangan lupa bookmark situs kami agar anda mudah mengunjunginya lain waktu. See you soon

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger