• Gunakan Cara Ini Untuk Menampilkan Informasi Tanggal Terakhir Ketika Melakukan Proses Save

    Simpan informasi tanggal excelive.com - Selamat datang kembali di salah satu referensi alternatif tempat belajar Microsoft Excel. Salah satu situs yang membahas tentang berbagai macam tips dan trik Microsoft Excel untuk membantu anda dalam menyelesaikan pengolahan data secara cepat dan tepat.

    Berbicara tentang sesuatu yang membahas tentang alternatif memang tidak luput dari keyakinan atau selera masing-masing individu, artinya sesuatu tersebut bukan sebuah kewajiban yang harus dilakukan karena sifatnya hanyalah sebuah pilihan, seperti halnya tutorial yang akan saya share kali ini yakni tentang sebuah fitur yang bisa digunakan untuk mengingatkan kepada pengguna akan status terakhir kapan menyimpan dokumen Microsoft Excel, serta mengingatkan kepada pengguna bahwa dokumen telah mengalami perubahan.

    Ok, karena tutorial ini berhubungan dengan proses menyimpan serta perubahan yang dilakukan di lembar kerja - maka ada 2 (dua) prosedur yang menjadi sorotan, yakni prosedur BeforeSave dan SheetChange yang mana kedua prosedur tersebut bisa ditemukan di Project VBA, tepatnya di aplikasi Microsoft Visual Basic yang sudah terintegrasi dengan Microsoft Excel, dan anda bisa membuka aplikasi ini cukup dengan menekan tombol kombinasi Alt+F11 di keyboard.

    Setelah jendela Microsoft Visual Basic berhasil dibuka, langkah selanjutnya adalah
    1. Memilih salah satu Objek Microsoft Excel yang terletak di jendela sebelah kiri. Untuk contoh ini, saya memilih (klik 2x) ThisWorkbook sebagai lahan eksperimen. :)
    2. Jendela kode yang masih kosong inilah yang akan kita isi dengan beberapa kode di dalam prosedur yang sudah saya sebutkan di atas. Dan untuk lebih cepatnya, silahkan copy-paste kode berikut ke dalam jendela kode yang masih kosong
      Private Sub Workbook_BeforeSave(ByVal SaveAsUI As Boolean, Cancel As Boolean)
      Sheets(1).Range("A1") = Format(Date, "dd-mm-yy") & " | " & Format(Time, "HH:MM.ss")
      Application.StatusBar = [a1]
      End Sub
      
      Private Sub Workbook_SheetChange(ByVal Sh As Object, ByVal Target As Range)
      Application.StatusBar = [a1] & " *)"
      End Sub
      
      Private Sub Workbook_WindowActivate(ByVal Wn As Window)
      Application.StatusBar = [a1]
      End Sub
      
      Private Sub Workbook_WindowDeactivate(ByVal Wn As Window)
      Application.StatusBar = ""
      End Sub
      
      Penjelasan singkat dari masing-masing prosedur di atas antara lain:
      • BeforeSave
        Perintah yang tertulis di dalamnya akan dijalankan saat prosedur menyimpan dokumen dilakukan oleh pengguna, dengan ketentuan mengisi sel A1 dengan informasi tanggal dan waktu yang saat ini sedang aktif.
        Kemudian, merubah tampilan status bar dengan informasi sesuai dengan apa yang tertulis di sel A1.
      • SheetChange
        Prosedur ini akan dijalankan ketika pengguna melakukan perubahan terhadap setiap lembar kerja yang terdapat dalam dokumen yang saat ini aktif, di mana setiap perubahan yang dilakukan akan menampilkan informasi berupa tanggal dan waktu namun diberi sebuah akhiran dengan simbol *)
      • WindowActivate
        Bertujuan agar setiap kali pengguna mengaktifkan dokumen ini, informasi yang tertulis di status bar akan terisi sesuai dengan nilai yang terdapat di sel A1
      • WindowDeactivate
        Berfungsi untuk mengembalikan informasi status bar ke settingan default disaat pengguna menutup (menonaktifkan) dokumen ini.

    Selain hasil perubahan dan informasi terkait waktu terakhir proses penyimpanan ditampilkan di StatusBar, teknik ini juga bisa diterapkan ke dalam sebuah userform dengan memberikan sedikit tambahan baris kode di dalamnya. Dan untuk hasil akhir, bisa anda lihat di tampilan berikut :
    Status informasi penyimpanan terakhir

    Untuk kode yang digunakan, silahkan kunjungi halaman download untuk mendapatkan file project dari tutorial ini.

    Terimakasih sudah berkunjung di excelive.com dan membaca ulasan terkait Status perubahan dan tanggal terakhir menyimpan dokumen Microsoft Excel. Semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk anda. Thanks for visiting

    Tutorial ini memuat Macro VBA, jadi pastikan hasil akhir dari tutorial ini disimpan menggunakan format Excel Macro-Enable Workbook
    .xlsm
    atau Excel Binary Workbook
    .xlsb

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger