• Cara Mengatur Tinggi Baris Sebuah Sel Secara Otomatis Berdasarkan Jumlah Karakter

    auto height Setiap sel yang disediakan oleh Microsoft Excel bisa dibilang cukup unik, betapa tidak, ia bisa memuat sejumlah karakter yang lebih lebar dari ukuran yang dimilikinya dan berusaha menampilkan semuanya hingga menembus sel-sel yang ada di sebelahnya, dangan catatan isi sel yang ada di sebelahnya bukan berupa angka serta sel masih kosong.

    Dengan kondisi seperti ini, tentu saja terkadang menipu mata kita disaat memandangnya karena kita mungkin salah dalam menentukan lokasi alamat sel, juga menghasilkan tulisan yang tidak begitu rapi, apalagi ketika ingin menyajikannya dalam sebuah laporan dalam bentuk tabel.

    Memang hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara fitur Wrap Text serta Auto Fit Row Height, tapi cara ini hanya bisa dilakukan saat kita meng-klik nya di sel mana yang kita pilih.

    Otomatis sih iya, tapi mungkin agak sedikit kurang maksimal karena harus mengklik dulu fitur yang saya sebut di atas.

    Ok, sebelum melangkah lebih jauh lagi, ada baiknya perhatikan dulu data yang saya miliki berikut :
    mengatur tinggi baris otomatis
    Baris 2 dan 5 berisi nilai yang sudah pas dengan lebar kolom sehingga tidak harus dirubah tinggi barisnya, sementara baris lainnya berisi teks yang cukup panjang sehingga harus diatur tinggi barisnya agar tidak sampai menembus sel yang ada di sebelahnya.
    Sementara pada baris ke-9 dan seterusnya, saya berencana untuk menyematkan sebuah formula RANDBETWEEN dan juga formula VLOOKUP untuk menguji apakah hasil yang nantinya ditampilkan bisa mempengaruhi tinggi baris yang berbeda antara satu dengan yang lainnya sesuai dengan jumlah dan panjang karakter yang dimiliki tanpa harus mengubah panjang kolomnya.

    Ada baiknya anda baca tutorial berikut yang bisa dijadikan panduan serta dapat juga dikombinasikan dengan tutorial ini, antara lain :
    Menentukan posisi baris terakhir yang berisi nilai
    Mengenal parameter Current Region untuk menentukan rentang nilai
    Fungsi VLOOKUP menghasilkan nilai ERROR

    Untuk kasus ini, saya menggunakan formula RANDBETWEEN yang saya letakkan di kolom A saya fungsikan sebagai salah satu parameter pencarian dalam formula VLOOKUP hanya untuk memudahkan saja dalam melihat setiap perubahan. Anda tidak harus menggunakan cara atau formula ini jika anda sudah mempunyai parameter pencarian (lookup value) sendiri yang sudah anda tentukan.
    Sementara untuk formula VLOOKUP, saya letakkan di kolom B mulai baris 9 hingga baris 13 dengan syntax penulisan yang sudah sangat familier bagi pengguna Excel, yang tampilannya kurang lebih seperti berikut :
    FORMULA VLOOKUP
    =VLOOKUP(A9,$A$2:$B$6,2,0)
    Langkah selanjutnya adalah, mengotomatisasi tinggi baris hasil dari formula VLOOKUP dengan cara :
    1. Buka jendela Micrsoft Visual Editor yang bisa dilakukan dengan cara menekan kombinasi tombol ALT+F11 yang ada di keyboard
    2. Klik 2x objek Sheet1 (atau sheet lain yang ingin diotomatisasikan) untuk menampilkan jendela kode
    3. Di jendela kode yang sudah terbuka, silahkan tulis baris kode berikut :
      Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
      With Range("B9:B13")
        .WrapText = True
        .Rows.AutoFit
        .VerticalAlignment = xlTop
      End With
      End Sub
      Cara kerja kodeKode ini akan berjalan secara otomatis setiap kali ada perubahan yang dilakukan di lembar kerja atau Sheet1, dan perubahannya hanya akan berpengaruh untuk Range B9:B13 dengan ketentuan :
      • Mengaktifkan fitur WrapText agar isi yang ada dalam sel ditampilkan dalam beberapa baris jika isi tersebut melebihi panjang kolom.
      • Memformat tinggi baris dari sel-sel tersebut menjadi AutoFit, yakni untuk menyesuaikan isi dengan panjang kolom
      • Mengatur perataan sel dengan model xlTop, yakni jenis perataan yang menempatkan isi di posisi atas
    4. Tutup jendela Microsoft Visual Basic Editor yang bisa dilakukan dengan cara klik tombol close atau menggunakan kombinasi tombol ALT+Q

    Saatnya menguji coba kode Macro VBA yang sudah kita buat apakah sudah berjalan sesuai dengan keinginan?. Dan berikut ini adalah hasil akhirnya :
    AutoHeight sel

    Bagaimana menurut anda ?!
    Apakah tutorial dalam mengatur tinggi baris sebuah sel secara otomatis ini cukup bermanfaat?!. Silahkan tuliskan tanggapan anda di kolom komentar yang tersedia. Dankie vir u besoek

    Tutorial ini memuat Macro VBA, jadi pastikan hasil akhir dari tutorial ini disimpan menggunakan format Excel Macro-Enable Workbook
    .xlsm
    atau Excel Binary Workbook
    .xlsb

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger