• Bagaimana Membuat Border atau Pembatas Secara Otomatis Sesuai dengan Kriteria isi Data Sel? Ini Caranya

    border otomatis Sebuah pertanyaan yang saya usung sebagai judul artikel ini memang sengaja saya tulis agar anda yang sedang ingin mengotomatisasi border dalam lembar kerja berdasarkan kriteria, bisa langsung mempraktekkannya tanpa membuang banyak waktu dalam mencari informasi sejenis yang banyak beredar di dunia maya.

    Dengan tanpa ada maksud untuk merendahkan kualitas tutorial sejenis yang diulas dan yang sudah banyak beredar tersebut, terkadang beberapa dari mereka hanya sekedar copy-paste dari situs lain demi meningkatkan jumlah pengunjung sebanyak-banyaknya tanpa melakukan uji coba terlebih dahulu terhadap tutorial yang sedang mereka tulis atau bahas di website tersebut. Ini juga tidak membuktikan bahwa tulisan yang sedang anda baca saat ini memiliki kualitas yang lebih baik dari mereka. Akan tetapi, saya berusaha semaksimal mungkin agar apa yang saya tulis dan bahas di setiap tutorial excelive.com, untuk mudah dipahami dan tentunya ada manfaatnya bagi siapa saja yang sedang membaca - yang pada akhirnya bukan saya yang akan mengatakan bahwa situs ini lebih baik dari mereka, tetapi anda.

    Tujuan awal dari apa yang akan saya bahas pada edisi kali ini berkaitan dengan efektifitas dalam memberikan garis pembatas atau yang lebih umum disebut dengan border pada lembar kerja agar bisa dilakukan secara cepat dan otomatis dibuat berdasarkan kriteria yang diinginkan oleh pengguna. Sekilas ketika kita mendengar kata-kata otomatis saat bekerja menggunakan Microsoft Excel, maka dalam pemahaman kita mungkin langsung menuju ke script kode VBA yang cukup kompleks. Tapi untuk kali ini, pemahaman tersebut tidak 100% benar, meskipun sebenarnya bisa saja dilakukan dengan script VBA. Tapi kita akan mencoba sesuatu yang lebih mudah dan sederhana terlebih dahulu, dan yang penting cocok dengan apa yang kita butuhkan.

    Anda juga bisa belajar dan mengkombinasikan tutorial ini dengan tutorial lain yang sudah saya bahas sebelumnya, seperti :
    Menjumlah setiap baris ke-n
    Cara menentukan baris akhir dalam Lembar Kerja Excel
    Menampilkan dan memberikan Ranking Berdasarkan kriteria

    Sebelum mulai belajar membuat garis pembatas otomatis, saya memiliki data penjualan sebuah produk yang masih polos tanpa ada pembatas yang saya tulis di lembar kerja Microsoft Excel. Dan berikut tampilan data yang saya maksud :
    data penjualan

    Versi sederhana dari tutorial ini bisa dilakukan tanpa mengunakan Macro VBA, yakni dengan menggunakan fitur Conditional Formatting persis dengan apa yang sudah saya bahas di tutorial Memberi warna background yang berbeda di setiap sel, hanya saja untuk bagian penulisan formula, ganti dengan formula seperti gambar berikut :
    conditional format
    Salah satu kelemahan menggunakan teknik ini adalah, garis pembatas yang dihasilkan tidak beraturan dan tentunya sangat menggangu dan mengurangi nilai keindahan dari sebuah tabel (gambar sebelah kanan).

    Untuk mengatasi ketidakaturan garis pembatas yang dihasilkan dengan menggunakan fitur Conditional Formatting, saya menggunakan bantuan Macro VBA yang mana rumusnya saya adopsi dari rumus di atas. Untuk melakukan hal ini, silahkan ikuti langkah-langkah pengerjaan berikut :
    1. Buka jendela Microsoft Visual Basic Editor dan buat sebuah module baru
    2. Setelah berhasil membuat module baru, langkah selanjutnya adalah tulis baris kode berikut di dalamnya
      Sub Pembatas()
      Dim a As Variant
      a = Application.WorksheetFunction.Match([F1], Range("A1:D1"), 0)
      Application.ScreenUpdating = False
      Range("A1:K100").Borders.LineStyle = xlNone
      For i = 1 To Range("A1").End(xlDown).Row
      If Cells(i, a) <> Cells(i + 1, a) Then
          With Range("A" & i & ":D" & i).Borders(xlEdgeBottom)
              .LineStyle = xlContinuous
              .Weight = xlMedium
          End With
      Else
          With Range("A" & i & ":D" & i).Borders(xlEdgeBottom)
              .LineStyle = xlContinuous
              .Weight = xlHairline
          End With
      End If
      Next
      
      Application.ScreenUpdating = True
      End Sub
      Penjelasan singkat kode di atas :
      • a
        Adalah sebuah nilai yang digunakan untuk menentukan indeks kolom yang sesuai dengan nilai yang ada di sel F1, sementara isi dari sel F1 dibuat menggunakan Data Validation
      • ScreenUpdating = False
        Baris kode ini bertujuan agar perubahan yang terjadi di layar tidak ditampakkan, sehingga dengan di set FALSE sebelum proses suatu prosedur maka akan menghilang tambahan waktu akibat proses screen updating. Setelah prosedur berakhir, screen updating di set kembali TRUE
      • Range("A1:C100").Borders.LineStyle = xlNone
        Berfungsi untuk menghapus semua border yang terdapat di range A1 sampai dengan C100
      • For i
        Ini adalah fungsi looping untuk membaca mulai baris 1 hingga baris terakhir yang memiliki nilai di sepanjang kolom A
      • If Cells(i, [J1])...
        Ini yang saya maksud dengan rumus yang saya adopsi dari Formula Excel, sementara a adalah sebuah indeks kolom yang saya gunakan untuk menentukan kriteria dalam menentukan garis pembatas.
      • Range("A" & i & ":D" & i).Borders(xlEdgeBottom)
        Digunakan untuk menentukan range yang akan diberi garis pembatas, dengan ketentuan yang ada di dalamnya.
      • xlMedium
        Membuat sebuah garis dengan ukuran medium
      • xlHairline
        Membuat sebuah garis dengan ukuran tipis
    3. Langkah berikutnya, saya menggunakan bantuan fitur Data Validation yang saya difungsikan untuk memilih kriteria garis pembatas, di mana caranya adalah sebagai berikut :
      • Sebagai contoh pilih sel F1 kemudian pilih tab menu Data dan pilih Data Validation
        (jika ingin mengganti alamat sel J1, maka pastikan baris kode Macro VBA sesuai dengan sel yang sudah diganti)
      • Dijendela Data Validation, pilih kategori List yang terdapat di tab setting, sementara untuk source : pilih range A1 hingga C1 dan akhiri dengan tombol OK
        data validation
    4. Untuk langkah ini sifatnya optional karena tujuannya hanyalah untuk mempermudah dalam melihat hasilnya saja, yakni menyisipkan sebuah tombol ActiveX Control yang bisa anda akses melalui menu Developer dan menempatkannya ke dalam lembar kerja Microsoft Excel, sementara untuk baris kode dari tombol ini, bisa anda gunakan script seperti ini
      Call Pembatas
    Penasaran dengan hasil akhir dari tutorial yang cukup panjang ini!!! Silahkan lihat tampilan berikut
    hasil akhir border otomatis

    Akhirnya kita sudah sampai dipenghujung tutorial untuk edisi membuat garis pembatas secara otomatis berdasarkan kriteria tertentu. Mudah-mudahan tutorial ini ada manfaatnya, dan bisa menjadikan situs ini menjadi salah satu parter Microsoft Excel yang terbaik yang selalu menemani anda. Grazie per la visita

    Tutorial ini memuat Macro VBA, jadi pastikan hasil akhir dari tutorial ini disimpan menggunakan format Excel Macro-Enable Workbook
    .xlsm
    atau Excel Binary Workbook
    .xlsb


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger