• Script VBA Untuk Membuat Kode Random (acak) Sederhana Secara Otomatis Seperti Token UNBK

    kode random dengan excel Saat ini khususnya di dunia maya, sudah bukan menjadi hal yang asing bagi kita ketika menemui sebuah tulisan acak yang terkadang susah untuk dibaca namun dituntut untuk menuliskannya kembali agar seorang pengguna bisa menikmati layanan yang disediakan. Tujuannya tidak lain adalah untuk memastikan bahwa yang menulis kode acak tersebut adalah seorang manusia.

    Kode acak yang umumnya menggunakan kombinasi antara huruf dan angka yang muncul di layar secara otomatis (beberapa menyebut istilah ini dengan nama CAPTCHA), memang sangat berguna serta dapat digunakan untuk membantu kebutuhan verifikasi seperti ketika seorang pengguna akan membuat akun email baru, menulis komentar di sebuah situs, hingga akses ke halaman website tertentu yang membutuhkan model keamanan seperti ini - sehingga hanya mereka yang bisa menjawab tantangan kode captcha dengan benar yang bisa masuk. Hal ini tentu memiliki dampak positif yang pada akhirnya menghasilkan kualitas pengunjung yang benar-benar teruji serta dapat digunakan dalam mencegah masuknya spammer yang cukup meresahkan.

    Selain contoh di atas, kode acak bisa juga digunakan untuk berbagai keperluan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing individu. Sebagai seorang programmer, mungkin kode acak digunakan sebagai sebuah password, atau bisa juga digunakan sebagai kode transaksi atau yang sekarang lagi nge-trend adalah digunakan sebagai TOKEN dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebelum siswa/-siswi mulai mengerjakan soal-soal ujian, dan sebagainya.
    Token UNBK

    Terlepas dari kebutuhan masing-masing individu yang berbeda-beda, kali ini excelive akan share sebuah script kode Macro VBA untuk menghasilkan kode acak seperti captcha berbasis Microsoft Excel. Dan untuk edisi kali ini, saya hanya akan memberikan kode VBA yang berfungsi sebagai generator huruf acak saja. Namun sebelumnya, saya telah menyiapkan bahan-bahan untuk tutorial ini antara lain :
    • 1 UserForm dengan name UserForm1
    • 1 TextBox dengan name TextBox1
    • 2 commandbutton dengan name masing-masing CommandButton1 dan CommandButton2
    Dan berikut ini tampilan akhir design dari ketiga bahan di atas yang bisa dibuat di jendela Microsoft Visual basic Editor yang bisa anda akses dengan menggunakan tombol Alt+F11
    Form Captcha Excel
    Setelah berhasil membuat desain seperti tampilan di atas (syukur-syukur jika anda bisa membuat lebih bagus lagi ...:), langkah selanjutnya yang merupakan point penting dari tutorial kali ini adalah memasang baris kode berikut ke dalam masing-masing commandButton.

    COmmandButton1
    Dim tx As String
    Dim i As Integer
    For i = 1 To 7
        tx = Chr(Int((26 - 1 + 1) * Rnd + 65)) & tx
    Next i
    TextBox1 = tx

    COmmandButton2
    Dim tx As String
    Dim i As Integer
    For i = 1 To 7
        tx = Chr(Int((26 - 1 + 1) * Rnd + 97)) & tx
    Next i
    TextBox1 = tx

    Bagian penting dari kedua kode Macro VBA di atas antara lain :
    1. 1 to 7
      Panjang karakter (kode) yang ditampilkan maksimal berjumlah 7 karakter
    2. Rnd + 65
      Format karakter huruf kapital
    3. Rnd + 97
      Format karakter huruf kecil

    Untuk memahami penggunaan karakter dalam pemrograman komputer, silahkan klik di sini untuk membaca tutorial yang terkait.

    Langkah terakhir tentunya adalah menguji kode-kode tersebut dengan cara mengklik ikon di menu bar, atau bisa juga menggunakan tombol F5 yang ada di keyboard anda. Akan tetapi jika anda ingin mengintip hasil akhir dari tutorial ini sebelum memutuskan membuat sendiri, saya sudah menyiapkannya dalam tampilan berikut
    generator huruf excel

    Selamat...anda sekarang sudah berhasil membuat generator huruf acak dari Microsoft Excel yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dan jangan lupa, kunjungi situs ini secara berkala jika tidak ingin ketinggalan tutorial Membuat Kode Acak Kombinasi Antara Huruf Besar, Kecil, dan Juga Angka.

    sebagai penutup untuk tutorial kali ini, saya berharap semoga materi yang saya tulis di atas memberikan manfaat untuk anda, dan semoga excelive bisa tetap memberikan karya terbaiknya serta bisa menjadi partner belajar Microsoft Excel terbaik anda. Vielen Dank

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger