• Panduan Membuat Formula Excel Dalam Mencari Ranking Sesuai Kelompok Tertentu & Bernilai Unik

    ranking unik sesuai kondisi Jika judul dari artikel ini terlalu panjang dan atau mungkin cukup susah dicerna, maka saya akan memecahnya kedalam beberapa point penting yang akan dibahas, antara lain; Membuat atau menentukan Ranking, Kondisi yang mempengaruhi hasil ranking, dan ranking bersifat unik atau tidak ganda. Tiga point penting inilah yang akan menjadi topik utama tutorial xcelive untuk kategori Formula.

    Ranking adalah sebuah urutan yang mengidentifikasikan kedudukan sesuatu dalam sebuah kelompok. Umumnya, dalam menentukan ranking dipengaruhi oleh sebuah nilai berupa angka yang mewakili tinggi atau rendahnya kedudukan tersebut - tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui standing position dari waktu kewaktu. Dan salah satu lembaga yang seringkali menerapkan urutan kedudukan ini adalah lembaga pendidikan.

    Ya, dalam dunia pendidikan, ranking dapat dijadikan sebagai salah satu acuan atau tolak ukur untuk mengetahui perkembangan peserta didiknya dari waktu kewaktu, bagaimana siswa atau siswi tersebut dalam menerima atau mencerna pelajaran yang diberikan selama berada di bangku sekolah atau kuliah - sehingga kedepannya, diharapkan dapat membantu pihak-pihak terkait dalam menentukan langkah yang tepat.

    Baca artikel terkait lainnya
    Ingin Menghasilkan Nilai Rata-rata yang Berbeda?
    Menjumlahkan Nilai Meskipun Salah Dalam Menuliskan Format Angka
    Solusi Handal Dalam Melakukan Pencarian Data

    Dalam menentukan urutan kedudukan (baca:ranking) para peserta didik. Sekolah biasanya memberlakukan test atau ujian kepada mereka. Kemudian dari nilai-nilai yang terkumpul dari seluruh peserta didik, selanjutnya diolah untuk mengetahui siapa yang berada di kedudukan tertinggi atau terendah, sehingga siswa yang memperoleh nilai total tertinggi dalam setiap mata pelajaran yang diujikan, ia berkesempatan untuk mendapat kedudukan yang tertinggi pula, dan berlaku sebaliknya. Sementara untuk urusan mengolah data, hampir setiap sekolah mayoritas menggunakan aplikasi Microsoft Excel - karena aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menghitung dan menentukan ranking dengan cepat, yakni dengan menggunakan Formula yang disebut dengan RANK.

    Coba perhatikan daftar kumpulan nilai yang ada di salah satu lembaga berikut:
    Daftar kumpulan nilai

    Jika anda memperhatikan dengan seksama kumpulan data di atas, dan jika anda memutuskan untuk mengetahui ranking peserta didik dengan dasar total nilai dengan menggunakan Formula RANK yang cukup fenomenal - maka, ada dua nama yang akan mendapat ranking yang sama. Ya, mereka adalah Bima dan Hilman, karena keduanya memiliki total nilai yang sama yakni 130. Sementara siswa yang akan dinobatkan sebagai Bintang Kelas adalah Farah, karena ia memperoleh nilai tertinggi diantara teman-temannya. Namun sayangnya, Farah bukanlah satu-satunya bintang kelas dalam daftar kumpulan nilai di atas, ada Aleya dan juga Dirly yang masing-masing meraih total nilai tertinggi di masing-masing tingkat.

    Mungkin anda berfikir kalau harusnya data tersebut dipisah antar tingkat dan diletakkan dalam sheet atau lembar kerja yang berbeda sehingga lebih mudah dalam menentukan ranking. Ughh....sayangnya, format daftar kumpulan nilai di atas sudah paten dan tidak diperkenankan untuk mengubah format. Anda hanya diperkenankan mengisi Total Nilai serta menulis Rumus mencari ranking saja, tidak lebih dari itu. Memang sih terdengar agak sedikit memaksa, tapi dalam suatu kondisi tertentu mungkin memang begitulah adanya.

    Nah, jika anda pernah atau barangkali sekarang sedang menghadapi problematika seperti cerita (fiksi) di atas, maka anda harus menanggalkan Formula RANK yang cukup fenomenal itu, dan beralih ke Formula COUNTIFs.

    Apa.....
    Bagaimana bisa Formula COUNTIFs digunakan untuk mencari ranking, ngigau ya...!!!

    Hahaha...Nggak.
    Memang formula RANK cukup efektif digunakan jika data-data yang terkumpul berada dalam satu kelompok, misal kelompok tingkat 7 berada di sheet yang berbeda dengan kelompok tingkat yang lainnya. Namun jika sudah terlanjur membuat data seperti tampilan di atas dan mungkin data tingkat dituliskan secara tidak berurutan, maka so pasti Formula RANK tidak akan mampu menjawabnya. Dan seperti yang saya tulis di atas, beralihlah ke formula COUNTIFs!

    Jika masih belum percaya, silahkan anda tuliskan (copy-paste saja biar cepat) Formula berikut ke dalam sel D5, selanjutnya tinggal lakukan copy Cells ke sel yang lain.
    FORMULA MICROSOFT EXCEL
    =COUNTIFS($B$5:$B$13;$B5;$C$5:$C$13;">"&C5)+
    COUNTIFS($B$5:$B5;$B5;C$5:C5;C5)


    Singkatnya, formula di atas memiliki susunan sebagai berikut :
    1. COUNTIFS yang pertama berfungsi untuk menghitung berapa banyaknya jumlah sel yang memuat angka 7 dan total nilai lebih besar dari 141 (hasilnya = 0)
    2. COUNTIFS yang kedua memiliki fungsi menghitung berapa banyaknya sel yang memuat angka 7 dan total nilainya sama dengan 141 (hasilnya = 1)
    3. Jika kedua formula ini ditambahkan maka hasilnya adalah 1. dan seterusnya...

    Perhatikan perbedaan hasil akhir dari kedua formula berikut:
    Ranking siswa dengan formula COUNTIFS

    Selamat... anda sudah berhasil mengganti Formula RANK dengan COUNTIFS untuk menentukan peringkat dalam sebuah kelas berdasarkan kelompok atau kategori tertentu. Semoga, tutorial ini bisa menambah wawasan serta membantu anda dalam mengolah data Microsoft Excel.
    Jangan lupa, silahkan bookmark situs ini agar anda mudah mengunjungi kami lain waktu. Merci de votre visite

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger