• Memberikan Warna yang Berbeda di Setiap Sel itu mudah! Dengan Menggunakan Conditonal Formatting

    colorful background Ini merupakan edisi lain dari excelive dalam membahas tutorial yang menggunakan Conditional Formatting, jadi semoga bisa menambah perbendaharaan serta variasi tutorial dan bisa menjadi salah satu pilihan situs alternatif terbaik untuk anda yang mengupas tuntas tentang kehebatan Microsoft Excel.

    Oke, kita mulai dengan mengenal terlebih dahulu apa itu Conditional Formating.
    Sesuai dengan namanya, jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia maka ia mempunyai makna "Memberikan format tertentu jika suatu kondisi terpenuhi". Kondisi-kondisi yang disediakan dalam fitur Conditional Formatting ditentukan berdasar sebuah aturan seperti:
    • Memformat semua sel berdasarkan nilai yang ada didalamnya
    • Memformat sel yang memiliki nilai tertentu
    • Memformat sel yang memiliki nilai terendah atau tertinggi saja
    • Memformat sel yang berisi nilai ganda atau unik
    • Menggunakan formula excel untuk menentukan sel mana yang akan di format

    Dari beberapa pilihan aturan yang sudah saya sebutkan di atas, barangkali beberapa di antaranya sudah sering anda gunakan untuk menandai sel-sel yang sesuai dengan kebutuhan. Nah, untuk tutorial ini saya akan mengenalkan kepada anda cara menggunakan formula excel dan menggabungkannya ke dalam Conditional Formatting untuk memformat beberapa sel yang sesuai dengan kriteria.
    Dan skenario yang akan kita coba jalankan adalah seperti berikut :
    Memberikan warna sel yang berbeda antara sel yang memuat nilai ganjil dan genap dalam rentang atau range tertentu
    Untungnya dalam Microsoft Excel sudah disediakan formula yang berfungsi untuk membaca nilai ganjil atau genap, sehingga membuat pekerjaan mewarnai ini menjadi lebih mudah. Dan formula yang dimaksud adalah :
    • =ISEVEN(alamat_range)
      digunakan untuk mengecek apakah sel berisi nilai GENAP
    • =ISODD(alamat_range)
      digunakan untuk mengecek apakah sel berisi nilai GANJIL

    Sekarang saatnya mengaplikasikan formula-formula tersebut ke dalam lembar kerja Microsoft Excel, dan berikut langkahnya :
    1. Sorot beberapa sel, contoh sel A1 sampai dengan sel D10 yang akan diberikan efek warna, kemudian pilih ikon Conditional Formatting dan kemudian pilih New Rule
      Conditional Formatting Menu
    2. Di jendela "New Formatting Rule" pilih aturan "Use a formula...." kemudian isikan formula excel di kotak yang telah disediakan
      FORMULA MICROSOFT EXCEL
      =ISODD(A1)
      Lanjutkan dengan klik Format untuk menentukan warna
      Formula Conditional Formatting
    3. Ulangi langkah no.2 akan tetapi ganti formulanya menjadi seperti ini
      FORMULA MICROSOFT EXCEL
      =ISEVEN(A1)
      Kemudian lanjutkan klik tombol Format untuk menentukan warna yang berbeda dari langkah ke 2
    4. Tambahkan aturan baru yang berisi formula =IF(A1="";1;0) akan tetapi jangan berikan format cells, hal ini bertujuan agar sel yang kosong tidak ditandai sebagai nilai genap. Jangan lupa juga klik atau centang bagian "Stop If True" untuk aturan ini.

    Waktunya untuk menguji warna-warna ini apakah berlaku jika sel berisi angka genap atau ganjil?. Dan berikut ini hasil akhir yang berhasil saya lakukan dengan Contional Formatting.


    Bagaimana jika kriterinya bukan angka, melainkan sebuah teks?
    Jawabannya tentu saja tidak bisa menggunakan kedua formula tersebut - karena keduanya hanya berlaku untuk membaca nilai berupa angka ganjil dan genap. Maka untuk menjawab pertanyaan ini, solusinya adalah dengan menggunakan formula lain, dan untuk kasus ini Formula IF adalah pilihan yang tepat.
    =IF(A1="teks";TRUE;FALSE)
    Formula ini adalah kebalikan dari formula sebelumnya. Untuk menggunakannya, silahkan baca kembali langkah-langkah di atas.

    Selamat.... sekarang anda sudah mengetahui bagaimana memberikan warna yang berbeda di setiap sel dengan mudah dan cepat menggunakan fitur Conditional Formatting. Semoga tutorial kali ini cukup menyenangkan dan mudah di pahami. Danke

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues, such as the following :
    Macro VBA Excel Functions Custom UDF many more...
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger