• Cara Mendeteksi Nilai Ganjil atau Genap Dengan Macro VBA Excel

    Mencari angka ganjil genap dengan VBA Jika ada cara yang mudah untuk dilakukan, ngapain harus menempuhnya dengan cara yang sulit?. Barangkali ini adalah sebuah kalimat pembuka yang sesuai untuk tutorial kali ini.

    Ya, memang dalam Microsoft Excel ada sebuah pandangan atau pola berfikir bahwa kebutuhan mengolah angka harusnya bisa diselesaikan hanya dengan menggunakan Formula, akan tetapi jika dengan menggunakan cara ini tidak berhasil menyelesaikan masalah dalam hal mengolah angka tersebut, maka pilihannya akan jatuh pada Macro VBA, dan untuk pilihan Macro VBA bukan sebuah keharusan atau kewajiban. Mungkin gagalnya menyelesaikan masalah tersebut terletak pada ketidaktahuan pengguna semata. Sementara bagi beberapa pengguna Microsoft Excel lainnya, mereka memiliki anggapan bahwa antara Formula Microsoft Excel dan Macro VBA adalah saling melengkapi.

    Contoh yang paling simpel yang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan Formula Excel adalah ketika kita ingin mendeteksi apakah nilai yang terdapat dalam sebuah sel berisi nilai ganjil atau genap. Menyelesaikan kasus seperti ini memang sangat cepat dan sangat mudah dilakukan dengan menggunakan Formula, karena Microsoft Excel sudah menyediakan formulanya.

    Untuk mendeteksi nilai genap, maka formula yang digunakan adalah =ISEVEN, sementara untuk mendeteksi sebuah sel yang berisi nilai ganjil menggunakan =ISODD. Contoh penggunaannya seperti gambar berikut :
    formula cek ganjil-genap
    Kedua formula tersebut akan menghasilkan nilai TRUE jika sel tersebut memuat informasi yang terkait, dan akan menghasilkan nilai FALSE jika salah.

    Sederhananya penulisan kedua formula di atas, ternyata tidak berlaku jika anda ingin mendeteksi nilai ganjil atau genap menggunakan Macro VBA. Dan setidaknya, anda harus sedikit memiliki modal pengetahuan tentang Logika IF jika ingin tetap melakukannya melalui Macro VBA. Untungnya saya sudah menyiapkan beberapa baris Macro VBA yang bisa anda coba untuk mendeteksi nilai ganjil atau genap.
    Sub ganjil_genap()
    For i = 3 To [a3].End(xlDown).Row
    If Cells(i, 1) Mod 2 = 0 Then
        MsgBox "Sel A" & i & " (" & Cells(i, 1) & ") = Genap"
        Else
        MsgBox "Sel A" & i & " (" & Cells(i, 1) & ") = Ganjil"
    End If
    Next
    End Sub
    Parameter penting dari script kode di atas terletak pada operator MOD. Salah satu jenis operator yang juga terdapat di formula Excel ini digunakan untuk membagi dua angka dan hanya mengembalikan sisanya sebagai hasil akhir, dengan kata lain operator ini saya fungsikan untuk mendeteksi nilai tersebut ganjil atau genap. Sementara untuk hasil yang didapatkan dari operator MOD adalah berupa angka. Lebih jelasnya, lihat bagaimana menggunakan Formula ODD dalam lembar kerja Microsoft Excel berikut :
    Formula

    Kenapa hasilnya berupa angka 0 dan 1 ? Bagaimana cara menghitungnya!!
    Salah satu penyebabnya dikarenakan saya menggunakan angka 2 sebagai pembaginya, tujuannya adalah hasil yang nantinya didapatkan berupa dua angka saja, yakni angka 0 dan 1. Bagaimana cara kerja operator atau formula MOD ini?, Ok, kita ambil salah satu baris dari gambar di atas, sebagai contoh baris ke 4 yang memuat nilai 20, dan penyelesaiannya adalah seperti berikut :
    =20-2*(pembulatan dari hasil(20/2)
    =20-2*10
    =20-20
    =0
    Sekarang mari kita coba dengan baris yang lain, ambil contoh baris ke-7 yang berisi angka 59, dan cara menghitungnya sama dengan cara di atas ya.
    =59-2*(pembulatan dari hasil(59/2)
    =59-2*29
    =59-58
    =1

    Dalam script kode Macro VBA yang saya tulis di atas, syntax penulisan operator MOD tidak seperti ketika kita menulisnya di lembar kerja Microsoft Excel sebagai formula, ada sedikit perbedaan dalam hal menaruh angka yang ingin di bagi dan angka pembaginya - sehingga jika Formula Mod diterjemahkan ke dalam Macro VBA, maka syntax penulisannya akan menjadi seperti 59 Mod 2.

    Dan akhirnya, hasil kode Macro VBA di atas yang sudah lulus uji akan tampak seperti tampilan di bawah ini :
    ganjil genap Macro VBA

    Selamat...anda sudah berhasil mengecek sebuah nilai ganjil atau genap yang terdapat di lembar kerja menggunakan Macro VBA excel. Semoga tutorial edisi kali ini membawa manfaat untuk anda. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs ini secara berkala agar anda tidak ketinggalan tutorial Microsoft Excel lainnya. Gracias

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger