• Teknik Ini Bisa Anda Gunakan Untuk Menghitung Jumlah Kata Yang Muncul Dalam Setiap Sel

    formula menghitung kata Sebenarnya sudah banyak tutorial tentang bagaimana cara menghitung jumlah karakter atau kata di Microsoft Excel yang beredar di dunia maya, baik yang menggunakan formula excel, Macro VBA, dan bahkan ada yang menggunakan kombinasi antara keduanya. Semuanya memiliki hasil akhir yang sama, yakni menghitung berapa banyaknya kata tertentu yang muncul dalam sebuah sel.

    Dengan hanya menggunakan modal 2 buah formula yang dikombinasikan dengan beberapa operator matematika, kita sudah bisa melihat hasil dari jumlah karakter (huruf) atau kata yang dimaksud. Dan inilah gabungan formula yang saya maksud :
    Fungsi Microsoft Excel
    =(LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(A1;"excel";)))/LEN("excel")
    Terjemahan dari baris kode di atas secara sederhananya adalah seperti berikut :
    Menghitung jumlah karakter yang ada di sel A1 kemudian di kurangi dengan jumlah karakter SELAIN kata yang ingin dicari (termasuk spasi), dan langkah terakhir adalah membaginya dengan panjang karakter atau kata yang diinginkan. Bingung?? bagaimana jika diterjemakan ke dalam skema gambar berikut :
    hitung kata

    Dari sekian banyaknya situs atau blog yang memposting artikel atau tutorial tentang cara menghitung jumlah kata di excel, beberapa di antaranya menggunakan formula di atas meskipun ada beberapa di antaranya yang menggunakan kombinasi formula yang berbeda - namun tetap menghasilkan nilai yang sama. Dan jika anda memasukkan kata kunci "cara menghitung jumlah kata di excel" di google, anda akan di berikan jawaban atau sekitar 180 ribuan website yang memuat informasi terkait kata kunci yang anda ketikkan dan excelive.com termasuk di dalamnya. Lihat hasil pencarian dengan kata kunci yang saya lakukan berikut
    hasil pencarian google

    Bagaimana hasilnya jika menggunakan kata pencarian dalam bahasa inggris?!... silahkan anda temukan sendiri jawabannya.

    Beberapa paragraf yang saya tulis di atas boleh dikatakan sebagai pembuka dari tutorial inti kita kali ini, dengan tujuan agar anda lebih paham menggunakan kombinasi beberapa formula untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dan tentu saja saya tidak ingin memberikan atau berbagi sesuatu yang sudah ada dan sangat banyak dibagikan (posting) oleh website lainnya.

    Apa yang akan saya share kali ini adalah cara alternatif lain dalam menghitung berapa banyaknya kata atau karakter yang muncul dalam sebuah sel dengan menggunakan Custom Function (UDF - User Defined Function), yakni sebuah fungsi atau formula yang di buat sendiri dengan menggunakan bantuan Macro VBA. Dan berikut ini langkah-langkahnya:
    1. Buka aplikasi Microsoft Excel jika belum aktif
    2. Setelah aplikasi terbuka, silahkan tekan kombinasi tombol Alt+F11 di keyboard anda untuk langsung menuju jendela Visual Basic Editor
    3. Di jendela Visual Basic Editor, awali dengan membuat module baru dengan cara klik menu Insert kemudian klik menu Module
      insert module
    4. Setelah berhasil membuat module baru yang masih kosong, langkah selanjutnya adalah ketikkan (copy-paste aja biar cepat...!) kode berikut ini di dalamnya
      Function Hitung(xRange As Range) As Long
      kata = Application.InputBox("Kata yang ingin di cari", "Cari apa ya?")
      
          For Each xSel In xRange
              hasil = (Len(xSel) - Len(Replace(xSel, kata, ""))) / Len(kata)
          Next xSel
          Hitung = hasil
      End Function
    5. insert custom function
    6. Tutup jendela Microsoft Visual Basic Editor dengan menekan tombol X yang ada di pojok kanan atas jendela aplikasi ini atau bisa juga menggunakan kombinasi tombol Alt+Q di keyboard anda agar langsung menuju ke aplikasi Microsoft Excel.

    Ok, sekarang saatnya kita menggunakan fungsi baru yang tidak di miliki oleh Microsoft Excel yang bernama Fungsi Hitung. Namun sebelum menggunakannya, silahkan tulis beberapa kata atau kalimat di sel A1 atau sel lainnya kemudian silahkan ketikkan formula baru ini di sel B1 atau sel lainnya, dengan syntax penulisan seperti berikut :
    Fungsi Microsoft Excel =Hitung(A1)
    Dan inilah hasil akhirnya :
    udf-hitung kata di excel

    Sekarang anda sudah mengetahui bagaimana teknik lain untuk menghitung jumlah kata atau karakter yang terdapat di sebuah sel dengan menggunakan fungsi custom.
    Terimakasih anda sudah berkunjung di portal pembelajaran Microsoft Excel bersama excelive.com. Silahkan bookmark situs ini untuk memudahkan anda ketika mengunjungi kami lain waktu. Gracias

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger