• Silahkan Gunakan Formula INDIRECT Jika Ingin Mengumpulkan Data Antar Lembar Kerja Secara Cepat

    collecting data Tujuan dari hadirnya Microsoft Excel adalah untuk mempermudah pengguna dalam mengolah data, sehingga diharapkan suatu pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif lebih cepat. Ketidak-tahuan atau kurangnya memahami kegunaan formula Excel tentu saja mempengaruhi kecepatan proses menyelesaikan sebuah pekerjaan, dan ini akan berakibat pada turunnya reputasi seorang pengguna, terlebih jika ia bekerja sebagai seorang admin yang dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang cepat.

    Memang tidak ada sebuah keharusan bahwa seorang admin harus menguasai seluruh formula yang tersedia di dalam Microsoft Excel, akan tetapi jika bekerja sebagai seorang admin maka setidaknya menguasai sekitar 15% sampai 20% saja bisa dibilang lebih dari cukup, atau sekitar 50-an Formula dari total sekitar 340 Formula yang tersedia di Microsoft Excel versi 2007 yang terbagi dalam kategori sebagai berikut :
    No Kategori Jumlah Formula
    1 Financial 53
    2 Date & Time 20
    3 Math & Trig 60
    4 Statistical 83
    5 Lookup Reference 18
    6 Database 12
    7 Text 12
    8 Logical 7
    9 Information 17
    10 Engineering 39
    11 Cube 7

    Formula yang akan di bahas pada tutorial ini ada pada bagian kategori Lookup & Reference dan berada satu kelas dengan formula INDEX, MATCH, VLOOKUP, serta Formula Lookup lain yang umum digunakan.

    Apa sebenarnya fungsi dan kegunaan dari formula Indirect ini ?
    Secara umum kegunaan formula ini adalah membaca referensi sel dari sebuah teks yang diberikan. Silahkan lihat tabel data yang saya miliki berikut ini :
    data Indirect excelive
    Sekarang coba ketikkan formula INDIRECT seperti berikut dan letakkan di sel D1
    FORMULA MICROSOFT EXCEL
    =INDIRECT("C2")
    Hasil yang didapatkan dari formula di atas adalah kata "selasa" hal ini disebabkan karena formula diatas "dipaksa" untuk membaca isi dari sel C2. Sementara penulisan alamat sel harus di apit dengan tanda petik, yang menandakan bahwa nilai tersebut adalah sebuah teks sesuai dengan aturan yang diberikan oleh formula INDIRECT yang hanya bisa menerima referensi berupa teks atau string.

    Model formula INDIRECT lain yang bisa digunakan adalah seperti ini
    FORMULA MICROSOFT EXCEL
    =INDIRECT("Sheet2!C2")
    Seperti pada penulisan formula sebelumnya, hanya saja pada bagian ini formula akan membaca sel C2 yang terdapat di lembar kerja Sheet2. Hal ini cukup efektif digunakan ketika anda menginginkan hasil yang ingin ditampilkan berada di sel atau lembar kerja lain.

    Konsep penulisan rumus di atas dapat diperluas lagi guna menampilkan ringkasan semua data di semua lembar dalam buku kerja Excel, akan tetapi memiliki beberapa keterbatasan karena nilai-nilai dalam formula di atas ditulis secara langsung dalam satu rangkaian yang tentunya tidak bersifat dinamis, serta keharusan untuk menuliskan semua data dalam format yang sama antar lembar kerja.

    Oke sekarang kita akan coba untuk memodifikasi formula ini ke tingkat yang lebih lanjut lagi, di mana skenario yang ingin saya coba jalankan adalah seperti ini :
    Mengumpulkan dan kemudian menjumlahkan nilai-nilai yang berada di lembar kerja lain dalam satu lembar kerja berdasakan kriteria yang sudah ditentukan.

    Coba perhatikan beberapa data yang saya miliki dalam tiap lembar kerja Microsoft Excel Berikut :
    kumpulan nilai antar sheet

    Agar tidak bolak-balik membuka antar lembar kerja untuk melihat nilai setiap siswa, maka saya berencana untuk mengumpulkannya ke dalam satu lembar kerja agar lebih enak dipandang dan mudah dalam pengolahannya.
    Dan format lembar kerja sebagai tempat berkumpulnya nilai-nilai tersebut kurang lebih tampak seperti ini
    rekap kumpulan nilai

    Ok, tugas yang harus dilakukan adalah menuliskan rumus atau formula yang terdapat di kolom B hingga kolom D. Sementara untuk mengisi kolom E (Total Nilai) saya yakin 100% anda pasti dapat dengan mudah menyelesaikannya.

    Untuk menyelesaikan kasus ini, dalam rangka mengumpulkan nilai ke dalam satu lembar kerja, saya hanya akan menuliskan satu buah rumus saja yang saya letakkan di sel B4 untuk selanjutnya tinggal di copy-paste saja ke sel-sel yang diinginkan. Dan formulanya adalah sebagai berikut :
    FORMULA MICROSOFT EXCEL
    =SUMIF(INDIRECT("'"&B$3&"'!A:A");$A4;INDIRECT("'"&B$3&"'!B:B"))
    Secara singkatnya formula di atas dapat dijabarkan sebagai berikut :
    • B$3 adalah Nama Lembar kerja yang berisi nilai
    • A:A adalah nama kolom yang memuat nama siswa
    • $A4 adalah sebuah kriteria berupa nama siswa, dan
    • B:B adalah nama kolom dalam sheet yang perlu dijumlahkan.
    Dari penulisan beberapa alamat sel di atas, terdapat beberapa yang dituliskan menggunakan acuan semi absolut, hal ini bertujuan agar nantinya ketika formula ini di copy-paste ke sel lain, alamat yang dimaksud tidak ikut berubah.

    Dan seperti biasa, untuk melengkapi setiap tutorial yang disediakan di excelive.com, saya akan menampilkan hasil akhirnya seperti berikut :
    Menggunakan Formula Indirect Untuk Mengumpulkan Data

    Finish....
    Terimakasih anda sudah berkunjung dan belajar bersama kami. Jangan lupa silahkan kunjungi kami lain waktu untuk menemukan kehebatan Microsoft Excel lainnya bersama excelive.com. Adios

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger