• Saya Berhasil Menjumlahkan Nilai Meskipun Salah Dalam Menuliskan Format Angka

    failure Ah...namanya juga manusia pasti sering melakukan kesalahan, bahkan perlu dipertanyakan jika seseorang tidak pernah berbuat salah. Barangkali inilah kalimat yang cocok dalam mengawali postingan kali ini dengan tanpa ada maksud untuk melakukan pembelaan diri... :). Di dalam beberapa kajian sering diungkapkan bahwa Manusia adalah tempatnya salah dan lupa, maka pantaslah predikat itu selalu melekat pada diri manusia.

    Di samping diberikan kesempurnaan, manusia juga diberikan kelemahan yang senantiasa selalu mendampinginya, dan dengan kelemahan yang dimiliki manusia itulah tentu sangat berpotensi melakukan kesalahan-kesalahan. Dan ketika manusia berbuat salah maka sesungguhnya ia telah berjalan ke arah yang menjauhi jalan yang telah ditentukan. Nah untuk bisa berjalan lagi di jalur yang benar maka ia harus "kembali" dengan cara tidak akan mengulangi kesalahan tersebut baik dilakukan secara mandiri atau mungkin dengan bantuan orang lain.

    Mungkin 2 paragraf di atas terdengar agak sedikit seperti ceramah, akan tetapi memang itulah kenyataannya. Lantas apa hubungannya dengan Microsoft Excel ?!

    Sebagai seorang pengguna aplikasi Microsoft Excel (bahkan aplikasi lainnya), mungkin beberapa kali kita melakukan kesalahan yang dilakukan tanpa ada unsur kesengajaan (baca: manusiawi) - yang berakibat pada gagalnya proses pengolahan data.

    Saya akan berikan contoh kasus sederhana pengolahan data seperti berikut :
    1. 1 + 1 = 2 adalah contoh pengolahan data yang bisa dilakukan dan menghasilkan nilai benar
    2. 1 + 1 2 = ? adalah salah satu contoh kesalahan yang kita lakukan dalam menginput parameter nilai, di mana salah satu nilai memiliki karakter spasi yang mungkin tanpa sengaja kita ketik.
    Jika contoh di atas di terjemahkan dalam bahasa Microsoft Excel, maka kurang lebih akan tampak seperti berikut :
    error value
    Pesan error berupa #VALUE memiliki arti bahwasanya terdapat nilai yang tidak bisa diolah dengan menggunakan operator yang semestinya, dan untuk contoh kasus di atas adalah nilai-nilai yang terdapat di kolom B memiliki karakter berupa spasi sehingga menyebabkan angka tersebut dibaca sebagai sebuah teks.

    Untuk "kembali" dari kesalahan yang telah kita buat, saya akan perkenalkan kepada anda sebuah parameter yang dapat digunakan untuk memperbaikinya, yakni parameter VAL yang memiliki fungsi untuk mengembalikan angka yang terdapat dalam string sebagai nilai numerik, dan penggunaannya berada dalam serangkaian kode Visual Basic (VBA) bukan sebagai Formula Excel.

    Ok. mari kita coba menyelesaikan kesalahan yang ditampilkan di gambar atas dengan menggunakan parameter VAL. Dan karena parameter VAL merupakan salah satu perintah yang ada di dalam VBA, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka jendela Microsoft Visual Basic Editor dengan cara menekan tombol ALT + F11 yang ada di keyboard anda. Selanjutnya ikuti panduan berikut :
    1. Pastikan anda sekarang sudah berada di jendela Microsoft Visual Basic Editor
    2. Klik menu Insert kemudian pilih perintah Module, hal ini bertujuan untuk membuat sebuah module baru dalam serangkaian kode macro VBA anda
    3. di dalam jendela module, silahkan ketik baris kode seperti ini
      Sub HitungVAL()
      For i = 1 To Range("A1").End(xlDown).Row
          Cells(i, 4) = Cells(i, 1) + Val(Cells(i, 2))
      Next
      End Sub
      • Saya menggunakan pendekatan loop dikarenakan data yang disediakan berada di dalam rentang atau baris ke-1 hingga ke-4, bahkan mungkin bisa ditambah lagi record-nya.
      • Sementara kode inti dari kode VBA di atas terletak di baris ke-3 yang mana jika di terjemahkan secara gamblang akan memiliki arti seperti ini; D1=A1+B1, di mana nilai baris akan terisi secara otomatis sesuai dengan nilai yang sudah di tentukan dalam variabel for i.
      • Jika anda perhatikan dengan seksama ada sedikit perbedaan dalam pengolahan data di atas yakni, sel yang terdapat di kolom B ditulis di dalam paremeter VAL. Sehingga hasil pembacaan kode menjadi D1=A1+VAL(B1)
    4. Silahkan coba jalankan kode ini dengan menekan tombol yang terdapat di menubar
    5. Finish

    Untuk hasil akhir dari kode Macro VBA ini, silahkan lihat demonstrasi berikut
    Val parameter
    Akhirnya...kesalahan berhasil diperbaiki.
    Terimakasih sudah berkunjung di situs pembelajaran Microsoft Excel - bersama excelive.com, semoga pelajaran kali ini cukup menyenangkan dan mudah untuk dipahami. See you soon

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger