• 2 Rumus Excel Ini Bisa Digunakan Untuk Menampilkan Abjad Kolom

    menampilkan abjad kolom Kolom atau jika ditulis dalam bahasa inggris Column adalah sebuah kotak-kotak atau lajur yang tersusun secara menurun yang umumnya di tulis atau diwakili dengan sebuah abjad mulai dari A hingga abjad XFD, dan jika di jumlahkan mencapai 16.384 kolom. Sungguh sebuah jumlah yang cukup luar biasa yang diberikan oleh Microsoft Excel dalam memanjakan penggunanya dalam mengolah angka.

    Secara umum, lebar standard dari setiap kolom dalam Microsoft Excel adalah 8.43 karakter; Namun, lebar sebenarnya yang Anda lihat di layar berbeda-beda, tergantung pada lebar font yang ditetapkan atau digunakan dalam lembar kerja Anda. Dengan kata lain, Mengubah default font juga mengubah lebar kolom. Jadi jika kita menemui sebuah angka 8.43 untuk lebar kolom dalam lembar kerja Excel, itu bukanlah menggunakan satuan cm, pixel, atau yang lainnya, melainkan karakter.

    Dalam menulis sebuah formula Excel, seringkali kita menggunakan indeks atau angka yang digunakan untuk menunjukkan kolom yang dimaksud dan bukan dengan menuliskannya dalam abjad. Sebagai contoh, kolom F jika ditulis menggunakan indeks kolom maka akan bernilai 6, sementara kolom ABC jika ditulis menggunakan angka maka nilainya adalah 731, dan seterusnya.

    Nah, formula sederhana dalam mengubah kolom-kolom tersebut menjadi sebuah angka adalah dengan menuliskan rumus berikut ke dalam sebuah sel yang diinginkan
    =COLUMN()
    Jika formula di atas anda tulis di kolom A, maka akan menghasilkan nilai 1 dan jika anda menuliskannya di kolom CCC maka akan menghasilkan nilai 2109, dan seterusnya. Atau jika anda ingin menuliskan di kolom atau sel A1 akan tetapi menghasilkan nilai kolom 15000 maka anda dapat memodifikasinya seperti berikut
    =COLUMN(VDX1)

    Pertanyaan berikut yang mungkin muncul dalam benak anda adalah
    Bagaimana jika menginginkan nilai yang muncul berupa abjad dan bukan sebuah angka?

    Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jumlah abjad yang kita kenal adalah sejumlah 26 yang dihitung dari abjad A hingga abjad Z, dan Formula berikut ini bisa menjawab pertanyaan di atas HANYA untuk 26 abjad pertama
    =CHAR(COLUMN()+64)
    Apa arti angka 64 dalam baris kode di atas?

    Sebelum menjawab arti dari nilai 24, saya akan jelaskan terlebih dahulu tentang standar pengkodean karakter atau yang lebih umum dikenal dengan istilah ASCII.
    ASCII atau American Standard Code for Information Interchange (Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi) merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode. Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Abjad A sampai dengan Abjad Z, jika mengacu ke standar ASCII, maka penulisan atau kodenya di mulai dari angka 65 sampai dengan angka 90.

    Kode ASCII merepakan kode yang digunakan untuk merepresentasikan huruf, angka dan symbol ke dalam bahasa komputer. Misal kode 65 mewakili karakter 'A', dan kode 90 menghasilkan karakter 'Z'. Biasanya kode ASCII sangat di perlukan dalam dunia programming.

    Kembali ke pertanyaan,
    Kenapa menggunakan angka 64 dalam baris kode di atas dan bukan angka 65
    Jawabannya adalah, karena sebelum penulisan parameter ini terdapat sebuah formula COLUMN() yang secara tunggal ia akan menghasilkan angka 1. Jadi jika dibaca secara keseluruhan maka 1 + 64, hasilnya adalah 65 (karakter awal dalam alphabet).

    Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwasanya kode atau rumus ini hanya berlaku untuk menampilkan abjad 26 kolom pertama atau dari abjad A sampai dengan Z.
    Apa yang terjadi jika lebih dari itu, apakah hasilnya error!!!

    Bukan error, melainkan karakter yang ditampikan bukan sebuah huruf alphabet. Lihat tabel kode ASCII berikut :
    tabel ascii
    untuk lebih jelasnya, lihat hasil yang di dapatkan dari pengaplikasian rumus di atas dalam lembar kerja berikut :
    hasil char ascii

    Ok. Terus bagaimana solusinya ?! Apakah memang tidak bisa menghasilkan nilai berupa abjad setelah kolom atau abjad Z jika mengacu kepada aturan pengkodean standard ASCII ?!
    Jawabannya tentu saja bisa, hanya saja formula yang digunakan bukan 2 formula di atas. Dan berikut ini formula yang bisa anda gunakan, silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan anda.

    formula 1
    Formula yang pertama, saya melakukan gabungan dari 4 buah formula sekaligus, antara lain;
    • LEFT : saya fungsikan untuk membaca hasil pencarian dari sebelah kiri
    • ADDRESS : berfungsi untuk membaca alamat sel yang terdiri atas kolom dan baris
    • COLUMN : bertujuan untuk menghasilkan nilai kolom berupa angka
    • LEN : menghitung jumlah karakter yang dihasilkan
    Hasil akhir dari kombinasi beberapa formula ini adalah sebagai berikut :
    =LEFT(ADDRESS(1;COLUMN();4);LEN(ADDRESS(1;COLUMN();4))-1)
    Formula induk dari rumus di atas adalah formula LEFT, di mana secara umum sytax penulisannya dibagi menjadi dua bagian yakni
    1. lokasi atau teks yang ingin di baca
      pada bagian ini berisi formula yang berfungsi untuk menghasilkan nilai berupa teks dari baris dan kolom yang sudah di tentukan
    2. jumlah karakter yang ingin di tampilkan
      isi formula pada bagian ini memiliki struktur yang sama persis dengan bagian pertama
    Pada bagian akhir dari formula pertama ini terdapat parameter - 1, berfungsi untuk menghilangkan angka yang terdapat di dalam penulisan alamat sel. Sehingga hasil akhirnya berupa huruf yang mewakili kolom saja.

    formula 2
    Formula yang kedua bisa dikatakan sedikit simple dari yang pertama karena hanya membutuhkan 3 buah formula saja, antara lain:
    • SUBSTITUTE : berfungsi untuk merubah teks hasil pencarian
    • ADDRESS dan COLUMN : yang memiliki fungsi seperti penjelasan di atas
    Dan jika ketiga formula ini digabungkan akan terlihat seperti berikut:
    =SUBSTITUTE(ADDRESS(1;COLUMN();4);1;"")
    Selamat.... anda sekarang sudah bisa menghasilkan abjad dari setiap kolom Microsoft Excel tanpa dibatasi dengan jumlah karakter alfabet. Semoga tutorial cukup mudah dan jelas untuk dipahami dan mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya.
    Jangan lupa bookmark situs ini agar anda tidak ketinggalan dengan update tutorial terbaru dari kami. Au revoir

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger