• 3 Cara Mudah Mengetahui Lokasi Alamat Sel yang Memuat Nilai Tertinggi

    alamat sel dari nilai tertinggi Sudah tidak diragukan lagi bahwa Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah angka yang cukup powerfull dalam mengolah berbagai macam data, seperti laporan keuangan, daftar nilai siswa, hingga daftar penerimaan gaji karyawan.

    Dengan hanya dibekali 3 (tiga) buah lembar kerja (sheet) sebagai modal awal ketika membuat dokumen baru Microsoft Excel, kita bisa mengolah data-data tersebut dengan cukup mudah dan cepat. Bahkan meskipun cuma dengan 3 buah lembar kerja, kita bisa mengisinya dengan jumlah record hingga 1 jutaan baris, maka tentu tidak salah jika di awal saya katakan bahwa Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang cukup powerfull di kelasnya.

    Banyaknya record yang bisa disimpan dan diolah dalam sebuah lembar kerja, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap tingkat ketelitian seorang pengguna dalam mengolah data. Kenapa demikian?, Coba perhatikan skenario berikut
    Eva adalah seorang Kepala Tata Usaha sebuah sekolah swasta yang bertugas mengolah nilai data siswa yang berjumlah 2000 record, ia ditugaskan untuk mencari nilai tertinggi dari data-data tersebut untuk menentukan siapa yang meraih predikat Bintang Pelajar. Tidak berhenti sampai di situ, ia juga di ingin mengetahui lokasi alamat sel di mana nilai tertinggi tersebut berada

    Ok, setidaknya ada tiga buah formula yang bisa ditulis untuk mencari dan mengetahui alamat sel yang memuat nilai tertinggi dari kumpulan data-data tersebut. Tapi sebelumnya, mari kita tengok dulu contoh daftar kumpulan nilai yang sedang dikerjakan oleh Eva di sekolah tempat ia bekerja sehari-hari:
    data kumpulan nilai sekolah eva
    Jika kita lihat dari data yang ada di atas, dan jika di tanya siapa peraih nilai tertinggi, maka jawabannya adalah DONY dengan nilai 92. Nah, untuk mengetahui lokasi angka 92 atau nilai tertinggi dari kumpulan data tersebut, gunakan salah satu dari formula berikut :

    formula satu
    Formula Microsoft excel
    ="C"&MATCH(MAX(C:C);C:C;0)
    Formula ini menuliskan huruf yang mewakili kolom secara manual dan dituliskan di bagian depan, sementara untuk mencari baris menggunakan gabungan antara formula MATCH dan MAX

    Formula dua
    Formula Microsoft excel
    =ADDRESS(MATCH(MAX(C:C);C:C;0);3;4)
    Beda dengan formula yang pertama, rumus yang saya tulis pada formula kedua menuliskan nama kolom secara otomatis. Dan nilai yang perlu diperhatikan adalah 3 dan 4 (teks warna merah).
    angka 3 mengacu pada indeks kolom, yakni kolom C. Sementara 4 adalah model referensi sel relatif.

    formula tiga
    Formula Microsoft excel
    =CELL("ADDRESS";INDEX(C:C;MATCH(MAX(C:C);C:C;0)))
    Formula ketiga ini bisa dikatakan agak sedikit ribet dan panjang namun menghasilkan nilai yang sama, yakni mencari alamat sel yang memuat nilai tertinggi.

    Pertanyaan lain yang mungkin ada dalam pikiran anda adalah, Bagaimana jika ingin menghasilkan alamat sel yang memuat nilai terendah?. maka jawabannya adalah., ganti fungsi MAX dengan MIN. Cukup sederhana dan gampang bukan!

    Sekarang anda sudah berhasil membuat sebuah rumus untuk mencari alamat sel yang memuat nilai tertinggi maupun terendah. Terimakasih sudah berkunjung dan menjadikan excelive.com sebagai tempat belajar excel anda. Danke


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger