Menggunakan Parameter Intersect Dalam Macro VBA Excel

Belajar Intersect Excel

Dalam bahasa indonesia, kata intersect dapat diartikan sebagai titik temu yang mana ia dapat diartikan sebagai pertemuan antara dua buah range dan mengambil sel-sel atau range yang menjadi pertemuan antara keduanya.
Pemahaman Intersect dapat di ilustrasikan dalam gambar berikut :
mengenal parameter intersect excel
Gambar di atas dapat dijelaskan bahwa pertemuan antara Range B2:D5 dan range C5:E7 adalah range C5:D5, inilah yang dinamakan dengan intersect.

Untuk menerjemahkan gambar di atas ke dalam bahasa Macro VBA excel, cara sederhananya adalah dengan menuliskan kode berikut ke dalam sebuah Module kemudian jalankan, maka hasilnya ia akan menampilkan alamat dari pertemuan antara sel-sel atau range tersebut

Sub Test1()
 MsgBox Intersect(Range("B2:D5"), Range("C5:E7")).Address
End Sub
Macro VBA intersect

Sekarang, mari coba kita rubah salah satu parameter yang digunakan dalam penulisan range diatas menjadi seperti berikut:
Sub Test2()
 MsgBox Intersect(ActiveCell, Range("C5:E7")).Address
End Sub
Jika anda menjalankan baris kode di atas dan jika alamat sel yang anda pilih saat ini tidak berada dalam lingkup Range C5:E7, maka pasti anda akan dihadapkan dengan pesan Run Time Error, hal ini terjadi karena parameter ini tidak mampu untuk membaca dan menemukan hasil pertemuan atau perpotongan sel. sebaliknya, jika sel yang saat ini aktif terpilih ada dalam rentang range tersebut, maka pesan yang berisi alamat sel akan ditampilkan.
intersect excel vba

Perbedaan mendasar antara module Test1 dan Test2 di atas terletak pada pemilihan alamat sel atau range yang dijadikan sebagai acuan untuk melihat perpotongan atau pertemuan sel. Anda tidak akan menemukan pesan error pada kode yang dituliskan pada module Test1, karena setiap alamat sel yang dituliskan memiliki perpotongan.
Sementara untuk module Test2, karena salah satu sel berisi parameter ActiveCell yang meminta pengguna untuk menentukan sendiri sel yang jadi perpotongan dengan acuan range C5:E7, maka akan sangat mungkin muncul pesan error jika alamat sel yang aktif terpilih berada diluar range tersebut.

Ok, untuk mencegah pesan error pada module Test2, bisa anda gunakan fungsi logika sederhana dengan menggunakan kata kunci (keyword) NOTHING. Kata kunci ini bertugas untuk menjelaskan kepada Excel bahwa tidak ada sel aktif yang sesuai dengan apa yang seharusnya dipilih.

Sekarang coba perhatikan penyempurnaan dari module Test2 berikut ini :
Sub Test2Lagi()
If Intersect(ActiveCell, Range("C5:E7")) Is Nothing Then
    MsgBox "Coba pilih alamat sel dalam rentang C5:E7"
    Else
    MsgBox Intersect(ActiveCell, Range("C5:E7")).Address
End If
End Sub
Penggunaan logika IF dengan disertai kata kunci Nothing seperti dalam kode di atas, mengganti pesan Run Time Error dengan kotak pesan (MsgBox) yang bisa kita isi sendiri.
intersect dan keyword nothing

Penggunaan yang paling umum dari metode Intersect ini biasanya digunakan dalam sebuah even ketika sebuah sel berubah, dalam bahasa Macro VBA even ini dikenal dengan even Worksheet_Change.
Penjelasan mengenai cara menggunakan Intersect dalam even ini akan diulas dalam tutorial berikutnya.
Jadi, jangan sampai ketinggalan. Dan silahkan anda subscribe atau bookmark situs ini untuk mengetahui kehebatan microsoft Excel lainnya bersama excelive.com. See you soon...

Tidak ada komentar:
Write komentar

Our Services


design

all the design of each tutorial has passed the test for excel 2007 up

installation

every each codes on this site are provided "as is" and are easy to install

youtube

in order to facilitate you in learning excel, you can visit our channel here

download

to complete all excel lessons, we have provided a download link for you

Contact Us


EXCELIVE.com
is a blogger resources site who provides
best excel tutorial based on daily needs.
The main mission of excelive is to share
our little experience in excel
to deliver best time killer for your excel issues.
Singhasari Malang 65153
East Java

end of page