• Mau Mengisi ListBox Secara Terbalik dari Bawah ke Atas? Begini Caranya

    descending listbox Ketika kita berbicara mengenai urutan data, maka kita mengenal istilah Ascending dan juga istilah Descending. Dua buah model cara mengurutkan data ini sangat penting ketika ingin mengetahui informasi dan mendapatkan nilai yang tepat, juga sangat membantu dalam memvisualisasikan data dengan lebih cepat dan lebih baik, menata dan menemukan data yang di inginkan, dan akhirnya membuat keputusan yang lebih efektif.

    Secara default, bentuk pengurutan data yang paling umum digunakan adalah model pengurutan yang dimulai dari nilai terkecil ke nilai terbesar yang biasa kita sebut dengan istilah Ascending, atau jika data tersebut berupa string maka urutan ini akan mengurutkan teks dari huruf A ke Z. Selain mengurutkan teks atau angka, kita juga bisa mengurutkan tanggal dan waktu bahkan bisa juga kita melakukan pengurutan data berdasarkan warna sel. Model pengurutan Ascending ini pula yang digunakan secara default dalam menuliskan daftar di ListBox, hanya saja ia akan mengurutkan data-data yang berasal dari lembar kerja dimulai dari baris terkecil - dan tidak diurutkan berdasarkan abjad ataupun angka, kecuali kita menambahkan kode Macro VBA lainnya.

    Coba perhatikan data di lembar kerja berikut, dan lihat pula hasil yang ditampilkan dalam daftar ListBox
    susunan isi listbox
    Dari gambar di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa ListBox tidak bisa secara otomatis mengurutkan data dari nilai terkecil atau terendah ke nilai tertinggi atau terbesar, ia hanya menampilkan data dari urutan baris pertama ke baris terakhir.
    Dan solusi sederhana jika ingin mengurutkan data seperti yang dimaksud di atas, maka cara cepatnya adalah dengan cara mengurutkan data yang ada di lembar kerja terlebih dahulu sebelum ditampilkan ke dalam daftar ListBox.

    Kembali ke topik utama tutorial yakni cara mengisi daftar ListBox secara terbalik atau dari bawah (baris terakhir) ke atas (baris awal) atau yang lebih umum disebut dengan istilah Descending.
    Perhatikan gambar berikut
    susunan isi listbox terbalik
    Jika kita perhatikan antara data yang tertulis di lembar kerja dengan daftar-daftar yang ada ListBox, keduanya memiliki susunan yang tidak sama, dimana daftar yang ada di ListBox mengambil data dari baris paling bawah terlebih dulu kemudian menuju data yang ada di baris atasnya.

    Untuk melakukan teknik mengisi daftar ListBox secara terbalik, ikuti langkah berikut :
    1. Pastikan anda sudah membuat sekumpulan data yang ditulis dalam lembar kerja seperti contoh gambar di atas
    2. Langkah berikutnya silahkan buat sebuah CommandButton dan ListBox kemudian letakkan di dalam lembar kerja Microsoft Excel, atau bisa juga anda letakkan di dalam UserForm
      design isi listbox terbalik
    3. Klik ganda objek CommandButton yang sudah dibuat dilangkah sebelumnya untuk langsung menuju jendela Microsoft Visual Basic Editor, kemudian silahkan tulis (atau lebih tepatnya copy-paste) kode berikut ke dalam baris kode untuk prosedure CommandButton1_Click
      Dim Isi As Long
      Dim Data As Long
      ListBox1.Clear
      Data = Cells(Rows.Count, "A").End(xlUp).Row
      For Isi = Data To 1 Step -1
       ListBox1.AddItem Cells(Isi, 1)
      Next 
      
      • Kumpulan baris di atas diawali dengan mendeklarasikan nilai Isi dan Data, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan isi daftar yang terdapat dalam listbox (ListBox1.Clear). Hal ini bertujuan agar nantinya ketika pengguna memanggil kode ini tidak menambahkan hasil yang sudah ada.
      • Selanjutnya adalah menentukan nilai untuk Data yang berfungsi untuk membaca baris terakhir yang terdapat dalam kolom A dengan cara melakukan pembacaan dari bawah menuju ke atas (xlUp). Silahkan ganti nilai "A" jika data-data tidak berada di kolom ini.
      • Baris kode yang berikutnya adalah mengisi statement Loop For Next yang ditandai dengan nilai Isi dengan cara membaca baris terakhir (nilai Data) menuju baris awal, kemudian dilanjutkan dengan mengisi daftar ListBox1 dengan menggunakan metode AddItem.
    4. Sebelum menguji kode yang sudah dibuat, pastikan terlebih dahulu posisi ikon Design Mode yang terdapat dalam tab Developer sudah dalam posisi disable. Kemudian silahkan anda klik tombol CommandButton untuk melihat hasilnya.
      descending listbox
    Terimakasih anda sudah berkunjung di saluran materi pembelajaran Microsoft Excel excelive.com, mudah-mudahan anda dapat menemukan sesuatu yang bermanfaat di sini. Dan jangan lupa silahkan bookmark situs ini agar anda mudah mengaksesnya dikemudian hari. See you soon


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger