• Dua Cara Menampilkan Isi Dari Listbox Ke Dalam Kotak Pesan

    dua cara Salah satu objek Macro VBA yang sering digunakan para pengembang aplikasi berbasis Microsoft Excel adalah ListBox, bahkan boleh dikatakan bahwa objek yang satu ini pasti ada dalam setiap aplikasi. Ya, objek ini memiliki fungsi utama untuk menampilkan serangkaian nilai yang disajikan dalam sebuah daftar berbentuk kotak (List: daftar, Box: Kotak), yang mana pengguna dapat memilih isi dalam daftar tersebut dengan mudah.

    Beberapa metode atau cara dalam mengisi daftar ListBox pun bervariatif, tergantung dengan kebutuhan si pengembang aplikasi. Silahkan anda cek beberapa link berikut untuk mempelajari beberapa cara dalam mengisinya :
      Berbagai cara dalam mengisi daftar di ListBox
      Mengisi ListBox dengan data-data yang sesuai dengan kriteria
      Mengisi ListBox hanya dengan nilai unik saja
    atau bisa juga anda lihat daftar postingan yang berhubungan dengan ListBox berikut ini
      Label ListBox

    Dari beberapa link (posting) yang saya paparkan di atas dapat diambil kesimpulan bahwasanya Excel memberi kita keleluasaan dalam mengolah data untuk menampilkan informasi yang kita inginkan yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

    Beda cara mengisi daftar di dalam kotak ListBox, beda pula cara atau penulisan kode dalam menampilkan isinya. Dan dalam postingan kali ini, saya akan memberikan kepada anda 2 (dua) buah kode Macro VBA yang dapat anda gunakan untuk menampilkan isi sebuah nilai dalam ListBox ketika ia di klik (dipilih).

    Ya, even yang akan kita gunakan untuk menampilkan isi dari salah satu daftar ListBox adalah dengan menggunakan even klik (Click), yakni sebuah even yang akan dijadikan sebagi pemicu untuk menjalankan kode Macro VBA ketika pengguna melakukan klik terhadap ListBox. Dan berikut ini adalah hasil akhir dari tutorial kita kali ini :
    ListBox Excelive

    Ok. sekarang mari kita mulai tutorial kali ini dengan mengawalinya dengan berdoa, mudah-mudahan apa yang akan kita lakukan ada guna dan manfaatnya.:). Untuk langkah selanjutnya, silahkan ikuti tahap demi tahap berikut ini :
    1. Buatlah sebuah data sederhana mulai dari sel A1 hingga A7 (untuk memudahkan dalam belajar tutorial ini, bisa juga anda isikan data-data di sel tersebut seperti tampilan hasil akhir di atas).
    2. Tekan tombol pintas (Shortcut) ALT + F11 untuk menuju jendela Microsoft Visual Basic Editor (VBE), dan mulailah menambahkan sebuah UserForm dan dilanjutkan dengan meletakkan objek ListBox ke dalamnya.
      Design ListBox
    3. Masih di jendela VBE, klik kanan objek UserForm yang ada di jendela VBAProject dan pilih menu View Code dari menu pop-up yang muncul. Hal ini bertujuan untuk mengganti tampilan objek (design) VBA dengan jendela kode VBA.
      Klik kanan objek VBA
    4. Anda akan dihadapkan dengan sebuah lembar kerja warna putih dan masih bersih karena belum di isi kode-kode atau baris perintah apapun. Di dalam jendela ini, mulailah memilih objek UserForm dan Prosedur Activate dari kotak DropDown masing-masing.
      Prosedur userform aktif
    5. Ok. sekarang kita akan menuliskan baris kode yang sangat sederhana untuk menampilkan data-data yang sebelumnya kita tuliskan dalam kerja untuk ditampilkan dalam kotak ListBox yang terdapat dalam UserForm. Kode-kode ini akan langsung di eksekusi secara otomatis ketika UserForm dibuka atau diaktifkan. Hal ini terjadi karena even atau prosedur yang kita pilih adalah even atau prosedur UserForm_Activate.
      Private Sub UserForm_Activate()
         ListBox1.RowSource = "A1:A7"
      End Sub
    6. Sekarang kita akan tambahkan baris kode yang berfungsi untuk memerintahkan Excel agar mengeksekusi kode ketika isi atau daftar dalam objek ListBox kita klik (pilih). Hal ini dapat dilakukan dengan cara memilih dulu objek serta prosedur yang akan kita gunakan, yakni objek ListBox dan prosedur Click.
      Prosedur Listbox klik
    7. Akhirnya kita sampai pada bagian inti dari tutorial ini, yakni memberikan baris perintah yang bertujuan untuk menampilkan salah satu daftar dalam ListBox ke dalam jendela Kotak pesan.
      Sesuai dengan judul posting, maka silahkan anda pilih salah satu dari dua buah kode berikut yang ingin anda gunakan dan dituliskan ke dalam even ListBox_Click:

      Cara 1
      Private Sub ListBox1_Click()
         a = ListBox1.List(ListBox1.ListIndex, 0) 
         msgbox a  
      End Sub
      Kode ini akan diawali dengan menentukan nilai a dengan perintah membaca seluruh daftar yang terdapat di ListBox, kemudian memilih daftar berdasarkan Index dan mengambil kolom pertama (kolom 0 dibaca sebagai kolom pertama). Kemudian hasil pencarian tersebut akan ditampilkan dalam kotak pesan yang berisi sesuai dengan nilai a

      Cara 2
      Private Sub ListBox1_Click()
         b = ListBox1.ListIndex + 1 
         MsgBox Cells(b, 1) 
      End Sub
      Cara yang ini diawali dengan menentukan nilai b yang berfungsi untuk membaca nilai yang dipilih dalam daftar ListBox berdasarkan index, kemudian ditambah dengan angka +1. Hal ini dikarenakan index 0 dibaca sebagi baris yang pertama dan seterusnya.
      Kemudian hasil pencariannya diambil dari lembar kerja dengan menggunakan paremeter Cells. Penulisan paremeter Cells yakni diawali dengan baris kemudian kolom, sehingga hasil akhir penulisan parameter ini adalah MsgBox Cells(b, 1), di mana nilai b digunakan untuk menentukan barisnya, sementara angka 1 dari parameter ini berfungsi untuk membaca kolom pertama yakni kolom A.

      Kekurangan dari baris kode ini adalah, anda harus mengganti nilai + 1 pada baris kode ListBox1.ListIndex + 1 sesuai dengan letak dimana baris pertama anda dituliskan dalam lembar kerja. Kelemahan lain dari kode ini adalah ai tidak bisa menampilkan isi sel dengan benar ketika daftar yang terisi di dalam ListBox disusun secara terbalik (Descending Order). Untuk tutorial pengisian ListBox dari urutan terbawah, silahkan anda pelajari materi ini Mau Mengisi ListBox dari Bawah ke Atas? Begini Caranya.
    8. Langkah terakhir yang harus dilakukan tentu adalah mengujinya, yakni bisa dilakukan dengan cara menekan tombol F5 di keyboard anda atau bisa juga menekan tombol di menubar.

    Perbedaan yang paling mendasar dari dua cara di atas terletak pada metode mengambil nilai dari kotak ListBox, dimana Cara 1 mengambil nilai secara langsung dari kotak ListBox itu sendiri, sementara Cara 2 mengambil nilai dari lembar kerja dengan mengacu kepada hasil pilihan yang dilakukan pada ListBox.
    Kesimpulan akhir dari tutorial ini ada pada pribadi masing-masing, mana dari kedua kode tersebut yang dirasa sesuai dengan kebutuhan. Adios.

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger