• Menjalankan Kode Yang Berbeda Setiap Sheet Dibuka

    Menampilkan Kode Berbeda Setiap bekerja dalam menggunakan Microsoft Excel, barangkali kita sering bolak-balik mengaktifkan antar lembar kerja - untuk melihat isi dari masing-masing lembar kerja untuk mencari atau melihat informasi yang kita inginkan. Memang secara default pengguna hanya diberikan 3 buah lembar kerja saja dalam mengolah dokumen Microsoft Excel, akan tetapi masih bisa ditambahkan lagi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

    Semakin banyak lembar kerja yang digunakan dalam projek Microsoft Excel, tentunya semakin besar pula perhatian yang harus diberikan kepada masing-masing lembar kerja berkenaan dengan isi informasi yang tersimpan didalamnya. Terlebih lagi jika kita sedang mengerjakan megaproyek yang berhubungan dengan banyak lembar kerja.

    Nah, berikut ini ada sebuah tips yang bisa anda gunakan untuk memberikan perhatian ekstra kepada masing-masing lembar kerja sehingga ketika pengguna mengaktifkan lembar kerja tertentu maka sebuah informasi berupa kotak pesan (atau mungkin baris kode perintah lainnya) akan dijalankan pada saat itu pula.
    Untuk diketahui, tutorial ini menggunakan bantuan Macro VBA sehingga pastikan tingkat keamanan Macro VBA Microsoft Excel anda sudah dimatikan (disable) terlebih dahulu. Dan berikut langkah-langkahnya :
    1. Saya berasumsi dalam workbook Microsoft Excel anda terdapat 3 buah lembar kerja
    2. Masuk ke aplikasi Vsual Basic Editor dengan cara anda menekan tombol pintas ALT+F11 atau bisa juga anda klik kanan nama salah satu lembar kerja kemudian di menu pop-up yang muncul, pilih View Code
    3. Pada jendela Visual Basic Editor, dijendela sebelah kiri layar komputer anda silahkan klik 2x objek ThisWorkbook, kemudian di jendela sebelah kanan silahkan pilih objek WorkBook dan untuk prosedurnya silahkan cari dan pilih SheetActivate pada kotak DropDown yang tersedia. Hal ini bertujuan agar setiap lembar kerja ketika diaktifkan maka akan membaca beris perintah tertentu.
    4. Langkah berikutnya adalah, silahkan tuliskan baris perintah berikut di dalam prosedur yang sudah anda buat pada langkah sebelumnya
      Private Sub Workbook_SheetActivate(ByVal Sh As Object)
      Select Case ActiveSheet.Index
      Case 1, 3
         MsgBox "Ini lembar kerja ke-1 dan atau ke-3"
      Case 2
         MsgBox "Ini lembar kerja ke-2"
      End Select
      End Sub
      Penjelasan singkatnya kurang lebih seperti berikut :
      • Select Case ActiveSheet.Index
        Digunakan untuk memilih kondisi berdasarkan indeks lembar kerja yang terpilih
      • Case 1, 3
        Perintah standar yang berfungsi untuk menampilkan sebuah kotak pesan ketika Sheet1 dan Sheet3 (indeks ke-1 dan ke-3) terpilih
      • Case 2
        Memiliki fungsi yang sama seperti Case 1, 3 hanya saja berlaku ketika kondisi lembar kerja indeks ke-2 terpilih
    5. Finish...
      Sekarang silahkan anda coba untuk memindahkan setiap lembar kerja Microsoft Excel anda untuk mengetahui apakah kode yang ditulis sudah benar dan sesuai dengan yang diharapkan apa belum.

    Selamat.... sekarang anda sudah berhasil mengetahui bagaimana caranya menjalankan kode yang berbeda-beda setiap lembar kerja diaktifkan. Semoga artikel dan tutorial ini ada guna dan manfaatnya untuk anda. Silahkan kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya bersama excelive.com. Au revoir.

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger