• Apa Yang Harus Dilakukan Agar Nilai InputBox Tidak Bersifat Case-Sensitive

    Sejak diperkenalkan ke publik, komputer merupakan salah satu peralatan elektronik yang perkembangannya sangat luar biasa, Ia berevolusi mulai dari segi ukuran hingga kecerdasan. Dan tak heran jika saat ini keberadaan komputer sangat dibutuhkan untuk membantu penggunanya dalam menyelesaikan kegiatan mulai dari perdagangan, bisnis, perkantoran, hingga hiburan. Barangkali para pengembang awal komputer sudah memprediksi hal ini bakal terjadi, dimana era digitaliasi sudah mendarah daging dalam kehidupan manusia.

    Evolusi Komputer
    Capaian yang sangat luar biasa dari sebuah peralatan elektronik ini tentunya juga memperhatikan keamanan data-data yang tersimpan didalamnya, dimana salah satu keamanan yang digunakan untuk menjamin data-data tersebut adalah dengan menggunakan Password. Ya, password bisa diibaratkan sebuah kunci yang hanya bisa digunakan untuk membuka sesuatu jika kombinasi serta bentuknya sama dengan pasangannya.
    Sebagai contoh, bentuk huruf A tentu tidak sama dengan huruf a, juga kombinasi bentuk huruf AB tentu tidak sama juga dengan BA. Inilah yang disebut dengan case-sensitif.

    Penggunaan case-sensitive memang seringkali dihubung-hubungkan dengan password, karena kekuatan sebuah password dalam melindungi sebuah data terletak pada kombinasi serta bentuknya. Dalam konteks penulisan password, kombinasi yang dimaksud bisa berupa serangkaian huruf-huruf, angka, serta karakter atau simbol. Sementara bentuk disini adalah model penulisan hurufnya apakah menggunakan huruf kapital atau huruf kecil (dalam bahasa saya, model penulisan teks ini saya sebut dengan case)

    Jadi, secara kasar istilah case sensitive bisa diartikan sebagai bentuk tulisan yang sifatnya peka.
    contoh, kata excelive dengan kata Excelive meskipun secara kombinasi keduanya memiliki kesamaan akan tetapi jika dilihat berdasarkan bentuk (case), keduanya memiliki perbedaan, yang mana kata pertama menggunakan bentuk huruf kecil semua sementara kata kedua - huruf depannya dituliskan dengan bentuk huruf kapital.

    kembali ke pembahasan utama website ini yang memang khusus membahas tentang Microsoft Excel dan bukan tentang sejarah komputer. Namun sebelum itu, mungkin anda bertanya-tanya kenapa harus InputBox, dan kenapa tidak harus case sensitive?

    Ok, InputBox adalah salah satu parameter Macro VBA yang berfungsi untuk menampilkan sebuah jendela informasi yang memiliki kotak isian dan bisa ditulis seperti halnya objek TextBox, akan tetapi InputBox tidak dapat diperlakukan layaknya objek TextBox yang bisa dilakukan perubahan format penulisannya. Artinya, ketika kita menulis sebuah informasi di jendela InputBox, ia akan ditulis apa adanya atau persis saat kita menuliskannya. Sementara untuk TextBox, hasil yang ditampilkan bisa kita rubah bentuknya menjadi huruf kecil atau huruf kapital.

    Untuk lebih jelasnya lihat perbedaan berikut:
    InputBox vs TextBoxDari demonstrasi disamping saya menggunakan tulisan huruf kecil semua untuk masing-masing objek, dan terlihat bahwa jendela InputBox menampilkan hasil di kotak pesan sesuai dengan apa yang saya tuliskan di kotak InputBox, sementara untuk TextBox saya bisa merubah bentuk penulisannya sesuai dengan formula yang telah ditentukan.

    Berikut kita akan coba menguji apakah sel A1 yang berisi nilai atau kata excelive sama dengan apa yang nanti saya tuliskan di jendela InputBox.?
    Sebelum mengujinya pastikan anda sudah menuliskan kata excelive di Sheet1 sel A1 , kemudian sekedar untuk memudahkan saja - buat sebuah control CommandButton dan letakkan di lembar kerja ke-1, kemudian klik ganda objek ini untuk langsung menuju jendela Visual Basic Editor
    Tuliskan baris kode berikut didalam even CommandButton1_Click
    a = Application.InputBox("tulis sebuah pesan")
    If a <> False Then
    If a = [a1] Then
    MsgBox "Selamat... data sama"
    Else
    MsgBox "Data tidak sama"
    End If
    End If
    

    Sekarang anda sudah mengerti trik untuk membuat nilai di kotak InputBox agar tidak bersifat case sensitive. Dan jika anda ingin mengetahui trik dan tips Microsoft excel lainnya, jangan lupa untuk bookmark situs ini agar anda tidak ketinggalan update terbaru artikel dan tutorial Microsoft Excel bersama excelive.com. Afscheid


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger