• Melihat dan Menemukan Posisi Sel Terakhir Berdasarkan Kolom Atau Baris

    proteksi formula dan macro vba Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa lembar kerja Microsoft Excel merupakan sebuah tabel yang berukuran sangat besar yang memiliki 2 elemen utama yakni kolom dan baris. Kolom (Column) adalah kotak-kotak yang tersusun secara menurun yang diwakili dengan huruf. Sementara baris (Row) adalah sekumpulan kotak-kotak yang tersusun secara mendatar yang diwakili dengan angka. Dan jika kita menarik sebuah garis lurus antara kolom dan baris, maka kita akan mendapati sebuah titik pertemuan yang lebih dikenal dengan istilah sel atau dituliskan dengan nama Cell dalam bahasa inggris.

    Jadi dengan kata lain, sel (Cell) adalah titik pertemuan antara kolom (diwakili dengan huruf) dengan baris (diwakili dengan angka), yang kemudian kita biasa menulisnya dengan cara mengkombinasikan antara keduanya sehingga menjadi sebuah alamat sel.

    Sengaja saya awali postingan kali ini dengan pengetahuan dasar tentang lembar kerja Microsoft Excel agar nantinya anda bisa lebih mudah dalam memahami dan menerapkan baris-baris kode yang akan saya paparkan, karena hal ini merupakan salah satu kunci penting untuk memahami tutorial ini.

    Ok kita akan memasuki ke pembahasan inti, yakni bagaimana cara melihat posisi sel terakhir yang berisi sebuah nilai berdasarkan baris ataupun kolom, yang akan dibahas secara lengkap bukan asal copy-paste dan asal tempel kode saja - karena tujuan utama dari artikel ini adalah agar anda paham dan tidak asal copy paste.

    Sebelum membahas kode-kodenya, terlebih dahulu silahkan lihat sekumpulan data yang saya miliki dalam lembar kerja Microsoft Excel berikut :

    Jika anda ditanya posisi baris terakhir dari data yang ada digambar atas, maka saya yakin anda akan menjawab sel A5. Begitu pula jika ditanya posisi kolom terakhir yang berisi nilai, pun saya yakin 100% anda bisa menjawabnya.
    Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana caranya membuat sebuah perintah agar bisa langsung secara otomatis menemukan lokasi baris atau kolom terakhir yang sebelumnya sudah disebutkan tadi?
    Jawaban singkatnya adalah dengan menggunakan Macro VBA. Dan berikut ulasannya.

    Baris Terakhir (ROW)
    Dari data gambar diatas, jika kita lihat berdasarkan kolom A maka data tersebut mempunyai 5 buah baris yang berisi nilai, dan baris terakhir berisi kata 'Durian' yang mana posisinya berada di baris ke-5.
    Sementara jika dilihat berdasarkan kolom B, maka ia hanya memiliki 1 buah baris yang berisi nilai, yakni kata 'januari'. Begitu pula dengan kolom C.

    Bagaimana menerjemahkan statement diatas kedalam bahasa Macro VBA.?
    1. Pertama, tentukan terlebih dahulu posisi kolom yang akan dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui jumlah banyaknya baris yang berisi nilai. Untuk statement diatas, maka kolomnya adalah kolom A.
    2. Langkah berikutnya adalah menentukan baris yang akan digunakan sebagai perwakilan dari baris yang berisi sebuah nilai, sebagai contoh baris ke-2.
    3. Kombinasikan langkah pertama (Kolom) dengan langkah kedua (Baris) sehingga menghasilkan baris kode Range("A2") atau bisa juga ditulis Cells(2, 1) atau [A2]
    4. Untuk mengetahui nilai yang terdapat di baris terakhir dan yang paling bawah, maka cara paling mudah untuk mengingat adalah dengan mengartikan kata terakhir dan terbawah ke dalam bahasa inggris, dimana kata terakhir adalah END, sementara kata bawah (saya gunakan istilah menurun) adalah DOWN. Dan hasil penulisan untuk kode ini adalah END(xlDOWN)
    5. Sampai disini anda sudah berhasil mengetahui isi dari baris terakhir, dan berdasarkan contoh data diatas maka hasilnya adalah DURIAN. Dan kombinasi penulisan kodenya adalah
      Range("A3").End(xlDown)
    6. Jika anda ingin mengetahui posisi baris terakhir (bukan isinya), maka kode diatas harus ditambah dengan sebuah perintah yang berfungsi untuk mengetahui indeks baris. Dan sekali lagi, untuk mempermudah dalam mengingatnya silahkan terjemahkan kata baris kedalam Bahasa Inggris.
      dan hasil kombinasi akhir untuk mengetahui posisi baris terakhir adalah
      Range("A3").End(xlDown).Row
      Dan berikut jika kode diatas diletakkan dalam jendela kotak pesan
      Msgbox Range("A3").End(xlDown).Row

    Kolom Terakhir (COLUMN)
    Untuk melihat isi atau posisi kolom terakhir berdasarkan contoh data yang sudah saya berikan diatas, cara penyelesaiannya sama dengan cara untuk mengetahui posisi baris terakhir hanya saja berbeda dalam hal pembacaannya, yakni dibaca bukan dari atas ke bawah, melainkan di baca dari kiri ke kanan (Bahasa Inggris 'kanan' tahu kan...?).
    Dan cara mudah berikutnya untuk menyelesaikan ini adalah dengan menerjemahkan kata kolom kedalam Bahasa Inggris. Bagaimana, mudah bukan...!
    Dan berikut adalah hasil akhir untuk melihat posisi kolom terakhir yang ditampilkan didalam kotak pesan
    Msgbox Range("A1").End(xlToRight).Column

    Sebenarnya ada banyak cara dan metode untuk melihat posisi kolom atau baris terakhir, hanya saja menurut pendapat pribadi saya - cara di atas boleh dibilang cara yang paling mudah dan gampang untuk diingat. Meskipun demikian, kode yang saya tuliskan dibawah ini bisa juga dengan mudah dipahami asalkan sudah memahami konsep tentang lembar kerja Microsoft Excel, seperti kolom, baris, sel, dll.
    Silahkan anda bandingkan kode sebelumnya dengan kode-kode berikut yang memiliki fungsi yang sama.
    Sub BarisTerakhir()
    r = Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Row 
    MsgBox r
    End Sub
    
    Sub KolomTerakhir()
    c = Cells(1, Columns.Count).End(xlToLeft).Column
    MsgBox c
    End Sub
    
    Jika anda penasaran dan masih mau bereksperimen untuk mencari posisi baris dan kolom terakhir, salah satu parameter lainnya yang bisa anda gunakan adalah Current Region. Silahkan baca turorialnya disini .
    Untuk mengisi sebuah nilai atau data setelah kolom atau baris terakhir, silahkan anda tambahkan nilai + 1 dibelakang kode-kode tersebut
    Seperti biasa, untuk melengkapi tutorial yang cukup panjang ini, saya sudah menyiapkan tampilan hasil akhir yang sudah dimodifikasi seperti berikut :


    Selamat... anda sekarang sudah berhasil membuat sendiri sebuah kode Macro VBA untuk mencari lokasi sel terakhir baik berdasarkan baris maupun berdasarkan kolom. Semoga tutorial ini ada guna dan manfaatnya.
    Silahkan kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya bersama excelive.com. Au revoir


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger