• Dua Cara Mengubah Teks Menjadi Proper Case Menggunakan Macro VBA

    proper case macro vba Jika anda sudah terbiasa dengan jenis atau format sebuah tulisan, saya yakin anda tidak asing dengan istilah Proper Case. Ya, proper case adalah sebuah format tulisan yang mana huruf pertama setiap kata dituliskan menggunakan huruf kapital atau huruf besar, sementara huruf sisanya dituliskan menggunakan huruf kecil.

    Ketika anda menggunakan formula Microsoft Excel, melakukan perubahan format penulisan dapat diselesaikan dengan mudah yakni menggunakan formula antara lain :
    • =UPPER
      untuk mengubah setiap huruf menjadi huruf kapital semua
    • =LOWER
      adalah kebalikan dari formula Upper, yakni menjadikan semua huruf dituliskan menggunakan huruf kecil semua
    • =PROPER
      Dalam aplikasi Microsoft Word, format penulisan ini dikenal dengan istilah Sentence Case yakni huruf awal setiap kata dituliskan menggunakan huruf kapital
    Syntax penulisan dari masing-masing formula diatas juga dibilang tidak terlalu ribet, bahkan semuanya memiliki kesamaan dalam hal penulisannya. Lihat penggunaan dan penulisannya dalam gambar berikut :
    Teks Proper Case

    Lantas bagaimana jika menggunakan Macro VBA?
    Jika anda memutuskan untuk melakukan perubahan format penulisan khususnya Proper Case menggunakan Macro VBA, maka setidaknya ada 2 (dua) macam cara yang bisa dilakukan.

    Kode Pertama
    Penulisan kode Macro VBA ini menggunakan parameter StrConv yang mana fungsi utamannya adalah untuk mengubah teks (string) ke bentuk Uppercase, Lowercase, serta Propercase.
    Sub Proper1()
      a = StrConv([A1], vbProperCase)
      MsgBox a
    End Sub

    Kode Kedua
    Pada dasarnya, kode Macro VBA berikut ini mengadopsi cara penulisan ketika kita menggunakan sebuah formula di lembar kerja Microsoft Excel. Hal ini dapat dilihat dari parameter awal kode, yakni WorksheetFunction
    Sub Proper2()
      a = WorksheetFunction.Proper([A1])
      MsgBox a
    End Sub
    Kedua cara diatas memiliki fungsi yang sama, yakni merubah penulisan huruf yang terdapat di sel A1 kemudian hasil perubahannya ditampilkan dalam kotak pesan.

    Bonus Kode
    Dim rr, sel As Range
    Set rr = Selection
    For Each sel In rr
      sel.Value = WorksheetFunction.Proper(sel)
    Next
    Nah untuk kode yang satu ini, ia akan secara otomatis mengubah format penulisan huruf sesuai dengan sel atau range yang disorot (pilih) dalam lembar kerja Microsoft Excel, tanpa harus menentukan lokasi alamat sel yang akan dirubah seperti yang sudah saya tuliskan dalam kode pertama dan kedua diatas.
    Dan berikut ini tampilannya jika anda menggunakan kode Macro VBA yang saya berikan di Bonus Kode. hehehe
    proper case Macro VBA

    Terimakasih sudah berkunjung di situs pembelajaran Macro VBA Microsoft Excel. Jangan lupa subscribe atau bookmark situs ini untuk mendapatkan update terbaru materi-materi pembelajaran Macro VBA bersama excelive.com. Fins aviat

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger