Menjumlahkan Sel Yang Sama Antar Lembar Kerja

menjumlahkan sel yang sama antar lembar kerja

Jika anda adalah seorang admin sebuah perusahaan, dan jika didalam pekerjaan anda selalu dengan berhubungan dengan Microsoft Excel - khususnya ketika membuat laporan, maka tentunya anda pernah bertemu dengan kondisi seperti judul artikel kali ini. Ya, kondisi dimana ketika anda ingin menjumlah isi sel antar lembar kerja dengan alamat yang sama.

Umumnya kondisi ini terjadi ketika sudah memasuki akhir bulan atau mungkin akhir tahun, yakni ketika seorang admin perusahaan hendak membuat laporan keuangan bulanan atau tahunan. Dimana laporan tersebut berasal dari kegiatan rutinitas harian yang tercatat dalam setiap lembar kerja excel yang memiliki struktur yang sama, untuk kemudian dikembangkan menjadi laporan bulanan atau mungkin laporan tahunan.

Ok, untuk lebih mudah memahami tutorial ini, saya akan memberikan sebuah contoh buku kerja sederhana yang digunakan oleh seorang admin ketika mencatat aktivitas keuangan perusahaan sehari-hari.

contoh pembukuan sederhana perusahaan
Jika anda perhatikan contoh pembukuan keuangan sederhana diatas, ketiga-tiganya memiliki susunan dan struktur yang sama. Dan dalam posting kali ini, saya akan memberikan sebuah tips cara cepat bagaimana menghitung sebuah nilai yang terletak dalam alamat sel yang sama, sebagai contoh saya akan menghitung nilai TOTAL yang terletak dalam sel C9.

Formula sederhana yang bisa dilakukan untuk menjumlahkan nilai total dari masing-masing lembar kerja untuk contoh diatas adalah seperti berikut
=Sheet1!C9+Sheet2!C9+Sheet3!C9
Namun bagaimana jika terdapat 100 lembar kerja atau Sheet yang akan dihitung??? maka saya sangat yakin, model penulisan formula diatas akan sangat tidak efisien - bahkan membutuhkan banyak waktu untuk menuliskan formulanya, karena harus bolak-balik pindah antar lembar kerja.

Cara yang lebih efisien untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan formula berikut:
=SUM('Sheet*'!C9)
Ketika anda menekan tombol enter di keyboard anda, formula diatas akan langsung berubah menjadi sebuah rentang antara sheet1 sampai dengan sheet3 atau sheet terakhir
=SUM(Sheet1:Sheet3!C9)

Catatan :
  1. Alamat sel yang akan dihitung atau dijumlahkan harus sama
  2. Formula diatas menggunakan Wildcard (*) dalam melakukan pembacaan lembar kerja
  3. Nama lembar kerja yang akan dihitung adalah lembar kerja yang memiliki awalan nama Sheet
  4. Letakkan formula diatas di lembar kerja baru atau selain lembar kerja yang dihitung

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana cara cepat menghitung sebuah sel yang sama antar lembar kerja atau sheet menggunakan formula excel sederhana. Semoga belajar formula excel anda bersama excelive untuk edisi ini cukup menyenangkan.
Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, Ciao Adios!.


Tidak ada komentar:
Write komentar

Our Services


design

all the design of each tutorial has passed the test for excel 2007 up

installation

every each codes on this site are provided "as is" and are easy to install

youtube

in order to facilitate you in learning excel, you can visit our channel here

download

to complete all excel lessons, we have provided a download link for you

Interested for our works and services?
Get more of our update !