• Begini Caranya Mengekstrak Huruf atau Angka Dari Data Acak

    ekstrak angka dan huruf Saya pernah mendapat sebuah file hasil download dari internet yang mana isinya menjadi berantakan ketika saya buka di lembar kerja Ms. Excel, tidak sama dengan tampilan yang terlihat di situs tempat saya download file tersebut. Entah apa ini disebabkan karena saya salah dalam memilih jenis formatnya atau yang lainnya. Esoknya ketika saya mencoba download ulang file tersebut, saya lupa dengan alamat website-nya - nahasnya, saya coba cari di history browsing alamat sudah tidak tersedia alias sudah bersih, mungkin ada pengguna lain setelah saya yang menghapus data cache browser.

    Cukup lama saya googling dan mencari alamat website penyedia file yang sudah berhasil saya download dihari sebelumnya, akan tetapi tak juga kunjung bertemu dengannya. Dan akhirnya, saya pun menyerah, dan tidak ingin membuang-buang waktu untuk mencari alamat yang saya sudah lupa.
    Untung saja file yang saya download memiliki ekstensi .xls atau format file Microsoft Excel, jadinya saya bisa mengutak-atik isinya dengan sedikit kemampuan yang saya miliki, yang sekarang saya share kepada anda semuanya.

    Saya tidak akan menampilkan file hasil download yang berantakan ketika saya buka di program Microsoft Excel, akan tetapi saya akan memberikan contoh yang mudah untuk di mengerti serta memiliki struktur yang hampir mirip dengan file tersebut - yang isinya kurang lebih seperti ini
    Data Acak
    Contoh data di atas pada dasarnya terdiri dari dua jenis, yakni huruf dan angka. Akan tetapi agak susah dibaca jika dalam kondisi penulisan yang berantakan seperti yang saya tulis diatas.
    Nah, pada kesempatan ini saya akan share sebuah kode Macro VBA untuk membongkar data tersebut dan memisahkannya agar lebih enak dipandang dan tentunya agar lebih mudah dibaca.

    Dan seperti biasa, karena yang akan saya share adalah berupa kode Macro VBA, maka pastikan jendela Microsoft Visual Basic Editor sudah diaktifkan, jika belum silahkan tekan tombol pintas ALT+F11.
    Selanjutnya adalah buat sebuah Module Baru, kemudian silahkan masukkan kode berikut kedalamnya.
    Sub extext()
    Dim a, b, c As Long
    Dim d, e As Variant
    
    Range("E:F").Clear
    For a = 1 To 5
    e = Cells(a, 1)
    b = Len(e)
    For c = 1 To b
        If Mid(e, c, 1) >= "0" And Mid(e, c, 1) <= "9" Then
            Cells(a, 5) = Cells(a, 5) & Mid(e, c, 1)
        ElseIf Mid(e, c, 1) > "9" Then
            Cells(a, 6) = Cells(a, 6) & Mid(e, c, 1)
        End If
    Next
    Next a
    End Sub
    Dua baris pertama dari kode diatas bertugas untuk mendeklarasikan nilai , kemudian dilanjutkan dengan perintah untuk menghapus kolom E dan F. Perintah ini saya gunakan untuk membersihkan kolom tempat peletakan hasil ekstraksi, agar tidak terjadi penumpukan hasil.

    Penjelasan singkat baris inti dari kode di atas kurang lebih sebagai berikut:
    1. nilai a terdiri dari nilai 1 sampai dengan 5, yang mana nantinya digunakan untuk membaca baris. Banyaknya jumlah baris bisa disesuaikan dengan banyaknya data yang tersimpan dalam lembar kerja, atau juga bisa menggunakan kode Current Region untuk mendeteksi jumlah baris secara otomatis.
    2. nilai e berasal dari baris ke-a dan kolom pertama
    3. nilai b berfungsi untuk membaca berapa jumlah karakter yang didapat dari nilai e
    4. nilai c memiliki fungsi yang hampir sama dengan nilai a, hanya saja nilai ini akan melakukan pengulangan mulai nilai 1 hingga panjang karakter yang terdapat di nilai b. Sementara didalam struktur perintah c, terdapat sebuah kondisi yang harus dipenuhi antara lain:
      • Jika karakter yang terdapat di nilai e (baris ke-a dan kolom 1) untuk setiap karakter ke-c (karakter 1 hingga panjang yang didapatkan dari perintah atau nilai b) mempunyai nilai lebih kecil sama dengan 0 (nol) dan lebih besar sama dengan 9 (sembilan), maka sel ke-a kolom ke-5 akan diisi dan ditambahkan dengan nilai yang berisi angka.
      • Kondisi yang kedua adalah, jika karakter-karakter tersebut memiliki nilai lebih besar dari 9, maka hasilnya berupa teks dan akan di letakkan di sel ke-a dan kolom ke-6
    5. Selesai.

    Sekilas, bahasa logika diatas terkesan membingungkan, akan tetapi jika dipahami dengan seksama maka saya yakin anda akan mudah untuk memahaminya. Dan untuk melengkapi tutorial ini, seperti biasa saya akan menampilkan hasil akhir seperti dalam tampilan berikut :
    ekstrak data acak

    Selamat, anda sekarang sudah bisa memecah dan memisahkan antara karakter berupa huruf dan angka dari data acak. Semoga tutorial kali ini ada guna dan manfaatnya untuk anda, dan bisa dengan mudah untuk dipahami.
    Silahkan bookmark situs kami dan kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya bersama excelive.com. Arrivederci !!


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger