Menjalankan Module Dalam Sebuah Procedure - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

New Posts

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menjalankan Module Dalam Sebuah Procedure

Membangun sebuah aplikasi berbasis Microsoft Excel tidak bisa lepas dari namanya Macro VBA, karena dengan bantuan baris-baris kode tersebut, perintah dapat dilakukan secara berulang-ulang tanpa harus menuliskannya lagi. Sebenarnya artikel kali ini merupakan jawaban dari email yang sudah masuk di redaksi excelive.com yang meminta untuk memposting tutorial bagi para pemula yang ingin memperdalam pengetahuan tentang Macro VBA Microsoft Excel.

Dari judul artikel ini sudah bisa dipastikan bahwa memang tutorial ini dikhususkan bagi para pemula, tapi tidak menutup kemungkinan bagi anda yang sudah expert di bidang Macro VBA untuk menyimak ulasan tentang bagaimana caranya memanggil atau menjalankan kode-kode Macro yang sudah ditulis.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Macro VBA merupakan kumpulan dari baris-baris perintah yang ditulis sedemikian rupa sesuai dengan kaidah penulisan yang sudah disepakati dengan tujuan untuk menjalankan perintah yang diinginkan. Kode-kode tersebut bisa dibuat atau ditulis secara manual di dalam jendela Microsoft Visual Basic Editor atau bisa juga didapatkan dengan cara merekam setiap kegiatan dalam jendela Aplikasi Microsoft Excel, akan tetapi tidak semua kegiatan berhasil di rekam dan menghasilkan kode-kode Macro VBA.

Setiap kode-kode Macro VBA bisa dituliskan langsung dalam sebuah even (baca: prosedur) atau bisa juga dituliskan dalam sebuah module. Berikut saya berikan contoh tentang sebuah perintah yang bisa dijalankan dalam sebuah even tertentu dan juga contoh tentang perintah yang ditulis dalam sebuah module

Prosedur dalam Macro VBA
Jika ingin menampilkan sebuah jendela pesan ketika pengguna berhasil melakukan perintah menyimpan sebuah dokumen Microsoft Excel, maka dalam Macro VBA terdapat sebuah even (baca: procedure) yang bisa kita manfaatkan yakni procedure AfterSave, dan baris perintah yang disematkan dalam procedure tersebut secara otomatis akan dipanggil atau dijalankan oleh aplikasi tanpa harus dipanggil secara manual.
Prosedur After Save
Dengan kata lain, setiap procedure dalam Macro VBA merupakan sebuah perintah-perintah yang 'menunggu' untuk dieksekusi. Dan inilah baris perintah yang harus disematkan dalam prosedur setelah proses menyimpan dokumen berhasil dilakukan.
prosedur After Save

Module dalam Macro VBA
Module merupakan salah satu objek dalam Macro VBA yang didalamnya bisa kita isi sebuah baris perintah tertentu yang bisa dipanggil atau dijalankan dalam sebuah procedure. Ambil contoh seperti ini, pengguna ingin memilih sebuah sel E15 yang terdapat di lembar kerja atau Sheet2. Maka isi di dalam module yang harus ditulis kurang lebih seperti berikut:
Sub MenujuSel
   Sheets("Sheet2").Select
   Range("E15").Select
End Sub
Karena module merupakan kumpulan baris perintah, maka setiap module harus diberi sebuah nama yang sifatnya unik. Dari contoh di atas saya beri nama MenujuSel, dan module ini tidak berjalan secara otomatis seperti halnya sebuah prosedure, melainkan harus dipanggil terlebih dahulu.
module dalam macro vba


Menjalankan Module Dalam Sebuah Procedure
Ok, sekarang kita akan coba menggabungkan module dan prosedure di atas sehingga akan menjadi kurang lebih seperti ini:
Jika pengguna berhasil menyimpan dokumen, maka sebuah pesan akan muncul bahwa proses penyimpanan berhasil dilakukan, disaat yang sama pula (atau setelah pengguna menekan tombol OK pada jendela pesan tersebut), lembar kerja atau Sheet2 akan diaktifkan dan langsung memilih sel E15
Maka, tampilan lengkap kode Macro VBA yang harus ditulis dalam prosedur AfterSave lembar kerja adalah sebagai berikut :
Module dan procedure

Jika anda cermati, baris kode Call MenujuSel ditempatkan setelah baris kode MsgBox (kotak pesan). Hal ini berarti bahwa baris kode yang akan dieksekusi terlebih dahulu adalah jendela pesan, kemudian setelah itu beris kode yang akan dieksekusi adalah isi dari module MenujuSel.
Parameter Call adalah sebuah parameter standard yang harus dituliskan ketika ingin memanggil atau menjalankan isi dari sebuah module, prosedur, atau bahkan fungsi custom.

Pada beberapa kasus tertentu, terkadang kita tidak perlu menggunakan parameter Call untuk menjalankan sebuah module, yang perlu dituliskan hanya nama dari module, prosedur, atau fungsi kustom tersebut. Itulah sebabnya kenapa nama-nama tersebut haruslah bersifat unik.

Dan berikut adalah baris kode yang disematkan dalam prosedur AfterSave yang sudah dimodifikasi
Private Sub Workbook_AfterSave(ByVal Success As Boolean)
    MsgBox "Selamat... dokumen berhasil disimpan"
    MenujuSel
End Sub

Dan inilah hasil dari tutorial kali ini :
menggabungkan module dan prosedur

Selamat!!! anda sekarang sudah berhasil menjalankan sebuah module dalam sebuah prosedur. Semoga Anda menyukai tutorial dari excelive untuk edisi ini. Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, we'll be right back soon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot