Menggunakan Tag Untuk Mengontrol Objek VBA Dalam UserForm - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

New Posts

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menggunakan Tag Untuk Mengontrol Objek VBA Dalam UserForm

Istilah Tag mungkin tidak begitu asing bagi anda yang gemar dengan media sosial karena fitur ini hampir selalu digunakan ketiga kita ingin menandai sebuah postingan atau foto dari teman anda. Sejak saya kurang begitu aktif dengan media sosial, maka saya agak sedikit bingung juga menjelaskan istilah ini, tapi pada intinya, fitur dari Tag memiliki fungsi utama yakni untuk memberi tanda atau menandai sebuah objek. kira-kira begitu, CMIIW.

Nah, fitur Tag yang biasanya digunakan dalam media sosial (sebut saja salah satunya adalah Instagram ) ternyata jauh sebelumnya sudah digunakan dalam bahasa pemrograman sederhana seperti Microsoft Visual Basic, dan fungsinya pun sama yakni untuk memberi sebuah tanda atau menandai sebuah objek (baca: objek Macro VBA).

Penggunaan fitur Tag dalam control Objek Macro VBA ternyata tidak semudah ketika kita 'menandai' sebuah objek dalam media sosial, dimana kita diharuskan menuliskan beberapa baris kode yang berhubungan dengan tanda-tanda tersebut agar fitur ini benar-benar bisa difungsikan dengan baik.

Ok, untuk lebih mudah memahami ada baiknya kita langsung praktekkan penggunaannya dalam mengontrol beberapa objek Macro VBA sekaligus dalam sebuah UserForm menggunakan bantuan fitur Tag ini.
  1. Langkah awal, buatlah sebuah UserForm yang mana didalamnya terdapat beberapa objek antara lain:
    • CommandButton
    • TextBox
    • Image, dan
    • OptionButton (atau bisa juga anda letakkan objek selain yang sudah saya sebutkan)
  2. Langkah berikutnya adalah memberikan sebuah tanda (tag) untuk objek-objek tersebut, kecuali objek CommandButton. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memilih objek yang akan diberi tanda (tag) kemudian di bagian jendela Properties, gulir kebawah sampai anda menemukan tulisan Tag, dan isikan sembarang karakter untuk objek-objek tersebut dan untuk tutorial kali ini usahakan tag memiliki nilai yang sama untuk setiap objek.
    Tag Macro VBA
    Dari contoh di atas, saya memberikan nilai tag "ABC" untuk ketiga objek tersebut.
  3. Langkah selanjutnya adalah langkah terpenting dalam tutorial ini, yakni memberikan perintah terhadap objek CommandButton untuk mendeteksi objek yang memiliki nilai Tag tertentu agar kemudian dapat dikontrol. Dan baris perintah untuk objek ini adalah
    Dim obj As Control
    With UserForm1
    For Each obj In UserForm1.Controls
    If obj.Tag = "ABC" Then
        obj.Visible = False
    End If
    Next
    End With
    
    Baris kode ini diawali dengan mendeklarasikan nilai obj sebagai sebuah Controls yang terdapat dalam UserForm (nama untuk UserForm aktif adalah UserForm1). Kemudian dilanjutkan dengan mencari setiap objek yang terdapat dalam UserForm tersebut yang memiliki tag dengan nilai "ABC" untuk disembunyikan (visible=false)
    Properti Tag yang digunakan bersifat Case sensitive, jadi pastikan bahwa nilai properti Tag yang terdapat untuk setiap objek ditulis sama persis dalam baris kode Macro VBA agar eksekusi kode berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Sekarang Anda sudah berhasil mempelajari bagaimana cara mengontrol beberapa objek Macro VBA sekaligus menggunakan properti Tag. Semoga belajar Macro VBA excel bersama excelive untuk edisi ini ada manfaatnya.
Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, Adios.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot