Copy - Paste Sebuah Range Menggunakan Macro VBA

Copy dan paste dalam Macro VBA

Kegiatan Copy (menggandakan suatu objek) merupakan hal yang sering dilakukan saat sedang mengoperasikan komputer baik itu saat sedang offline maupun online di internet, dan kegiatan ini (copy) tidak bisa berdiri sendiri, ia harus diakhiri dengan sebuah perintah yang dinamakan paste.

Ada beragam alasan ketika seseorang melakukan kegiatan copy paste, apakah itu hendak menjiplak, menggandakan, mencontek, mencatat, mengetik, menyimpan atau yang lainya (semoga digunakan untuk yang baik-baik). secara umum kita bisa memakai mouse untuk mengcopy dan memaste, caranya yakni dengan mengklik dan menahan mouse kiri lalu memblock tulisan atau gambar yang hendak dicopy, kemudian memilih perintah Copy atau bisa juga dengan mengunakan tombol pintas CTRL + C dan diakhiri dengan perintah paste atau perintah untuk menempelkan hasil duplikasi. Untuk shortcutnya, saya pikir semuanya sudah pada tahu.... hehehe.

Nah, untuk tutorial kita kali ini bukan membahas cara mengcopy sebuah objek menggunakan perangkat Mouse ataupun menggunakan keyboard seperti yang saya singgung di atas, akan tetapi menggunakan kode Macro VBA (tapi tetap ya menggunakan mouse dan keyboard) dan masih dalam lingkup Microsoft Office Excel.

Ok, misalkan terdapat sekumpulan data di range A1 hingga C10 yang ada di lembar kerja atau Sheet1 dan anda ingin menduplikasi isi dari range tersebut untuk di letakkan di range A1 yang terdapat di lembar kerja atau Sheet2, maka cara sederhananya adalah dengan memilih range tersebut kemudian pilih perintah Copy dan memilih sel A1 yang terdapat di Sheet2 kemudian dilanjutkan dengan memilih perintah paste maka kegiatan copy-paste sudah beres. Tapi cara ini berlaku jika menggunakan mouse dan atau keyboard.

Mau tahu cara melakukan kegiatan Copy-Paste menggunakan Macro VBA? berikut ulasannya.
Sebelum memulai tutorial ini, silahkan aktifkan terlebih dahulu jendela Microsoft Visual Basic Editor yang bisa anda buka dengan cara menekan tombol ALT+F11, kemudian silahkan buat sebuah module baru dan silahkan tempelkan salah satu dari baris kode berikut.

Kode 1
Cara ini menggunakan cara memilih kemudian meng-copy dan diakhiri dengan perintah paste, seperti halnya jika kita melakukan ketika menggunakan mouse. Dan baris kode Macro VBA nya kurang lebih seperti berikut:

Sub Copas1()
  Sheets(Sheet1).Range("A1:C10").Copy
  Sheets(Sheet2).Select
  Range("A1").PasteSpecial xlPasteValues
End Sub
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa kode ini menggunakan kaidah pengoperasian seperti halnya ketika menggunakan mouse, yakni terdapat perintah Copy dan diakhiri dengan perintah Paste. Dan untuk perintah Paste sendiri, pengguna diberikan beberapa pilihan seperti; Paste semuanya, Paste nilainya saja, atau yang lainnya.
Penggunaan kode ini juga menyisakan mode Cut/Copy yang masih aktif (tanda seleksi sel/range yang kerlap-kerlip), dan untuk menonaktifkan mode ini maka anda harus menambahkan baris kode
Application.CutCopyMode = False
di bagian paling akhir atau setelah proses paste selesai dilakukan.

Kode 2
Fungsi dari kode2 ini memiliki fungsi yang sama seperti kode1, hanya saja tidak perlu menggunakan perintah copy atau paste. Akan tetapi kekurangan dari model copy-paste ini adalah, jumlah range tempat tujuan sebagai hasil paste harus sama persis dengan jumlah range yang di copy.
Silahkan lihat penulisan kode berikut :
Sub Copas2()
  Worksheets("Sheet2").Range("A1:C10").Value = _
  Worksheets("Sheet1").Range("A1:C10").Value
End Sub
Jika anda cermati dari penulisan kode di atas, nilai range yang ditulis (jumlahnya) adalah sama agar semua hasil copy-an bisa tuliskan di lembar kerja dan range tujuan tanpa ada yang tertinggal.

Sebagai contoh lain, misalkan kita ingin menempatkan hasil copy-an mulai dari sel E1 maka nilai range yang harus dituliskan adalah .Range("E1:G10") karena range ini memiliki jumlah sel yang sama dengan .Range("A1:C10").
Perbedaan lain dari menggunakan cara ini adalah, ia tidak mengaktifkan mode Cut/Copy, jadi anda tidak perlu lagi menuliskan baris perintah lainnya.

Akhirnya, keputusan dalam melakukan perintah copy dan paste menggunakan Macro VBA ada di tangan anda sebagai seorang pengguna atau programmer, mana dari kedua kode tersebut yang lebih tepat atau sesuai dengan kebutuhan anda.

Sekarang anda sudah mengetahui bagaimana cara-cara untuk melakukan perintah copy dan paste menggunakan bantuan Macro VBA secara cepat dan tepat. Semoga tutorial ini ada guna dan manfaatnya untuk anda.
Jangan lupa, silahkan bookmark situs ini dan silahkan datang kembali lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya bersama excelive.comLa revedere (see you soon)


Tidak ada komentar:
Write komentar

Our Services


design

all the design of each tutorial has passed the test for excel 2007 up

installation

every each codes on this site are provided "as is" and are easy to install

youtube

in order to facilitate you in learning excel, you can visit our channel here

download

to complete all excel lessons, we have provided a download link for you

Interested for our works and services?
Get more of our update !