• Catatan Pada Baris Kode Macro

    Catatan dalam kode VBA Untuk mengetahui perintah yang dijalankan dalam serangkaian baris kode yang ditulis adalah dengan cara menekan tombol F5 yang terdapat di keyboard, namun ada kalanya sebagai seorang programmer, kita memberikan sebuah komentar atau catatan kecil yang berfungsi untuk memberikan keterangan terhadap baris-baris kode yang ditulis. Atau bisa juga digunakan untuk mendokumentasikan sebuah program yang telah dirancang.

    Hal ini bisa meliputi tentang informasi pengembang aplikasi, tahun dan tanggal dibuat aplikasi tersebut dan juga dapat mencakup keterangan-keterangan lain untuk memudahkan programmer ketika akan membuat kode yang sama di masa mendatang.

    Dalam Macro VBA, membuat sebuah komentar atau catatan setidaknya dapat dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) metode, yakni :
    1. Menggunakan karakter atau tanda petik tunggal ( ' )
      komentar dalam kode vba
    2. Menggunakan statement Rem
      komentar dalam kode vba
    Cara mudah untuk mengidentifikasi sebuah baris dalam serangkaian kode Macro VBA yang diperlakukan sebagai catatan atau komentar adalah ia memiliki warna hijau. Dan yang perlu diingat adalah ia tidak akan dieksekusi sebagai baris perintah, jadi silahkan anda menuliskan keterangan secara lengkap dan letakkan di baris-baris kode yang memerlukan sebuah catatan.

    Sebagai catatan akhir untuk artikel kali ini adalah, meskipun 2 (dua) metode di atas memiliki fungsi yang sama akan tetapi cara penempatannya berbeda, cara menulis komentar menggunakan statement REM hanya bisa ditulis diawal kalimat, tidak bisa di sematkan di bagian akhir kalimat (baris kode berwarna merah menandakan bahwa terdapat kesalahan penulisan kode Macro VBA).
    Contoh :

    Sementara ketika menuliskan sebuah komentar menggunakan tanda peting tunggal ( ' ), selain bisa ditempatkan di awal kalimat, ia juga bisa dituliskan di bagian akhir baris kode.
    Contoh :

    Sekarang Anda sudah berhasil mengetahui bagaimana caranya menulis sebuah komentar atau catatan pada baris kode Macro VBA anda. Semoga belajar Macro VBA excel bersama excelive untuk edisi ini ada manfaatnya.
    Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, Buena suerte.

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger