• Pencarian Berulang-ulang Berdasarkan Kriteria

    looping search Lagi...kita ditugaskan untuk melakukan pencarian, ya...apalagi kalau bukan mencari sebuah nilai, akan tetapi pencarian kali ini didasarkan sebuah kriteria tertentu. Jadi, apalagi yang kita tunggu.

    Pencarian memang seringkali diperlukan ketika kita menghadapi sekumpulan data yang luar biasa banyak, dan Microsoft Excel sendiri menawarkan beragam metode atau pendekatan untuk melakuan sebuah pencarian, salah satu yang paling umum adalah melalui fitur Find and Replace yang bisa diakses mengunakan tombol pintas CTRL + F. Akan tetapi apakah hasil dari pencarian sesuai dengan yang diinginkan atau masih kurang?.

    Memang dalam melakukan sebuah pencarian, ada baiknya menentukan terlebih dahulu apa yang ingin dicari dan hasil apa yang kita inginkan. Kalau hanya sebatas mencari dan mengganti sebuah teks yang terdapat di dalam lembar kerja, maka saya pikir tidak perlu menggunakan formula, atau bahkan mungkin sekumpulan baris kode VBA yang njlimet. Kita hanya perlu menekan tombol CTRL + F untuk menampilkan jendela Find and Replace dan memasukkan kata yang ingin dicari, maka kita akan langsung mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita cari.

    Saya yakin 100% bahwa Microsoft Excel memiliki beragam teknik pencarian selain yang sudah saya sebutkan di atas, terlebih jika hasil dari apa yang kita cari berdasarkan kriteria tertentu, maka CTRL + F bukanlah sebuah jawaban yang cukup memuaskan.

    Pendekatan yang ingin saya bahas untuk tutorial kali ini adalah menggunakan fasilitas LOOP, dan lagi-lagi menggunakan Macro VBA untuk mencari data-data berdasarkan kriteria, dimana kriteria tersebut diletakkan dalam deretan kode Macro VBA.

    Baca Tutorial Macro VBA Menggunakan Loop Lainnya
    Dua cara memisahkan kalimat menjadi per huruf
    Silahkan ulangi perintah jika salah!
    Membuat kotak pesan secara berulang-ulang

    Silahkan lihat data-data berikut:
    data ganda ekskul siswa

    Kalau anda perhatikan data di atas, Dina adalah salah satu siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah lebih dari satu, sementara siswa yang lain hanya mengikuti satu macam ekskul saja. Maka, dalam melakukan pencarian, Dina bisa dikategorikan sebagai kriteria pencarian dan hasil dari pencarian tersebut akan menghasilkan ekskul Drumband, PMR, dan Seni Tari.

    Jadi, untuk melakukan pencarian dari data-data tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa fitur Find and Replace tidak bisa memberikan hasil yang diinginkan, dan otomatis opsi yang sangat memungkinkan adalah menggunakan bantuan Macro VBA. Dan, untungnya anda sudah menemukan artikel ini, karena baris kodenya sudah bisa langsung dipraktekkan.

    Sub CariLagi()
    Dim Rng As Range
    Dim Hsl As Variant
    For Each Rng In Sheets(1).Range("A2:A9")
        If Rng.Value = "Dina" Then
        Hsl = Hsl & Cells(Rng.Row, 2) & vbCr
        End If
    Next
    MsgBox "Jenis ekskul yang di ikuti Dina :" & vbCr & Hsl
    End Sub
    Catatan : kriteria pencarian untuk baris kode di atas bersifat sensitif, atau dengan kata lain kata "Dina" tidak sama dengan "dina"
    Sebenarnya kriteria pencarian dengan menggunakan metode di atas agak sedikit 'memaksa', karena kita meyakini bahwa "Dina", "dina", atau "diNA" (tidak peduli menggunakan penulisan karakter huruf kecil atau huruf kapital) adalah siswa yang sama. Maka solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan Wildcard (baca tutorial wildcard lainnya disini), sehingga hasil penyempurnaan dari baris kode di atas adalah seperti berikut.

    Sub CariLagi()
    Dim Rng As Range
    Dim Hsl As Variant
    For Each Rng In Sheets(1).Range("A2:A9")
        If Rng.Value Like "*ina" Then
        Hsl = Hsl & Cells(Rng.Row, 2) & vbCr
        End If
    Next
    MsgBox "Jenis ekskul yang di ikuti Dina :" & vbCr & Hsl
    End Sub

    Kesimpulan dari tutorial ini saya kembalikan kepada anda semua, mana dari dua model pencarian di atas yang bagus dan yang terpenting adalah sesuai dengan kebutuhan anda.

    Mau lihat tutorial ini di youtube??


    Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana caranya untuk melakukan pencarian data menggunakan pendekatan metode Loop (For Each) dengan cepat. Semoga belajar Macro VBA anda bersama excelive untuk edisi ini cukup menyenangkan.
    Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya. Danke für Ihren Besuch

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger