Mengenal Ubound dan Lbound dalam Macro VBA - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

New Posts

Post Top Ad

Your Ad Spot

Mengenal Ubound dan Lbound dalam Macro VBA

LBound dan Ubound, adalah dua fungsi dalam Macro VBA Excel yang barangkali hampir atau jarang digunakan karena belum tahu kegunaannya atau mungkin juga bingung cara pengaplikasiannya, dan untuk edisi kali ini kita akan belajar cara mengaplikannya dalam project VBA kita.

Sekilas tentang LBound dan UBound
LBound merupakan sebuah fungsi yang terdapat di Macro VBA yang berguna untuk mengambil nilai terendah dalam sekumpulan data, atau bahasa lainnya data yang ditentukan dalam sebuah dimensi array. Sementara UBound merupakan kebalikan dari LBound, yakni mengambil nilai tertinggi dari data Array yang ditentukan.

Sebelum memulai lebih lanjut, barangkali ada baiknya kita mengenal apa itu Array.
Array dapat ditemui di hampir semua bahasa pemrograman, tujuannya tidak lain adalah untuk menyimpan banyak data dalam variabel yang sama dan dalam satu tipe data yang sama juga. Ambil contoh misalkan kita mempunyai 3 data tentang rentang nilai di sebuah sekolah, dan jika kita ingin masukkannya ke dalam program yang kita buat tanpa Array maka kode programnya kurang lebih akan tampak seperti berikut
A = 90 To 100
B = 80 To 89
C = 70 To 79
Sedangkan jika diterapkan dalam sebuah Array, maka baris-baris kode tersebut akan terlihat tampak lebih sederhana dan enak dipandang seperti ini
Dim Nilai (90 To 100, 80 To 89,70 To 79)

Karena dua fungsi di atas, baik LBound mapun UBound menggunakan Array dalam menjalankan perintahnya, maka tentu kita harus menggunakan model penulisan tersebut. Coba lihat syntax penulisan fungsi LBound dan UBound berikut :
LBound(Nama_Array,Dimensi)
UBound(Nama_Array,Dimensi)
Dimensi yang dimaksud dalam syntax tersebut di atas adalah urutan dalam Array yang dipisahkan dengan tanda koma. Ambil contoh, jika dimensi yang dimasukkan adalah 2 maka baik LBound maupun UBound akan membaca baris array 80 To 89, dan seterusnya.

Ok. Untuk tutorial kali ini kita akan mencoba mengaplikasikan kedua fungsi di atas untuk memilih sebuah range dalam lembar kerja Microsoft Excel. Dan seperti biasa, buat sebuah module baru dan tuliskan baris Macro VBA berikut ini kedalamnya.

Sub ULBound()
On Error GoTo XX
Dim X(90 To 100, 80 To 89,70 To 79)
Kecil = LBound(x, [B1])
Besar = UBound(x, [B1])

Alamat = [C1] & Kecil & ":" & [C1] & Besar

Range(Alamat).Select
Exit Sub
XX:
MsgBox "Array error"
End Sub

Penjelasan singkat dari baris kode di atas,
  • Dim X adalah sebuah Array yang memiliki nilai-nilai yang sudah ditentukan
  • kecil merupakan nama yang digunakan untuk mewakili fungsi LBound
  • besar merupakan nama yang digunakan untuk mewakili fungsi UBound
  • [B1] adalah alamat sel yang bertugas dalam menentukan dimensi baik LBound maupun UBound, dan alamat ini sifatnya pilihan, artinya anda bisa langsung menuliskan angka-angka untuk menuliskan dimensi dari array yang akan dibaca fungsi LBound dan UBound.
  • Alamat adalah kombinasi antara LBound dan UBound yang berfungsi sebagai range dalam lembar kerja Microsoft Excel
  • [C1] adalah lokasi sel yang saya fungsikan untuk menentukan kolom mana yang nanti akan dipilih, dan inipun sifatnya optional.
  • XX: merupakan baris perintah yang akan menampilkan sebuah jendela pesan kesalahan jikalau nilai array yang dituliskan di dalam sel B1 melebihi nilai array yang telah ditentukan dalam baris kode Dim X.
Sebelum menjalankan perintah Macro VBA ini, pastikan bahwa anda sudah menuliskan terlebih dahulu sebuah nilai di lembar kerja, dengan ketentuan seperti berikut :
Sel B1 : silahkan isi sebuah nilai berupa angka (dimensi)
Sel C1 : silahkan isi sebuah huruf (kolom)

Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat tutorial ini di youtube


Selamat!!! anda sekarang sudah berhasil mempelajari dua fungsi Macro VBA Excel yakni LBound dan juga UBound yang diaplikasikan untuk memilih sebuah range dalam lembar kerja Microsoft Excel. Semoga Anda menyukai tutorial dari excelive untuk edisi ini. Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, we'll be right back soon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot