-->

  • Hanya Butuh 1 Tombol Untuk 2 Perintah Berbeda

    1 untuk 2 Ini adalah arti dari sebuah efektifitas dalam melakukan sebuah pekerjaan, dimana kita hanya membutuhkan 1 buah tombol untuk melakukan 2 (dua) buah perintah yang berbeda, dan jelas sekali bahwa dengan menggunakan tips ini akan mempercepat pekerjaan karena kita hanya cukup menggunakan 1 buah tombol saja.

    Mungkin ada pertanyaan yang tersirat di dalam benak anda, iya memang tombol yang digunakan hanya satu, tapi bagaimana dengan baris perintah atau kodenya, lebih dari satu kan?

    Emmm... coba perhatikan contoh berikut; saya kebetulan memiliki sebuah tombol yang ingin saya fungsikan untuk menyembunyikan Sheet2, tetapi tombol tersebut juga ingin saya fungsikan untuk menampilkan sheet yang sudah saya sembunyikan tadi. Kira-kira, bagaimana bahasa logika yang saya butuhkan untuk menerjemahkan contoh tersebut.

    Kalau anda menjawab dengan menggunakan logika IF maka itu adalah benar dan statement logika IF memang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menerjemahkan kalimat diatas ketika menyusun sebuah perintah Macro VBA, dan kurang lebih kumpulan baris perintahnya akan menjadi seperti ini
    If Sheets(2).Visible = True Then
        Sheets(2).Visible = False
        Else
        Sheets(2).Visible = True
    End If
    Apakah kode di atas berhasil menyembunyikan dan menampilkan kembali sheet tersebut hanya menggunakan sebuah tombol??? jawabannya tentu saja berhasil, dan bahkan sangat sempurna.
    Sayangnya, baris kode tersebut terlihat tampak agak sedikit panjang, hal ini dikarenakan memang syntax dari penulisan statement IF seperti itu. Tapi jika yang diminta adalah untuk menyembunyikan dan menampilkan Sheet2 menggunakan satu tombol, maka statement IF telah berhasil mengerjakan tugasnya.

    Nah, sekarang kita akan mencoba menyempurnakan kode di atas untuk menyelesaikan tugas ini tanpa menggunakan statement IF, karena mungkin anda sudah bosan menggunakannya atau mungkin ingin mencari alternatif cara lain yang memiliki fungsi yang sama seperti statement IF dalam menyelesaikan kasus di atas.

    Silahkan anda coba kode berikut ini dan sematkan dalam sebuah tombol CommandButton
    Sheets("Set2").Visible = Not Sheets("Set2").Visible
    Kunci dari baris kode di atas terdapat dalam sebuah parameter = Not, dan oleh karena itu saya menamai kode ini dengan nama = Not.

    Bagaimana? terlalu singkat, terlalu pendek, atau ingin yang lebih panjang lagi???, silahkan coba cara berikut ini yang juga tidak menggunakan statement IF melainkan menggunakan model pendekatan Select Case
    Dim ws As Worksheet
    Dim status
    Set ws = Sheets("Set2")
    status = ws.Visible
    
    Select Case status
    Case True
        ws.Visible = False
    Case Else
        ws.Visible = True
    End Select
    Ternyata makin panjang dan ruwet ya. hehehe....

    Ketiga kode Macro VBA yang sudah saya paparkan di atas sama-sama memiliki tugas yang sama yakni menampilkan dan menyembunyikan lembar kerja hanya dari sebuah tombol. Silahkan anda pilih sendiri mana dari ketiganya yang sesuai dengan kebutuhan.

    Untuk menyempurnakan posting kali ini, saya akan berikan hasil akhir dari serangkaian kode-kode Macro VBA yang sudah kita buat di atas

    Sekarang anda sudah berhasil mempelajari bagaimana cara menampilkan dan menyembunyikan lembar kerja hanya melalui sebuah kontrol CommandButton. Semoga Anda menyukai tutorial dari excelive untuk edisi ini.
    Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, See you soon....

    Terimakasih sudah membaca
    Tutorial: Hanya Butuh 1 Tombol Untuk 2 Perintah Berbeda
    Label: - Author: excelive

    Masih mau belajar lagi !

    Yuk, klik tautan berikut ini :

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues, such as the following :
    Macro VBA Excel Functions Custom UDF many more...
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger