• Membuat Kotak Pesan Berulang (Loop)

    Loop Message in Excel Kotak pesan atau yang lebih umum dikenal dengan nama MessageBox merupakan sebuah fitur yang terdapat di hampir setiap aplikasi, yang memiliki fungsi utama untuk memberikan informasi kepada pengguna berupa kotak dialog dan menunggu keputusan pengguna untuk mengeksekusi perintah-perintah seperti Yes, No, maupun Cancel.

    Perintah-perintah yang tersemat dalam kotak pesan biasanya dihubungkan dengan perintah lainnya dengan menyesuaikan isi pesan yang disampaikan dalam kotak tersebut.

    Contoh umum yang sering kita jumpai adalah ketika akan menyimpan sebuah dokumen di sebuah folder tertentu yang memiliki nama file yang sama, maka kotak pesan tersebut akan menampilkan sebuah pesan, Apakah file yang sudah ada akan ditimpa dengan yang baru?. Jika pengguna menekan tombol Ya (Yes) maka perintah yang akan dijalankan adalah menyimpan dan menimpanya. Sementara jika pengguna menekan tombol Tidak (No), maka tentunya perintah yang dijalankan bukanlah perintah yang sama seperti tombol Ya (kecuali jika programmer menginginkan hal itu).

    Ok, Secara umum gambaran MessageBox kurang lebih seperti ilustrasi di atas.

    Lantas bagaimana jika kita ingin membuat sebuah MessageBox agar menjalankan perintah secara berulang-ulang hingga pengguna menghentikannya dengan cara menekan tombol tertentu, seperti tombol No.?

    Agar lebih memahami konsep dari tutorial ini, coba perhatikan skema sederhana berikut :
    1. MessageBox memilki  struktur standar dan memiliki 2 tombol yakni tombol Yes dan No, Sebut saja MessageBox ini sebagai MessageBox-A. Dan MessageBox ini berisi pesan seperti berikut "Apakah Anda ingin mengisi dan atau menambahkan data di sel A1 dengan nilai 1?". 
      • Jika pengguna menekan tombol No, maka proses eksekusi Kode Macro VBA akan dihentikan disaat itu juga dan tidak akan mengisi data apapun di sel A1.
      • Jika pengguna menekan tombol Yes (selanjutnya nanti menuju langkah no 2), maka sel A1 akan terisi dengan nilai 1 dan akan menampilkan jendela pesan lainnya, dengan isi pesan seperti berikut "Apakah Anda ingin menghentikan proses ini?". Sebut saja MessageBox ini sebagai MessageBox-B, dan tetap dengan struktur standar dengan memiliki tombol Yes dan tombol No yang selanjutnya jendela pesan inilah nanti yang akan di ulang-ulang.
    2. Jika dilangkah pertama pengguna menekan tombol Yes, maka MessageBox-B akan muncul dengan spesifikasi yang sudah disebutkan.
      • Jika pengguna menekan tombol Yes untuk MessageBox-B, maka isi sel A1 akan ditambahkan dengan nilai 1 dan proses akan kembali lagi ke langkah no-2 (inilah yang dinamakan dengan proses loop)
      • Jika pengguna menekan tombol No, maka jendela kotak pesan ini akan tertutup dan menghentikan proses pengulangan.
    Langsung saja nikmati proses pengulangan kotak pesan berikut. Dan mudah-mudahan tidak membuat Anda semakin bingung dalam memahaminya.
    Demo Loop Message

    Bagaimana? sudah paham kan konsep dari loop MessageBox. Kalau masih belum paham, silahkan download hasil akhir dari tutorial ini melalui tautan di bawah.
    download


    Baca Tutorial Macro VBA Menggunakan Loop Berikut
    Pencarian dilakukan secara berulang-ulang
    Dua cara memisahkan kalimat menjadi per huruf
    Silahkan ulangi perintah jika salah!

    Atau, jika ingin membuat sendiri MessageBox loop, berikut ini VBA kode yang harus Anda tuliskan di sebuah module
    Dim start As String
    Dim finish As String
    
    Application.ScreenUpdating = False
    Application.CutCopyMode = False
    Application.DisplayAlerts = False
    
    start = MsgBox("Apakah Anda ingin mengisi dan atau menambahkan data" & vbCr & "di sel A1 dengan nilai 1?", vbYesNo)
    If start = vbNo Then Exit Sub
    Do
      [a1] = [a1] + 1
      If start = vbCancel Then Exit Sub
      finish = MsgBox("Apakah Anda ingin menghentikan proses ini?", vbYesNo)
      If finish = vbYes Then Exit Sub
    Loop While finish = vbNo
    Application.ScreenUpdating = True

    Sekarang Anda sudah berhasil mempelajari bagaimana caranya membuat sebuah pesan yang dapat digunakan secara berulang-ulang hingga pengguna menghentikannya. Semoga Anda menyukai tutorial dari excelive untuk edisi ini.
    Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, Vous revoir.

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger