Kombinasi Formula MATCH dan INDEX - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

New Posts

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kombinasi Formula MATCH dan INDEX

Kombinasi Formula

Tahukah Anda bahwa setiap formula-formula yang tersedia di dalam Microsoft Excel yang memiliki kegunaan beraneka ragam dan dapat dikombinasikan antara satu dengan yang lainnya untuk mencari informasi yang diinginkan oleh pengguna?. Developer dari Microsoft Excel tentu sudah memperhatikan hal ini, bahwa untuk mendapatkan hasil tertentu maka sebuah formula saja tidak akan sanggup melakukannya, dan oleh sebab itu maka mengkombinasikan beberapa formula adalah salah satu solusi yang ditawarkan oleh mereka.

Dalam mengkombinasikan beberapa formula, ada sedikit aturan yang harus diperhatikan yang salah satunya adalah dengan memperhatikan urutan dari formula-formula yang digunakan, serta menentukan formula utama dan formula bantu.

Dari sekian banyaknya formula yang tersedia di Microsoft Excel, untuk tutorial kali ini kita akan menggunakan 2 buah formula untuk kita kombinasikan, yakni formula MATCH dan INDEX

FORMULA MATCH
Fungsi utama dari formula ini adalah mencari kecocokan dari sebuah kriteria tertentu dan akan menghasilkan nilai berupa posisi (baris ke..) dari rentang yang ditentukan dan berupa angka.
=MATCH(kriteria yang dicari;range pencarian;tipe pencarian)
  1. kriteria pencarian
    Pada bagian ini silahkan Anda memasukkan nilai atau sebuah kriteria yang ingin Anda cari, baik berupa angka, string, atau kombinasi dari keduanya.
  2. range pencarian
    Adalah alamat dari sebuah rentang (baca:range) yang ingin terdapat kriteria yang ingin dicari
  3. tipe pencarian
    Setidaknya ada 3 macam tipe pencarian yang dapat digunakan pada formula ini
    • -1 (greater than)
      digunakan untuk menemukan nilai terkecil yang lebih besar dari atau sama dengan data dalam rentang pencarian, dengan catatan urutan data yang terdapat dalam rentang pencarian harus ditempatkan secara menurun, contoh : Z,Y,X....3,2,1...
    • 0 (exact match)
      menampilkan hasil pencarian dengan nilai atau kriteria yang benar-benar cocok dengan tanpa memperhatikan urutan data yang terdapat dalam rentang yang Anda masukkan
    • 1 (less than) 
      digunakan untuk menemukan nilai terbesar yang kurang dari atau sama dengan data yang terdapat dalam rentang pencarian yang mana data-data tersebut harus dalam urutan menaik, seperti A,B,C....1,2,3...
    Jika nilai dari tipe pencarian ini dilewati, maka excel secara otomatis akan mengacu kepada tipe pencarian 1 atau less than
    Contoh sederhana penggunaan formula MATCH
    Formula MATCH excel

FORMULA INDEX
Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan formula Excel INDEX, saya akan menjelaskan secara sederhana kepada Anda dengan harapan dapat dengan mudah untuk dipahami.
Secara garis besar formula ini menggunakan 2 kunci utama dalam pencarian data, yakni baris dan kolom. Nilai-nilai dari baris dan kolom haruslah berupa angka dan bukan berupa string, atau bisa juga menggunakan formula Excel lainnya yang menghasilkan nilai berupa Angka (seperti formula MATCH).

Syntax penulisan formula INDEX adalah sebagai berikut :
=INDEX(range pencarian;angka baris pencarian;angka kolom pencarian)
  1. range pencarian Merupakan alamat sebuah range yang bisa terdiri dari 1 baris beberapa kolom, 1 kolom beberapa baris, maupun dari beberapa kolom dan baris.  
  2. angka baris pencarian Dapat diisi dengan sebuah angka dari baris yang berasal dari range pencarian. Contoh; baris ke-4 dari range A5:A9 akan mengacu pada sel A8, karena urutan baris pertama adalah sel A5.  
  3. angka kolom pencarian Cara mengisi nilai pada kolom ini adalah sama seperti halnya cara memasukkan nilai pada angka baris pencarian Kolom ini dapat diisi jika range pencarian yang Anda masukkan terdiri dari minimal 2 kolom dan baris. Contoh range yang memiliki lebih dari 1 kolom adalah range A1:C1 Contoh; baris ke-2 dari kolom ke-3 dari range B2:E4 akan mengacu pada sel D4.
    Formula INDEX excel

Dua formula yang sudah saya jabarkan beserta kegunaannya di atas mudah-mudahan dapat dengan mudah Anda pahami.
Memang kedua formula tersebut jika digunakan secara sendiri-sendiri mungkin tidak begitu berarti, akan tetapi jika dikombinasikan dengan MATCH maka akan menjadi sebuah formula yang sangat luar biasa. Dan sebelum mengkombinasikan antara keduanya, maka langkah awal yang harus ditentukan adalah menentukan urutan antara mana yang menjadi formula inti dan formula mana yang bertugas sebagai alat bantu.

OK, Dari yang saya bahas diatas, formula MATCH menghasilkan nilai berupa angka dan formula INDEX membutuhkan angka-angka dalam menentukan baris atau kolom, jadi yang harus menjadi formula inti dalam kombinasi ini adalah formula INDEX.

Mari kita lihat kumpulan data stok dan total penjualan sebuah produk dari PT. Maju Jaya berikut :
Data Stok dan penjualan perusahaan

Mau mencari tahu jumlah stok yang dimiliki perusahaan hingga bulan Maret ??
ini formulanya
=INDEX(B3:E6;MATCH("maret";B3:B6;0);2)

Ah.... ternyata pimpinan perusahaan ingin melihat berapa total penjualan yang terjadi selama bulan Maret.
Kalau begitu, tinggal ganti atau masukkan saja formula yang ini
=INDEX(B3:E6;MATCH("maret";B3:B6;0);3)

Mudah kan !?
Sekarang coba Anda cari berapa prosentase penjualan yang terjadi pada bulan Januari, bisa kan???

Kalau bingung memahami tutorial ini, barangkali  file project excel berikut bisa dengan mudah Anda pahami. Silahkan klik tautan berikut untuk mendapatkan tutorial ini
download

Sekarang Anda sudah berhasil mempelajari bagaimana cara mengkombinasikan beberapa formula, khususnya formula INDEX dan MATCH untuk mendapatkan informasi tertentu. Semoga Anda menyukai tutorial dari excelive untuk edisi ini.
Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, see you soon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot