• Berhitung dengan InputBox dan Custom Function

    berhitung Syarat utama yang diminta oleh Microsoft Excel dalam memulai sebuah hitungan (baca:mengolah angka) adalah harus mengawalinya dengan sebuah simbol sama dengan (=) untuk setiap masukan. Maka secara otomatis ia akan dibaca sebagai sebuah fungsi yang akan diolah sesuai dengan apa yang ditulis oleh pengguna.

    Sebagai contoh, ketika pengguna memasukkan sebuah nilai seperti =5*2 maka Microsoft Excel akan langsung mengolah angka-angka tersebut dan akan menghasilkan nilai 10, karena simbol * yang digunakan diantara angka-angka tersebut difungsikan sebagai perkalian. Hal ini pun sama berlakunya ketika seorang pengguna hendak menuliskan sebuah formula, seperti =SUM, =AVERAGE, dan lain sebagainya. Formula-formula tersebut akan berfungsi sebagaimana mestinya jika diawali dengan karakter sama dengan.

    Formula Microsoft Excel memang sudah tersedia dan pengguna hanya tinggal memakainya saja sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku. Sementara jika ingin membuat sebuah Formula sendiri (Custom Function) maka seorang pengguna harus menentukan terlebih dahulu beberapa parameter yang dibutuhkan, yang mana hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan Macro VBA.

    Pembahasan mengenai Custom Function lain sudah pernah dibahas disini, silahkan kunjungi untuk memahami struktur dan cara membuatnya.

    Untuk tutorial kali ini kita akan mencoba menggabungkan Custom Function dan InputBox untuk mengolah angka sederhana seperti contoh diatas, dan seperti yang sudah Anda ketahui, baik Custom Function dan InputBox sama-sama harus dibuat menggunakan Macro VBA. Jadi, silahkan Anda aktifkan terlebih dahulu jendela Microsoft Visual Basic Editor dengan cara menekan tombol Alt + F11 di keyboard Anda.

    Setelah jendela VBE terbuka, tambahkan sebuah Module baru dan ketikkan baris kode berikut:
    Function Hitung()
    On Error Resume Next
    Dim X As Double
    Dim Y As Double
    
    X = InputBox("Masukkan angka pertama", "Masukkan Nomor")
    Y = InputBox("Masukkan angka kedua", "Masukkan Nomor")
    Hitung = X * Y
    End Function

    Hitung merupakan sebuah nama dari Formula baru kita, dan usahakan nama dari formula ini tidak sama dengan nama-nama formula yang sudah ada di Microsoft Excel.
    download

    Penggunaan Formula baru ini cukup sederhana, yakni Anda tinggal mengetikkan =Hitung() di sebuah sel kemudian akhiri dengan tombol Enter untuk langsung menampilkan beberapa jendela InputBox, serta harus menggunakan nilai berupa angka agar operasi ini berhasil.
    hitung dengan inputbox

    Sekarang Anda sudah berhasil mempelajari bagaimana cara membuat hitungan sederhana dengan menggunakan Custom Function yang dikombinasikan dengan InputBox. Semoga belajar Macro VBA excel bersama excelive untuk edisi ini ada manfaatnya.

    Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, See u next time.

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger