Mengisi ListBox Dengan Data Spesifik Dari Sebuah Lembar Kerja - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

18.7.17

Mengisi ListBox Dengan Data Spesifik Dari Sebuah Lembar Kerja

data listbox spesifik

Listbox tidak ubahnya sama dengan Combobox yang mana memiliki fungsi yang sama yaitu menampilkan daftar berupa data-data yang bisa dipilih oleh user, hanya saja secara tampilan keduanya memiliki perbedaan, dimana ComboBox menampilkan daftar data berupa Drop Down yang tampil ketika diklik oleh pengguna, sementara tampilan ListBox berupa daftar yang bisa digulung keatas atau kebawah.

Perbedaan ComboBox dan ListBox
Perbedaan Listbox dan ComboBox
Pada prinsipnya, baik ComboBox maupun ListBox bisa ditempatkan dilembar kerja Microsoft Excel maupun didalam sebuah UserForm serta cara pembuatannya yang sama, yakni tinggal diklik ikon yang mewakili control tersebut.

Setelah mengetahui dasar cara pembuatan serta cara instalasi control tersebut, permasalah berikutnya adalah bagaimana cara mengisi data-data kedalamnya. Dan pada kesempatan kali ini, tutorial Macro VBA Excel yang akan dibahas hanya ListBox saja dan bagaimana menampilkan data-data kedalamnya, dengan catatan data-data yang ditampilkan memiliki kriteria tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sebelum mulai tutorial Macro VBA ini, ada baiknya buat atau siapkan sebuah data-data dalam lembar kerja Microsoft Excel seperti berikut :
excelive : listbox spesifik

Jika Anda lihat dalam lembar kerja excel diatas, terdapat sebuah kolom status yang mana nantinya akan difungsikan sebagai kriteria untuk menampilkan data kedalam ListBox.

Setelah data selesai dibuat, kini saatnya Anda membuat sebuah ListBox dan sebuah CommandButton. Dan untuk tutorial kali ini, saya akan menempatkan control tersebut ke dalam lembar kerja, jadi pastikan dulu Menu Developer sudah Anda aktifkan (silahkan googling cara mengaktifkan menu Developer Microsoft Excel)

Klik menu Developer dan klik ikon Insert untuk menampilkan jendela Control, untuk tutorial ini ada baiknya Anda membuat bahan-bahan yang dibutuhkan dari menu ActiveX Control yang dapat dilakukan dengan cara; memilih ikon yang Anda inginkan dan gambar di lembar kerja.
developer Microsoft Excel

Untuk menampilkan data-data dari lembar kerja kedalam ListBox berdasarkan kriteria tertentu, maka sudah pasti harus menambahkan baris-baris kode yang difungsikan untuk membaca data dan menampilkannya. Dan Anda bisa mulai menuliskan kode-kode berikut ini dengan cara klik 2x tombol CommandButton yang sudah Anda buat sebelumnya untuk langsung menuju jendela Microsoft Visual Basic Editor.
Sebelum menulis kode VBA, pastikan tombol Design Mode yang terdapat di Menu Developer dalam keadaan Aktif
Dim Data As Variant
Dim i As Long

Data = Range("A2:B" & Cells(Rows.Count, "A").End(xlUp).Row)
ListBox1.Clear
For i = 1 To UBound(Data)
If Data(i, 2) = "OK" Then
With Me.ListBox1
   .AddItem Data(i, 1)
   .List(.ListCount - 1, 1) = Data(i, 2)
End With
End If
Next i
Dari baris kode diatas dapat dilihat bahwa data yang terdapat di dalam lembar kerja Microsoft Excel akan dibaca terlebih dahulu yang terdapat dalam baris Range("A2:B" karena dalam tutorial ini data mulai terisi di baris A2 hingga B sekian, sementara untuk kriteria berada di kolom status atau kolom B dengan nilai OK.

Jika Anda ingin menghapus atau membersihkan daftar atau isian yang terdapat dalam ListBox, maka dapat dilakukan dengan cara menambahkan satu buah CommandButton dan berikan sebuah perintah atau baris kode Listbox1.Clear
Pastikan Ikon Design Mode yang terdapat dalam Menu Developer sudah tidak Aktif agar tombol CommanButton bisa menerima dan menjalankan perintah yang sudah dibuat diatas.
Download hasil akhir tutorial ini
download

Semoga bermanfaat.

Post Top Ad

Your Ad Spot